Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • Health
  • Saya pengidap social anxiety disorder - krisis mental[?] treatment apa yang cocok?

aqyanAvatar border
TS
aqyan
Saya pengidap social anxiety disorder - krisis mental[?] treatment apa yang cocok?
Saya punya masalah mental mulai dari : minder, penakut, pemalu, sensitif, pesimis, dan juga phobia sosial.

Kenapa saya bisa punya sifat kyk bgtu ? Gini gan perjalanan hidup saya yang flat.

Saya dulu merupakan anak kecil yang ceria, aktif, serta murah senyum emoticon-Smilie waktu itu saya sering banget main keluar kampung dan bermain sama tetangga" saya. Namun, ketika saya umur 4 tahun saya diajak ortu untuk pergi ke luar negeri, yaitu Jepang. Disana saya sekolah dari TK ~ SD kelas 3. Selama tinggal disana saya tidak tahu apa itu "SOSIALISASI" disana saya tidak pernah main keluar bersama tetangga" saya disana, saya kira itu sebuah hal yang wajar, karena memang tidak ada yang mengajak saya untuk main keluar pada waktu itu.

Di sekolah (SD umum di Jepang) saya hanya punya 1 orang temen saja, meski saya kenal beberapa anak. Tetapi yang saya anggap teman cuma dia. Hari - hari sekolah saya habiskan dengan bermain bersama dia, jika istirahat tidak ada dia (Dia ngilang ntah kemana), saya akan muter sekolahan untuk cari dia, tanpa mencari teman lain. Klo misal dia gak masuk, saya hanya berdiam di kelas. Saat pulang sekolah, saya biasa dititipkan di penitipan anak, disana saya juga hanya diam saja. Selain itu, saya gak berani untuk keluar dan jalan" sendiri, ntah kenapa saya ngerasa takut... Di kelas, hanya saya yang gk bisa naik sepeda, tiap kerja kelompok saya menutupi ketidak bisaan saya dengan ngeles dan ngeles. Di kelas juga, saya dikenal guru karena saya sering tidak angkat tangan saat ada pertanyaan, padahal temen" saya angkat semua gan... Dibalik kesuraman itu, di daerah rumah saya, agak jauh dari rumah ada 2 keluarga orang indo, dan saya biasa bermain bersama mereka, belajar ngaji, dan meluangkan waktu untuk bermain dengan mereka.

~~~ Hingga 4 setengah tahun berlalu, dan saya kembali ke Indonesia (Umur 9 tahun)
Pada hari awal" saya ceria" saja, seperti biasa saya menghabiskan waktu di rumah saja. hingga beberapa bulan berlalu, saya udh sekolah biasa, tetapi belum juga keluar rumah. Mengapa? karena saya takut untuk ngobrol dg. mereka , karena saya gk bisa bahasa jawa / saya menjadi minder... tetapi di sekolah (SD) saya lumayan banyak teman. Karena kebiasaan saya yang kuper, saya gak bisa apa", gak bisa naik motor, gak bisa bercanda, dan gak tau apa". Dengan pola kebiasaan hidup itu, saya naik ke tingkat SMP.

Di SMP inilah yang mulai ngerasa "gak betah" sekolah.. tiap ngedeketin temen, ujung"nya saya dijauhi... mungkin karena Social skill saya yang kurang, mereka menjadi bosan dan enggan bermain sama saya (?) Untung masih ada beberapa temen yang masih mau sama saya, hingga SMP pun usai. oh iya, selama SMP saya pernah mengikuti Karate, Band, dan Les Bahasa Inggris, namun saya keluar karena mau UN SMP, serta berbagai alasan lainnya (seperti : ngerasa gk cocok, gk nyaman, dll.)

Pada saat SMA (sekarang ini) saya mulai memberanikan diri untuk bersekolah di luar kota. Saya berusaha mendekatkan diri dengan teman" baru, tetapi ujung"nya sama, saya gak punya bahan bicara dan akhirnya dijauhi. Hari - hari saya lalui dengan stress, karena saya gak bisa bergaul dan ketawa bareng bersama mereka. Saya sangat kaku saat diajak bicara, buktinya nulis cerita di thread ini loncat" :v . Ntahlah, saya juga tertekan karena gk bisa ngikutin pelajaran di sekolah (Saya jurusan IPA) serta saya gak berani les , karena banyak orang... saya juga orangnya dicap "sombong" oleh tmn" karena ga nyapa saat ketemu mereka di jalan. Saya gak nyapa karena merasa saya membosankan (emang membosankan) dan gk bisa diajak bercanda. Jadi, saya memilih diam. Tetapi klo misal saya rasa orangnya bener" memahami saya, saya baru mau nyapa.

Kira" bagaimana cara agar bisa merubah sifat saya yang : pendiam, minder, phobia sosial, useless, kaku, pemurung, takut keluar rumah dan juga sensitif ?

Saya beberapa hari ini ada pikiran untuk mengakhiri hidup saya, tapi tentunya saya gak berani melakukannya...

Agan dan Sista, kira" Terapi dan treatment apa yang kira" cocok ?

Mohon bantuannya...

Apakah hipnoterapi dapat membantu ? Mohon share pengalaman agan / sista sekalian... mohon sangat.. emoticon-Berduka (S)
Diubah oleh aqyan 09-04-2015 15:55
0
6.9K
14
Thread Digembok
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Health
HealthKASKUS Official
24.7KThread10.2KAnggota
Urutkan
Terlama
Thread Digembok
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.