lapernihAvatar border
TS
lapernih
Penemu Gerhana Matahari Itu Ilmuwan Muslim?


Detil dan proses terjadinya gerhana matahari dipaparkan jelas dalam cetakan tertulis tersebut.

Dream - Heboh gerhana matahari total yang berpusat di Faroe Island sudah berlalu sepekan yang lalu. Namun siapa nyana, dokumentasi tertulis pertama proses gerhana matahari dilakukan ilmuwan muslim.

Mengutip laporan worldbuletin, Kamis, 26 Maret 2015, Ibnu Al-Shatir merupakan ilmuwan muslim yang telah membuat banyak karya seputar dunia astronomi sejak 700 tahun lampau.

Namun di tangan Ibrahim Muteferrika, karya ilmiah astronomi ilmuwan muslim untuk pertama kalinya dibuat dalam dokumen tercetak dan diserahkan ke kesultanan Ottoman.

Dalam cetakan tersebut, Ibrahim yang awalnya merupakan pendeta asal Hungaria juga membuat dokumentasi detail dari proses terjadinya gerhana matahari.

Hampir 300 tahun yang lalu, Ibrahim menjadi orang pertama yang membawa dunia percetakan ke wilayah Turki. Kesultanan Ottoman sendiri memberikan izin kepadanya untuk mencetak karya sekuler dan ilmiah.

Hingga akhirnya, pada 1720, Ibrahim memiliki bisnis percetakan sendiri di Istanbul

Ibrahim memang telah sejak lama miris dengan teknik dan administrasi pemerintahan Ottoman. Dengan memberanikan diri, Ibrahmin membuat buku Usul al-Hikam fi Nizam al-Umam dan mempublikasikan pada 1731.

Dalam bukunya itu, Ibrahim menjelaskan sistem pemerintahan dan militer negara-negara Eropa. Menurutnya, negara muslim hanya bisa bertahan jika meniru tak hanya teknologi militer tapi juga sistem administrasi Eropa dan pengetahuan ilmiah.

Kejayaan Ibrahmin semakin bersinar di era Sultan Ahmed II. Namanya melambung sebagai penerbit, pencetak, kurir, diplomat, ahli astonomi, sejarawan, ulama muslim, dan sosilog.

http://www.dream.co.id/jejak/ilmuwan...i-150326e.html

nona212
nona212 memberi reputasi
1
4.1K
29
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita Luar Negeri
Berita Luar NegeriKASKUS Official
79.1KThread10.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.