sofapojokAvatar border
TS
sofapojok
7 Nasihat Untuk Yang Lulus SMA
7 Hal Yang Patut Diperhatikan Setelah Lulus SMA


Selamat!! Ujian Nasional SMA sudah selesai dilaksanakan. Masa akhir sekolah sudah didepan mata dan kegembiraan memang sepatutnya terluapkan bagi yang telah resmi lulus SMA. Tetapi bukan berarti kehidupan telah selesai dan kita telah keluar sebagai pemenang. Justru ini adalah masa dimana kita harus lebih menggali potensi diri dan tetap merasa bodoh demi masa depan yang lebih cemerlang.

Bergembira dan berbangga atas suatu pencapaian memang tak salah. Namun, menganggap bahwa segalanya telah tercapai adalah pemikiran yang sempit. Masa setelah SMA merupakan titik awal kehidupan sebagai manusia dewasa, bukan hanya secara fisik namun seharusnya pun dewasa secara mental.



Berikut 7 nasihat yang tidak bermaksud menggurui kalian yang masih sangat muda.


1. Berhenti Merasa Hebat
Jika kalian merasa bahwa lulus sekolah itu hebat, sejujurnya kita belum tahu apa-apa dalam hidup ini. Memang membanggakan berhasil menyelesaikan jenjang tertentu, merasa seolah dunia milik kita pada hari itu terjadi. Tapi percaya deh, kehidupan yang sesungguhnya bahkan belum dimulai. Lupakah saat menjelang Ujian Nasional kita belajar dan berdoa sepenuh hati, meneteskan air mata agar mendapat hasil yang memuaskan, namun saat telah lulus, kita lupa terhadap DIA yang telah memberikan nikmatnya kelulusan. Bahkan beberapa dari kita sibuk berfoya-foya dan tenggelam dalam rasa bangga.

2.Tentukan Pilihan

Masa ini adalah masa dimana kita harus menentukan pilihan sendiri. Jika ingin bekerja setelah SMA, maka carilah pekerjaan yang sesuai pendidikan. Lupakan gengsi, bekerjalah tanpa rasa malu selama itu halal, lagipula memang tak banyak pekerjaan yang bergengsi melalui ijasah SMA.

Melanjutkan pendidikan juga bukan pilihan yang buruk, mungkin ini adalah pilihan mayoritas kita yang telah mencapai kelulusan. Pilihlah jurusan sesuai minat, atau bagi yang mengejar Universitas Negeri “bergengsi” pilihlah jurusan yang paling sedikit peminatnya, toh yang penting lulus dari Universitas Negeri dengan titel sarjana. Tapi seharusnya, kita sudah tahu bakat dan minat kita sesuai dengan kemampuan kita. Hindari ikut-ikutan pilihan teman atau orang tua. Jadilah diri sendiri dan selesaikan.

3.Pilih Teman

Setelah menyelesaikan SMA, kita akan lebih mengenal orang baru, menjalin pertemanan sebagai orang dewasa dengan orang yang baru. Bijaklah memilih teman, berhati-hatilah dalam bergaul. kita tentu tak ingin sebagian masa muda dihabiskan didalam Lembaga Pemasyarakatan atau harus melihat sebagian teman kita mengejar karir sedangkan kita sibuk menimang anak balita akibat hamil diluar nikah.

4.Jelajahi Hal Positif

Masa muda tak berarti tanpa pengalaman. mulailah menjelajah, lakukan hal positif, manfaatkan kebebasan untuk belajar hal yang berguna dan memajukan diri serta orang lain. Bukan berarti tak boleh melakukan hal yang menyenangkan, tetapi, berpikir untuk menjalani hidup hedonis juga bukan hal yang benar.

Salah satu pilihan yang baik adalah merantau, entah untuk kuliah atau bekerja. Merantau membuat kita belajar mandiri dan bertanggung jawab atas kehidupan kita sendiri.

