Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

riviatechAvatar border
TS
riviatech
Surat Terbuka Buat Penipu Ini
Cerita berawal dari ketika saya berniat menjual ID Clash of Clans (COC) di FJB pada tanggal 21 April 2015, linknya berikut ini:

Spoiler for Link FJB Saya:


Setelah saya posting, sore menjelang malam sang penipu SMS ke saya yang isinya berikut ini:

Spoiler for SMS dari sang penipu:


Kesalahan pertama saya adalah tidak langsung mengecek nomor handphone sang penipu, jika saat sang penipu ini SMS dan saya langsung googling, mungkin kasus ini tidak akan terjadi. hasil dari Googling setelah kejadian lumayan mengejutkan:

Spoiler for Hasil search Google:


Sang penipu menggunakan ID: iyanbomberz1 (berdasarkan nomor HP yang dia sertakan pada saat berjualan)

Saat Add BBM saya, sang penipu menggunakan display name: Dany, dan menanyakan beberapa informasi mengenai photo base COC saya, tentu saja saya berikan semua. Kemudian terjadilah tawar menawar harga yang akhirnya sepakat di harga 1,4 jt:

Spoiler for Salah satu print screen:


Berikut adalah SIM dan KTP yang dia jadikan jaminan, ada yang kenal?

Spoiler for KTP:


Spoiler for SIM:


Dan terjadilah kesalahan kedua saya yaitu tidak mengecek informasi dengan benar pada identitas yang diberikan, penulisan nama pada KTP dan SIM beda pada nama Danydan Dani.

Setelah itu saya berikan account Gmail saya beserta password, kesalahan ketiga, saya tidak mengecek setting di Gmail, apakah sudah secure jika ada yang akan mengubah password dan informasi tanpa ijin.

Seperti yang sudah bisa ditebak, sang penipu kemudian mengubah password dan recovery email account Gmail saya, email saya pun sudah tidak bisa diakses. Sang penipu berdalih bahwa dia sedang mengamankan account saya, siapa yang percaya, saat itu juga saya report ke Google untuk reset password.

Saya berusaha meminta sang penipu ini untuk mentransfer uang sesuai kesepakatan, sang penipu berdalih bahwa saya belum meng-clear data aplikasi COC pada handphone saya dan tidak akan mentransfer sampai saya lakukan. Tentu saja sangat bodoh jika saya lakukan (meskipun saya sudah dengan sangat bodoh memberikan account email saya), karena saya tidak akan punya pegangan apa-apa untuk mengganggu dia saat menjual account saya ke orang lain.

Sampai keesokan harinya sang penipu tidak ada kabar, menjelang sore, sang penipu kembali membalas BBM saya, dan meminta untuk meng-clear data COC pada HP saya, what the hell, saya langsung bilang dia penipu, berselang tidak lama sang penipu menghapus contact saya dari BBM.

Pada hari sang penipu menghapus contact saya, Google telah berhasil mengidentifkasi bahwa saya adalah pemilik yang sah dari Account Gmail saya, dan saya berhasil melakukan reset password (data yang saya sertakan sangat akurat tentunya). Saya melakukan beberapa pengecekan history pada email saya, dan menemukan informasi yang sangat menarik:

Spoiler for Security Check:


Sang penipu ini memiliki 3 nomor HP (yang saya tutup salah satunya nomor HP yang saya jadikan recovery), dan saya melihat email yang dijadikan sebagai recovery email, iseng-iseng saya coba search di Facebook, dan yang keluar dalam pencarian hanya ada satu:

Spoiler for Apakah dia sang penipu?:


Sekian thread dari saya, berhati-hatilah, selalu cek dan cek lagi sebelum sepakat transaksi, semoga thread saya berguna.
0
915
7
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Surat Terbuka Jual Beli
Surat Terbuka Jual Beli
6.4KThread375Anggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.