jundirahmanAvatar border
TS
jundirahman
Mengenal Modus-Modus Nikah Siri Online

Menurut Wikipedia, nikah siri adalah sebuah pernikahan yang tidak dicatat di Kantor Urusan Agama. Sebagian ulama menyatakan nikah siri sah jika memenuhi syarat dan rukun nikah. Namun, mayoritas ulama melarang nikah siri karena banyak madharatnya.

Belakangan ini, muncul istilah baru: nikah siri online. Karena zamannya intenet dan smartphone kali emoticon-Big Grin

Di media, baik cetak maupun elektronik dan media online, istilah nikah siri online cukup marak beberapa pekan terakhir. Setelah dilakukan investigasi, ternyata nikah siri online memang benar-benar ada dan terjadi. Jenisnya pun macam-macam. Berikut ini tiga modus utamanya.

1. Mirip nikah siri biasa

Jenis pertama adalah yang paling ringan, mirip nikah siri biasa. Pada model ini, yang online hanyalah iklan alias promosinya. Yakni jasa nikah siri yang mencarikan penghulu dan wali hakim kemudian mengiklankannya secara online. Namun akad nikahnya tetap secara offline alias tatap muka. Model seperti ini bisa didapati di Bogor.

Yang menjadi soal adalah, walinya belum tentu sah secara agama. Sebab wanita yang masih memiliki orang tua atau wali nasab, ia tidak berhak menggunakan wali hakim.

2. Akad nikah online

Jenis kedua ini lebih ngawur lagi. Akad nikah dilakukan secara online dengan menggunakan media seperti Skype. Antara calon mempelai dengan penghulu dan saksi tidak perlu tatap muka. Jadi dua insan yang ngebet nikah cukup menghubungi jasa nikah online. Pihak penyedia jasa telah menyediakan penghulu, wali dan saksi yang siap secara online menikahkan mereka.

Karena online, penghulu di sini lebih tidak jelas lagi. Bisa jadi ia ustadz gadungan (ustadz yang bener mana mau membantu beginian he he). Di Malang terjadi model seperti ini.

3. Mut’ah online

Jenis ketiga ini lebih parah lagi. Kalau jenis kedua mungkin nikahnya bertahan lama meskipun nggak jelas juga penghulu dan walinya. Nikah ketiga ini hanya untuk jangka waktu tertentu. Persis seperti mut’ah ala syiah. Bisa dikatakan cuman kedok untuk menyembunyikan prostitusi terselubung.

Wah, ngeri ya Gan.
Sumber: nikah siri online
0
3.2K
14
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Lifestyle
LifestyleKASKUS Official
10.4KThread11.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.