Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

IrawandAvatar border
TS
Irawand
5 Produk Indonesia yang Diakui Dunia Internasional
Produk Indonesia yang berasal dari negara kita tercinta masih dianggap Negara dunia ketiga di kancah persaingan global. Terutama dari bidang industri, Indonesia masih jauh tertinggal dengan Negara asia lain seperti Jepang dan Tiongkok. Namun, tahukah anda bahwa Indonesia melalui tangan kreatif masyarakatnya telah menciptakan produk yang ternyata sudah diakui oleh dunia. Berikut adalah 5 diantaranya:


1. Kapal ‘Star 50’ produksi PT. PAL

5 Produk Indonesia yang Diakui Dunia Internasional

Negara kita adalah Negara kepulauan, jadi sudah semestinya bangsa Indonesia mahir membuat kapal. ‘Star 50’ adalah salah satu bukti kerja keras anak bangsa untuk muncul di kancah persaingan dunia. Kapal seberat 50.000 DWT (Dead Weight Tonnage) ini sudah diimpor oleh beberapa Negara seperti Jerman, Hongkong, dan Singapura. Kapal ini sepenuhnya adalah rancangan anak Indonesia dengan menggunakan 45% bahan asli lokal yang berkualias. Kapal produk Indonesia sepanjang 189,840 meter dan lebar 30,5 meter ini memiliki kecepatan maksimal mencapai 16,5 knot. Kita bisa mensejajarkan kapal ini dengan kapal-kapal buatan asing.

2. Kijang Innova produksi Toyota Indonesia

5 Produk Indonesia yang Diakui Dunia Internasional

Memang, Toyota bukanlah produk Indonesia asli, ia berasal dari Jepang. Perusahaan ini sudah lama mendirikan pabriknya di Indonesia dan salah satunya sudah melahirkan varian Kijang Innova. Mobil ini hampir 100% diproduksi dari Indonesia, hanya beberapa bagian kecil yang masih harus impor dari Jepang. Akan tetapi, desain, bahan baku, dan perakitnya semua dari Indonesia. Mobil ini juga popular di negeri ini. Namun, jangan heran kalau mobil yang sama juga ramai sekali menghiasi jalanan di kota Dubai, Uni Emirat Arab. Ya, dengan melakukan banding harga, ternyata Toyota Indonesia berhasil mengekspor produk andalan Indonesia ini ke Negara kaya sekaliber UEA.

3. Tangga Menuju Pintu Pesawat (Airbridge)

5 Produk Indonesia yang Diakui Dunia Internasional

Industri pesawat terbang di Indonesia memang belum semaju Negara-negara Eropa dan Amerika. Namun, Indonesia berhasil menciptakan akses alternatif bagi penumpang pesawat yang ingin menuju dan atau meninggalkan pesawat. Namanya adalah tangga belalai atau bahasa Inggrisnya Aircraft Passenger Boarding Bridge (Airbridge). Tangga ini pertama kali diproduksi oleh PT. Bukaka Teknik Utama, salah satu anak perusahaan milik wakil presiden Jusuf Kalla. Pabriknya sendiri berlokasi di desa Limusnunggal, Cileungsi, Bogor.

4. Knalpot Mercedes Benz dari Purbalingga

5 Produk Indonesia yang Diakui Dunia Internasional

Bagi anda pecinta kendaraan bermotor, mobil maupun motor, pasti tidak asing lagi dengan knalpot buatan Purbalingga. Ya, knalpot produk Indonesia buatan tangan-tangan kreatif dari satu kabupaten di Jawa Tengah ini memang sudah terkenal ke seantero negeri. Bahkan, merk mobil kenamaan asal Jerman, Mercedes Benz tak ragu untuk bekerja sama dengan produsen knalpot ini. Tak usah diragukan lagi kualitas dari knalpot asli buatan cah Purbalingga. Jika produsen mobil mewah sekelas Mercedes Benz saja mau bekerja sama, bagaimana anda bisa meragukan?

5. Seragam serdadu NATO buatan PT Sritex di Solo

5 Produk Indonesia yang Diakui Dunia Internasional

Kita tahu NATO adalah organisasi militer terbesar di dunia, dan mereka pesan seragamnya ke Solo. Bayangkan saja, ribuan prajurit penjaga Atlantik utara yang berasal dari sejumlah Negara Eropa, Amerika, dan Asia mengenakan seragam kebesaran yang diproduksi di suatu kota kecil, Sukoharjo, dekat Solo Jawa Tengah. Yang diproduksi oleh PT Sri Rejeki Isman (Sritex) adalah seragam tempur, rompi, jaket, tenda, dll. Bukan Cuma NATO yang menggunakan seragam dari Indonesia, beberapa angkatan militer di negera dunia juga telah mempercayakan produksi seragamnya kepada buatan Indonesia. Negara itu antara lain Inggris, Jerman, Qatar, Swiss, Austria, dll.

Meskipun Indonesia masih termasuk negara berkembang, ternyata masih banyak produk dari dalam negeri yang berhasil mencapai kancah Internasional. Kita patut berbangga hati atas prestasi anak negeri yang sudah menorehkan berbagai macam produk di dunia Internasional.

Sumber
Diubah oleh Irawand 23-04-2015 02:58
0
2.8K
16
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.4KThread84.5KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.