heylagaAvatar border
TS
heylaga
[HOT] 7 Cara Menghasilkan Duit Dari Hobi Traveling



Bikin buku : banyak hunting, banyak googling, banyak jalan ke toko buku, banyak baca (gak harus beli bukunya), lalu tentukan gaya tulisan travelingmu. Mulailah menulis, mencari informasi bagaimana cara mengirimkan naskah ke penerbit. Yang tidak banyak orang tahu, banyak penerbit yang mencari naskah. Jadi kepentingan hadirnya sebuah buku itu bukan hanya satu sisi dari penulisnya saja. Yang tidak kita tahu, banyak editor yang kebingungan mencari naskah (yang bagus tentu saja). So, mulailah menulis. Duitnya lumayan lho, bisa buat jalan-jalan ke luar negeri, karena kita mendapatkan royalti standar 10% dari harga buku dikalikan jumlah yang terjual.







Bikin tulisan : Perjalanan buat majalah/koran/media lainnya: lagi-lagi kita harus pintar-pintar mencari informasi. Paling gampang, kita beli satu majalah wisata. Biasanya mereka menerima naskah dari luar. Nah, contoh aja model tulisan mereka, lalu tulis ceritamu sendiri. Duitnya lumayan lho. Saya pernah nulis sejam doang untuk satu majalah wisata terkenal dapat Rp 2,5 juta. Salah satu koran terkenal di Jakarta memberikan honor Rp 700.000 - Rp 1 jutaan untuk tulisan perjalanan. Untuk koran daerah, masih di kisaran Rp 300.000 - Rp 500.000 untuk satu tulisan. Dan....untuk membuat tulisan ini, saya nggak harus jalan-jalan lagi. Inget, satu kali jalan-jalan kita bisa bikin banyak sudut pandang berbeda untuk banyak tulisan. Satu dikirim ke majalah, satu dikirim ke koran, satu masukin blog dll...tapi inget, jangan sampai masing-masing tulisan yang dikirim ke berbagai media itu sama persis. Bisa-bisa Anda di-blacklist media karena dinilai mengirimkan tulisan double.



Nge-blog: ini salah satu sumber uang juga. Meskipun jalannya nggak secepet nomor satu dan dua. Saya ngeblog awalnya karena suka nulis. Lagian, banyak tulisan dari traveling saya yang tidak dimuat di media atau di bikin buku. Akhirnya saya konsisten nulis di blog. Oya, blog yang bagus menurut saya adalah blog yang ditulis dengan semangat "bukan untuk nyari uang" tetapi karena kita suka. Tenang saja, pada akhirnya, uang akan mengikuti kalau blog kita bagus. Blog yang bagus, menurut saya lagi, juga blog yang memiliki tema, berkarakter, dan berbeda. Sekarang ini banyak perusahaan-perusahaan yang mengeluarkan duit untuk promosi melalui blog. Kenapa? sifat personal yang terkandung dalam tulisan di blog membuat orang lebih percaya, daripada orang melihat iklan di koran atau TV misalnya. Alhasil, seperti saya, meskipun belum terlalu banyak, tetapi bisa dapat duit dari bikin tulisan di blog. Bisa jalan-jalan gratis ke luar negeri dari nulis di blog (dan dapat uang saku, dan tiket pp dibayari, dan dijamu kayak raja huehehehe). Satu postingan bisa dihargai mulai Rp 800.000-Rp 1,2 juta. Kalau yang jalan-jalan gratis, biasanya semua budget perjalanan kita di-cover, belum lagi hotel yang bagus, makanan enak, dan masih dapat uang saku.




• Nah, duit lainnya datang dari mana? saya juga menjadi travelplanner. Apa itu? Travelplannerterjemahan bebasnya sih kayak orang yang meng-arrange traveling orang lain/grup. Tugasnya macam-macam, mulai menjadi tour leader, bikin itinerary-nya, booking-in tiket pesawat, dan lain sebagianya. Duitnya lumayan untuk kerja selama tiga hingga empat hari saja (biasanya saya bikin short trip). Dalam satu kali trip dengan perjalanan sekitar 4 hari, saya bisa mendapatkan duit antara Rp 1 juta-Rp 2 juta bersih, selain akomodasi kita sudah ter-cover. Tetapi jasa ini mengandung risiko nombok juga, misalnya terkait fluktuasi harga tiket pesawat. Saya pernah sudah deal dengan orang untuk harga tertentu, hanya dalam hitungan jam tiket pesawat naik dua kali lipat harganya emoticon-Smilie.




