Quote:
Sebelum membaca lebih jauh dan nimbrung bareng, ada beberapa rule yang perlu agan tau ya:
1. No spam or junk.
2. No promotion or selling services, even stuff
3. Karena kesibukan di Rumah sakit, thread akan saya update dng info dan artikel baru dari saya setiap akhir minggu. Tapi tiap hari saya cek thread untuk menjawab pertanyaan dan berdiskusi dng agan semua.
4. Post hanya seputar social media and business. Selain itu akan dipertimbangkan untuk dihapus.
5. Bagi yang ingin menjadi member di sini, monggo PM ke ane untuk info lebih lanjut. Karena ane butuh ide dan bantuan agan untuk membesarkan thread ini, dan lebih besar lagi membuat komunitas untuk kita semua yang bermanfaat pastinya. BTW, Baru satu PM masuk untuk minta jadi member, sistem member ane aktifkan kalau udh lebih dari 10 yang PM ane dan aktif dimari yak.
SELAMAT DATANG DI THREAD ANE.
Ane ga yakin apa thread ini bisa bermanfaat atau gak, yang jelas, berawal dari karir ane di bidang social media yang sudah kurang lebih 3 tahun ini ane geluti, timbul keinginan untuk berbagi dan berdiskusi untuk mengembangkan skill ane lebih jauh di bidang social media.
Di dalam thread ini, setiap seminggu sekali ane bakal share apapun yang ane tau dan tips yang selama ini ane pake untuk memanage social media, baik untuk tujuan edukasi, informasi maupun penjualan.
Mau tanya atau diskusi bebas gan, asal ikutin rule. Karena pekerjaan dan pendidikan ane, mungkin ga setiap waktu liatin thread ini, tapi begitu ane ada waktu luang, bakal ane jawab dan berdiskusi dengan agan-agan semua di sini. Kalau udah banyak dan rame, sepertinya akan ane bikin member aja biar ada orang-orang yang tetap meramaikan dan berdiskusi di thread ini dalam jangka waktu yang lama.
Selamat membaca dan salam sukses untuk semua!!
Quote:
UPDATE POST HARI INI
Kriteria Memilih Social Media Marketer yang Benar
Punya bisnis? Menjual jasa atau barang adalah bisnis. Inti dari sebuah bisnis adalah konsumen yang terus-menerus membeli produk yang kamu jual. Bagaimana membuat konsumen membeli produk kamu, ya marketing jawabannya. Metode marketing paling ampuh dan populer saat ini, adalah social media marketing. Biasanya sebuah perusahaan memiliki minimal satu orang yang khusus menjalankan seluruh proses social media marketing. Untuk itu kamu sebagai pemilik usaha harus paham apakah social media marketer kamu sudah layak bekerja untuk perusahaan kamu atau belum. Mari kita bahas satu per satu.
Job Description
Seorang social media marketer tentunya memiliki job desc yang berbeda. Dia harus mampu membuat content strategy, membangun brand awareness, meningkatkan traffic dan menaikkan jumlah fan/follower serta angka penjualan. Seorang social media marketer harus benar-benar memahami perusahaan dan tujuannya. Ia harus menciptakan kesan yang baik, unik dan relevan tentang perusahaan di mata pengguna social media.
Lalu apa yang harus dikuasai oleh seorang social media manager?
1. Tujuan yang Jelas
Seorang social media manager wajib mempresentasikan tujuan yang jelas dan terukur pada pemilik perusahaan. Contoh yang paling sering dapat berupa pertumbuhan jumlah like, reach, engagement, follower atau bahkan sales (penjualan).
2. Mampu Mendesain
Secara visual, seorang social media marketer harus mampu menghipnotis pengunjung melalui karyanya. Social media marketer harus mampu mendesain, meskipun cuma ide atau bentukan layout (yang nantinya dibikin oleh desainer profesional). Konten visual ternyata memiliki pengaruh yang luar biasa di social media, banyak perusahaan besar seperti Intel, Microsoft, dan lainnya menjadi populer karena desain visualnya yang menggiurkan. Hal yang sepele tapi tidak bisa diabaikan.
