Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

lolobigAvatar border
TS
lolobig
Misteri Kepunahan Dinosaurus




Sudah banyak terjadi kepunahan masal di planet kita ini, bila dihitung kira-kira sudah ada 6 kali kepunahan masal. Bumi kita sudah berusia 4,5 Milyar tahun, dan usia ini bisa dibilang muda jika dibandingkan dengan usia planet lain. Sudah banyak zaman yang terjadi di bumi, termasuk di antaranya zaman es. Bumi juga sudah mengalami 4 kali zaman es, termasuk yang terbesar di antaranya adalah yang kedua, hingga dijuluki earth iceball (Bola salju bumi). Tetapi siklus kehidupan terus berlanjut, dan munculah beberapa spesies baru setelah kematian spesies lama.

Begitu juga dinosaurus, mereka akan mati, dan digantikan spesies baru. Ya, memang tidak bisa dibilang digantikan, karena kenyataannya spesies yang sekarang ada, banyak yang sudah ada sejak zaman kehidupan dinosaurus. Dinosaurus bisa diartikan kadal besar.
Quote:

Membicarakan dinosaurus, sudah pasti anda akan teringat kepada kepunahan makhluk besar pemeran Jurasic park ini. Tentu saja, bukan hanya terkenal karena tubuhnya yang besar saja, tapi makhluk ini juga terkenal karena misteri kepunahannya.Teori paling terkenal adalah, makhluk ini punah karena tumbukan asteroid. Tapi ada yang mengatakan bahwa makhluk ini punah karena bencana letusan gunung megavolcano, dan yang paling baru adalah bahwa makhluk ini punah karena pembantaian alien? Bagaimana menurut anda? Apakah anda berfikir bahwa dinosaurus tidak punah karena tumbukan asteroid yang terjadi sekitar 65 Juta tahun yang lalu?



Jujur saja, ane sendiri labih condong kepada teori pertama, yaitu tumbukan asteroid. Tapi, penyebab kejadian ini masih berupa misteri. Dan teori-teori yang dikemukakan selama bertahun-tahun belum terbukti kebenarannya. Teori-teori itu dibuat berdasarkan setitik bukti yang ada pada periode itu. Dengan meneliti formasi-formasi batu dan fosil-fosil, dapat diketahui informasi dari masa lalu.Dari berbagai penelitian itu, para ahli menyimpulkan bahwa pada saat hilangnya dinosaurus, terjadi perubahan besaryang terjadi di bumi.

Berbagai macam teori

Berdasarkan pengamatan terhadap sejarah planet ini, para ilmuwan dapat menarik garis antara zaman dinosaurus dan zaman mamalia setelah itu. Pembatasan antara periode dua kehidupan yang berbeda di bumi itu memisahkan zaman mesozoik lama (Zaman dinosaurus) dari zaman Cenozoik (Zaman ketika bumi dihuni oleh mamalia, seperti manusia). Para ilmuwan menyebut zaman pertama sebagai “K”, dan zaman kedua sebagai “T”, sehingga hilangnya dinosaurus dikenal sebagai “Kepunahan K-T”. Yang punah pada waktu itu bukan hanya dinosaurus, tapi hampir setengah dari seluruh spesies di muka bumi punah.
Spoiler for Teori 'Perubahan Iklim' :

Spoiler for Teori 'Tabrakan Asteroid':

Spoiler for Teori ‘Perburuan Besar’:

Tapi teori yang paling sering dipakai sekarang adalah teori ‘tabrakan asteroid’. Karena teori inilah yang paling memiliki bukti yang meyakinkan. Dan di berbagai tempat pendidikan dan media-media, semuanya sebagian besar menggunakan teori ini. Walaupun teori ini masih bisa berkembang lagi. Sains yang dilibatkan dalam pencarian penyebab kepunahan masal ini relevan dengan kita pada saat ini. Mungkin manusia sudah menjadi kekuatan paling berpotensi untuk melakukan tindakan terhadap dunia, dan kita memiliki kemampuan untuk tingkatan tertentu untuk membentuk dan mengendalikan lingkungan kita.

Tapi, kesadaran akan kekuatan ini kadang dapat menipu, dan kita seharusnya bersiap untuk menghadapi kejadian tak terduga. Dinosaurus juga merupakan spesies dominan pada, tapi masa kejayaannya berakhir secara mendadak. Apakah ini berhubungan dengan suatu peristiwa tunggal seperti meteor, atau sebagai suatu akibat dari proses vulkanik dan aktivitas tektonik yang melambat, kita dapat memastikannya. Mungkin itu merupakan kombinasi dari dua faktor tersebut? Atau mungkin itu seperti faktor lain yang tidak bertahan lama seperti penyakit atau parasit? Peristiwa tidak terduga seperti hantaman meteor, sangat berpotensi memusnahkan kehidupan di dan bahkan planet itu sendiri, meskipun kita memiliki kekuatan yang sangat besar, kita sama rentannya dengan dinosaurus.

Ketakutan ini tercermin dari novel-novel dan acara TV yang menggambarkan bencana besar dan akhir zaman seperti 2012, the Day After Tomorrow, dsb. Film-film itu menggambarkan manusia yang sangat tidak berdaya untuk melawan, meskipun sudah ada berbagai kemajuan ilmiah. Baru sekarang inilah hal ini benar-benar dianggap sebagai suatu hal yang menakutkan, dalam bentuk perubahan iklim secara global, yang mungkin sebabnya diakibatkan oleh manusia itu sendiri.

Mungkin kita sebagai manusia harus berkaca pada nasib dinosaurus dan memikirkannya. Banyak orang yakin bahwa perkembangan teknologi yang begitu pesat dalam abad terakhir ini telah menyebabkan perubahan-perubahan drastis pada iklim, yang dapat dilihat dari frekuensi maupun intensitasnya.

Kenyataan bahwa kemungkinan besar dinosaurus mati karena perubahan iklim seharusnya memberi kita suatu pemikiran, dan membuat bulu kuduk kita merinding akan kekuasaan yang maha pencipta. Hingga suatu tingkat tertentu, perubahan-perubahan pada iklim kita sekarang ini diyakini bertanggung jawab atas punahnya beberapa spesies. Ini dapat kita bandingkan pada kepunahan masa lalu.

Informasi yang memberi peringatan kepada kita sudah membuat para ilmuwan percaya bahwa secara perlahan tapi pasti, kita sedang memasuki kepunahan semacam itu. Hal ini akan memberikan kepada kita momentum yang lebih besar untuk mengetahui penyebab menghilangnya dinosaurus.

Quote:


Quote:
nona212
nona212 memberi reputasi
1
8.3K
47
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.1KThread83.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.