• Beberapa teman yang saya kenal juga membuka jasa booking tiket pesawat. Ini karena memang booking tiket pesawat itu gampang-gampang susah. Kalau kita biasa traveling secara independen, tentu tidak susah ya melakukan pekerjaan ini. Saya sendiri belum punya pengalaman membuka jasa ini dan kurang tertarik, tapi menurut saya...ini bisa Anda coba.




Punya banyak kenalan pemilik hotel kecil, guesthouse, homestay. Mereka sudah menawarkan kerja sama, misalnya saya bisa mendatangkan tamu, maka saya akan mendapat persen. Sejujurnya, saya belum pernah mempraktikkan hal ini. Tetapi, ini bisa Anda coba. Lumayan juga buat nambah-nambah uang saku. Biasanya pemilik guesthouse menawarkan 10% untuk satu tamu yang menginap.



Jualan merchandise traveling. Saya pernah sih jualan kaos. Habis terjual, tetapi memang saya kurang telaten jadi tidak terlalu fokus di sini. Bagi yang punya jiwa marketing, ini bisa dijalankan.
Nah, itu beberapa pengalaman saya tentang bagaimana cara mendapatkan duit dari traveling. Kalau ada yang mau berbagi cara lainnya untuk mendapatkan duit dari traveling

Sumber :


Nah untuk lebih jelasnya ane punya acara buat agan-agan datengin, disitu nge share lagi lebih dalam bagaimana bisa dapetin duit dari hobi jalan-jalan.



Jakarta International Economic Society (JIES) & Center of Innovation and Collaboration (CIC) PPM Manajemen
Proudly Presents,

THE NEXT EVENT OF THE 1ST NATIONAL YOUTH INNOVATION SERIES 2015

YOUTH INNOVATION SUMMIT
"The Role of Indonesian Young Generation Business Innovation (Based on Local Wisdom) in the Era of ASEAN Economic Community 2015"

Date : Saturday, 18th of April 2015
Venue : Kuningan City Ballroom Level 7 Hall B & C
Time : 08.30 - till drop

Session 1 > ASEAN ECONOMIC COMMUNITY 2015
"Peranan Generasi Muda Indonesia Dalam Era Masyarakat Ekonomi ASEAN 2015"
Speakers :
- Ngurah Swajaya (Former Indonesian Ambassador to ASEAN)
- Arief Yahya (Tourism Minister) *

Session 2 > E-Tourism Innovation
"Strategi Inovatif Menghasilkan Uang Melalui Internet dari Hobi Jalan-Jalan"
Speakers :
- Jaka Wiradisuria (CEO & Co-Founder Valadoo.com)
- Trinity Traveler (Indonesia's Leading Travel Writer, The Naked Traveler)
- Natali Ardianto (CTO & Co-Founder Tiket.com)
Moderator :
- Julisa Pratiwi (Publicist, Former Production Analyst Zalora Indonesia, Former Public Relation Mindtalk, Rocket Internet, and Indonesia Young Leader 2010)

Session 3 > E- Marketing Innovation
"Inovasi Marketing di Era Konektivitas"
Speaker :
- Roy Simangunsong (CEO Okezone.com & Former Country Manager Yahoo Indonesia)

GET THE OPPORTUNITY TO WIN :
- TRIP TO BALI
- Trinity Traveler Book "The Naked Traveler"
- Cake and Patisserie Voucher by Kempinski Hotel, Indonesia

YOUR BENEFITS :
- To be able to get the update of Indonesian Business Development based on ES E N S O Rmerce, Tourism, and E-Marketing
- To be able to understand the theoritical and practical of ASEAN Economic Community 2015
- To be able to develop creative and innovative idea by ACT (Analytical Creative Thinking)
- To be able to understand the step and process about how to market your product and to predict its targets in the future
- To be able to have a chance of wide networking
- To be able to experience meeting with the CEOs and Goverment Representative
- To be able to gain the knowledge which are speacialized in Business Innovation, ASEAN Economic Community, E-Tourism, and E-Marketing

ANOTHER BENEFITS :
- Free Lunch & Snack
- Certificate
- Merchandise from Permanent Mission of the Republic of Indonesia to ASEAN
- Entertainment

Investment :
Student : Rp 75,000 (SMA, Mahasiswa S1)
Public : Rp 150,000

Limited Seats, Register Now !

Information and Reservation :
- Muhammad Prasmenta 0858 8280 8090 (line : prasmenta)
- Izzati Zahrina R 0818 0634 1993 (line : izatyzahrina)
Diubah oleh heylaga 12-04-2015 14:48
tien212700
tien212700 memberi reputasi
1
3.5K
16
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.8KThread82.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.