3. Konsisten
Seorang yang konsisten secara waktu dan usaha adalah yang paling tepat untuk menjadi social media marketer. Social media bukan pekerjaan satu jam atau satu hari saja. Prosesnya berlangsung terus menerus tanpa henti. Social media manager harus konsisten memberi kesan yang baik dan unik serta relevan mengenai perusahaan tempat ia bekerja. Sederhananya, bagaimana kita membuat orang membeli produk kita, jika toko tempat kita berjualan hanya ditata seadanya dan terkesan acak-acakan, calon pembeli akan merasa kurang nyaman, bukan?
4. Promosi yang Jelas
Faktor penting dalam marketing adalah beriklan, social media juga membutuhkan tempatnya sendiri untuk iklan berbayar. Meskipun terkesan murah, jangan terlena dengan angka dan jumlah like yang anda bayar. Social media manager harus mampu membuat iklan dengan konten yang menarik pembeli, bukan sekedar pengunjung. Sehingga dengan biaya yang minim, dapat mencetak angka penjualan yang menguntungkan.
5. Engagement
Nama lainnya adalah interaksi. Persis seperti bagaimana social media itu diciptakan, komunikasi yang dibangun harus sebisa mungkin bersifat 2 arah atau bahkan lebih. Konten yang baik biasanya akan mudah direspon oleh audiens. Social media manager perlu merespon dengan cepat interaksi dengan nilai yang menguntungkan bagi perusahaan, seperti membalas komentar, mengucapkan terima kasih, mengajak audiens untuk re-share, dan lain-lain. Social media manager yang buruk hanya akan mem-publish konten tanpa memonitor aktifitas audiensnya.
6. Konversi
Artinya merubah. Jika perusahaan kamu menjual baju, maka follower kamu akan membeli baju. Aturan yang mendasar agar perusahaan kamu tetap menguntungkan. Oleh karena itu, percuma kalau kamu sudah menggaji seorang pakar social media dan memberi dana untuk beriklan, sementara nilai penjualan tidak meningkat.
7. Terukur dan Evaluatif
Segala sesuatu harus terukur dan dapat dievaluasi. Idealnya, setiap bulan, social media marketer harus melaporkan secara detil tentang aktifitasnya, terkait biaya dan interaksi yang berlangsung selama satu bulan penuh.
Lulusan sekolah marketing atau bisnis? Tidak menjamin apakah orang yang kamu tunjuk akan sukses membawa perusahaan ke arah yang lebih baik. Tetapi mereka yang memiliki kepemimpinan, kreatifitas dan konsistensi akan mampu membentuk kesan baik perusahaan di mata jutaan pengguna aktif social media setiap waktu.
Jadi jangan sampai salah pilih ya kawan!!
Quote:
Sumber: goo.gl/IQ0zm7
Sedekah info dari agan Raven
Quote:
Original Posted By Rd.Ravenska►Ijin Gabung Gan..
Ane juga tertarik n baru belajar tentang Social Media Management...
sekalian ijin share beberapa kosakata yg ane tau, sp tau ad yg belum tau :
Adword : Broker periklanan yg dimiliki google
Alexa : perhitungan rangking website berdasarkan popularitas
Bot : robot di dunia maya
Copy Writing : metode penulisan yg berujung pada marketing, sales dll
CMS: Content Management System
CRM: Customer Relationship Management
CSS: Cascading Style Sheets
GA: Google Analytics
GDN: Google Display Network
KPI: Key Performance Indicator
ROI: Return On Investmen
SEM: Search Engine Marketing
SEO: Search Engine Optimization
SERP: Search Engine Results Page
SMM: Social Media Marketing
maaf klo berantakan Gan..
kloo ad yg salah kabarin yaa gan...

Quote:
Thread ini ane buat sebagai tempat sharing dan diskusi untuk kita semua yang berminat terjun dalam dunia Social Media Marketing.
Bagi yang ingin gabung sebagai member di sini, bisa pasang komen dibawah dan berkontribusi lebih banyak dalam thread ini. Semoga entrpreneur Indonesia bisa menjadi lebih maju lagi melalui pemanfaatan Social Media for Business yang lebih baik. Terbuka juga bagi yang ingin curhat atau minta solusiseputar social media management.
Aminn!
LINK ULASAN SOCIAL MEDIA MANAGEMENT
SOCIAL MEDIA MANAGEMENT TOOLS yang ane pake gan!
Contoh Content Plan yang ane pake