Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

daruratkomunisAvatar border
TS
daruratkomunis
[THE GOVERNMENT IS SPYING YOU] 'Mata Tuhan' di Fast & Furious 7 Bisa Dibuat, Asal...
Singapura - Teknologi 'God's Eye' yang muncul di film Fast & Furious 7 sempat ramai diperbincangkan ketika film itu baru dirilis. Banyak yang khawatir jika teknologi semacam itu bisa dibuat, maka tak akan ada lagi privasi di dunia ini.

Namun CEO Kaspersky Lab Eugene Kaspersky punya pendapat berbeda mengenai teknologi 'Mata Tuhan' itu. Menurutnya teknologi tersebut secara teknis memang bisa dibuat, namun penerapannya akan sangat sulit.

“Mata Tuhan” ini merupakan sebuah program pengintaian digital yang mempergunakan semua alat, mulai dari CCTV hingga kamera dan mikrofon yang ada di seluruh smartphone di muka bumi, untuk melacak keberadaan seseorang.

"Secara teknis, memang mungkin untuk mengontrol semua kamera yang ada di dunia. Tapi itu harus dilakukan oleh banyak orang, setidaknya ribuan hacker," ujar Kaspersky saat berbincang dengan detikINET, Rabu (15/4/2015).

Aksi semacam ini menurut Kaspersky tak mungkin dilakukan oleh satu atau dua orang saja. Seperti yang terjadi dalam film Fast & Furious 7. "Kamu jangan terlalu percaya pada film, kebanyakan dari mereka adalah fiksi ilmiah belaka," tambah Kaspersky.

Terlebih lagi, Kaspersky sangat yakin bahwa tak semua dari kamera-kamera itu terkoneksi ke jaringan internet. Sebagian di antaranya hanyalah terhubung ke dalam jaringan lokal, sehingga sulit diakses dari luar.

Meski begitu, menurut Kaspersky, ada juga hal-hal berbau teknologi yang muncul dalam film benar-benar terjadi di dunia nyata, contohnya kisah teroris cyber di film Die Hard 4, atau tepatnya yang berjudul Live Free or Die Hard yang (masih) dibintangi oleh Bruce Willis.

"Salah satu film bagus yang saya tonton adalah Die Hard 4. Ini adalah film mengenai terorisme cyber. Sebagian di antaranya memang hanyalah fiksi ilmiah, namun ada sebagian hal yang benar-benar terjadi di dunia nyata," ujar Kaspersky tanpa menyebut lebih detail bagian mana yang benar-benar terjadi di dunia nyata.

Di film itu, John McClane (Bruce Willis) berusaha menghentikan aksi teroris cyber yang berusaha meretas jaringan komputer milik pemerintahan dan pelaku bisnis di Amerika Serikat. Aksi peretasan itu dilakukan untuk melakukan sesuatu yang diberi nama 'fire sale'.

http://inet.detik.com/read/2015/04/16/084321/2888835/323/mata-tuhan-di-fast--furious-7-bisa-dibuat-asal

Diubah oleh daruratkomunis 20-04-2015 12:27
0
4.7K
44
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671KThread40.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.