4.Mulai Karir Dari Sekarang

Siapa bilang karir dimulai saat bekerja saja? Karir, justru dimulai saat kita memilih apa yang akan kita lakukan setelah lulus SMA. Apakah ingin melanjutkan pendidikan sambil mengembangkan toko online yang sudah dimulai dari sejak bangku sekolah, ingin kuliah lalu bekerja atau memulai suatu bisnis, selama bukan MLM, itu sah saja.

Tapi jika kalian ingin memilih melanjutkan karir dari preman disekolah menjadi begal profesional atau memilih melanjutkan karir dari ayam abu-abu menjadi ayam kampus atau ayam kos-kosan, pun bukan pilihan yang buruk jika memang menjadi kriminal atau wanita penjaja tubuh adalah satu-satunya skill yang kalian punya, hanya pesan kami, pikirkanlah masa depan dan lupakan masa lalu yang kelam.

Pilihlah karir sesuai keinginan dan kemampuan, lalu dari sekarang mulalilah belajar mengenai segala sesuatu yang berhubungan dengan pilihan karir kita.

5.Berikan Manfaat

Jadikan diri kita untuk lebih bermanfaat bagi orang lain. Kembangkan kemampuan diri tapi ajaklah juga orang lain menuju hal positif. lakukan dan buatlah sesuatu agar memudahkan orang lain. Memang tak ada ukuran usia dalam masa muda, tapi memulai lebih awal tak ada salahnya.

6. 5 Tahun Kedepan

Pikirkan saat ini juga, akan jadi apa kita 5 tahun lagi? dengan apa yang kita lakukan saat ini, kira-kira apa yang kita punya dalam 5 tahun kedepan. Kehidupan seperti apa yang akan kita jalani. Apakah 5 tahun kedepan kita akan melihat diri kita akan memiliki profesi yang membanggakan atau malah membuat kita minder saat acara reuni?

7.Akhirnya,

Walau uang memang penting untuk menjalani kehidupan namun tak semua hal didunia ini dinilai dari uang dan materi. Manfaatkanlah awal masa muda ini untuk hal yang memajukan diri sendiri dan bermanfaat untuk orang lain. Kalau kehidupan ini adalah sebuah rumah, saat ini adalah momentum dimana kita membangun pondasi bagi rumah itu. Saat ini adalah masa dimana kita membangun dasar dari kehidupan dimasa yang akan datang.

Menghindari hal yang negatif memang tidak mudah karena hal negatif itu terlihat dan terasa menyenangkan. Tetapi cobalah melakukan hal positif yang bermanfaat untuk diri sendiri dan orang lain, dan rasakan kebahagiaan yang sesungguhnya.

Tak pernah ada kata terlambat untuk berubah, tapi pilihan kembali kepada kita. Ingin melihat diri kita terperangkap dalam jerat kejahatan, babak belur dikeroyok massa karena kepergok merampok, meringkuk dalam hotel prodeo, menghadapi regu tembak karena bersentuhan dengan distribusi narkoba, menjajakan diri, terkena penyakit menular sampai menghina bau badan pelanggan lalu terbujur kaku tak bernyawa, sambil berkata, “andai aku tak melakukan itu semua”.

Atau kuliah yang rajin dan tekun, bekerja dan berusaha dengan giat, menjalani kehidupan yang damai, bahagia sembari bersyukur atas pilihan yang kita tentukan dimasa muda.

Pilihan ada ditangan kalian sobat.

Quote:


sumber artikel dari sofapojok.com > pojok pikiran > 7 Nasihat Untuk Yang Lulus SMA emoticon-I Love Kaskus (S)

Spoiler for bonus corat coret :
Diubah oleh sofapojok 17-04-2015 00:09
anasabila
anasabila memberi reputasi
1
8.7K
14
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Gosip Nyok!
Gosip Nyok!KASKUS Official
34.3KThread25KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.