Gimana nih kabarnya? Semoga semua tetap sehat, bugar & penuh cendol ya!!
Nah, Agan-Agan di sini ada yang pernah bekerja sebagai event organizer? Atau pernah ada di suatu kepanitiaan sebuah acara? Pentas seni? Mungkin kerja di bagian sumber daya manusia (human resources)?
Jika pernah, mungkin trit yang akan kita bagikan di bawah ini akan sedikit banyak bersinggungan dengan pekerjaan & pengalaman agan-agan nih. Dan untuk yang belum pernah, bisa juga kok bookmark trit kita karena mungkin suatu saat akan diperlukan juga dimanapun kita bekerja.
Sebagai organisasi non profit, Indonesia Mengajar, memiliki beberapa kali pengalaman (tepatnya 10x) dalam merekrut ribuan sarjana-sarjana terbaik bangsa untuk terjun ke ujung-ujung Republik (Pengajar Muda), nah sekarang kita mau berbagi nih best practices nya ke Agan-Agan.
Syukur-syukur ada Agan-Agan yang mau bikin gerakan serupa, atau ada juga yang sedang butuh untuk merekrut banyak orang demi tujuan tertentu! We'll be happy to see that! (asal jangan rekrut begal ya )
Quote:
1. Merekrut Tim yang Keren!
Spoiler for Merekrut Tim yang Keren:
Pernah mendengar pepatah 'di dalam tubuh yang sehat, terdapat jiwa yang kuat'?
Pepatah tersebut memberikan kita sebuah gambaran bahwa bagian luar (hasil) yang baik, memiliki sumber kebaikan yang datang dari dalam. Tak jauh berbeda dengan sebuah organisasi / kepanitiaan sebuah acara, jika ingin hasil yang baik, maka tim yang berada di balik layar juga harus baik. Bukan hanya saja baik dalam skill, namun juga baik di beberapa hal lainnya.
Jika begitu, lantas pertanyaannya adalah "bagaimana mendapatkan tim yang baik?"
Quote:
a. Kejelasan
Spoiler for Kejelasan:
Kejelasan disini bukan kejelasan status hubungan ya Agan-Agan (itu di trit lain aja ). Yang dimaksud disini adalah kejelasan mengenai pengorbanan apa yang harus dijalankan oleh tim. Bisa meliputi rentang waktu kerja, job description, posisi organisasi, value, dan lain lain. Perlu diingat, sangat tidak fairjika kita ingin mengikat komitmen seseorang atau sekelompok orang tapi tanpa kejelasan (berlaku dimanapun juga kan? ).
Quote:
b. Keterbukaan
Spoiler for Keterbukaan:
Dalam mengelola sebuah kepanitiaan, kepercayaan merupakan hal yang sakral untuk diemban secara terus menerus. Apa saja lingkup yang kepercayaan itu?
Dimulai dari transparansi keuangan organisasi, objektivitas penerimaan anggota, dan rencana kerja yang terbuka dan melibatkan banyak pihak. Dalam poin ini, perlu ditekankan bahwa panitia yang diterima disarankan sesuai dengan yang dibutuhkan, dan teruji memiliki kriteria sesuai dengan yang dicari.
Quote:
2. Membangun Tim yang Zuper!
Spoiler for Membangun Tim yang super!:
Apakah menurut Agan-Agan, tim nasional sepakbola Brazil berhasil karena ada Ronaldinho? Apakah ganda campuran bulutangkis Liliana - Tontowi meraih emas karena usaha pribadi mereka? Maybe yes maybe no. Tapi yang pasti, keberhasilan ada di dalam kerjasama tim yang apik di antara pemain tersebut. Begitu pula halnya di dalam kepanitiaan, dengan kerjasama lintas bagian yang baik, visi besar pun akan lebih mudah diraih.
Namun, kerjasama konkret yang seperti apa yang bisa membangun tim menjadi solid namun tetap kreatif? Best practiceyang kami dapat hanya satu, namun cukup efektif dalam membangun koordinasi yang sehat. Sebagai kepanitiaan pusat, Agan-Agan cukup memberikan tujuan besar yang ingin dicapai, batasan yang perlu, lalu biarkan tim yang mengeksplorasi lebih jauh. Dengan membiarkan rekan lain menumbuh kembangkan sendiri kreativitasnya, itu juga memberikan arti bahwa kita mempercayai rekan satu sama lain. Dan seperti poin sebelumnya, kepercayaan adalah akar dari keseluruhan proses!
Quote:
3. Strategi Kampanye Yang Jitu!
Spoiler for Strategi Kampanye yang Jitu:
Ketika tim yang kuat sudah terbentuk, berarti saatnya semua elemen memikirkan strategi jitu dalam mensosialisasikan acara. Kami bisa menyarikan hanya beberapa poin, namun cukup efisien dalam merekrut banyak pihak dan memiliki daya tular yang cukup tinggi. Ini tip & triknya!
Quote:
a. Profil Target
Spoiler for Profil Target:
Eits, kebayang nggak kalau mau memanah tapi nggak ada sasaran? Ya, malah buang-buang peluru.
Begitu juga dengan kampanye publik yang sedang Agan garap. Perlu ada riset kecil-kecilan, ke mana sasaran dari pesan kampanye. Ruang publik mana saja yang mau digerakkan?
Nah, tentukan dulu profil target. Misal: Kampanye "Kejujuran", dengan pesan "Mulailah dari sekarang, dari atas kertas ujianmu. Berani Jujur!" Profil targetnya adalah: anak SMA kelas 1-3, aktif di ekstrakurikuler sekolah, rajin mengakses media sosial, dan seterusnya.
Quote:
b. Produksi Konten yang Jelas
Spoiler for Produksi Konten yang Jelas:
Gimana menurut Agan-Agan akan poster di atas? Enak dilihat dan mudah dimengerti bukan? Menurut kami poster tersebut memberikan konten yang jelas, tak berbelit, tapi juga tidak terlalu murah untuk kita ketahui seluruhnya. Nah, konten yang jelas berawal dari PESAN yang jelas. Jadi, pastikan dulu pesan apa yang ingin agan sampaikan kepada pembaca atau penonton.
Quote:
c. Produksi Konten yang Mudah dan Menarik Disebarkan Orang Lain (tingkat share tinggi)
Spoiler for Produksi Konten yang Mudah dan Menarik Disebarkan:
Seperti judul di atas, ketika kita membuat konten yang mudah diingat orang, maka sama halnya seperti kita siap memberikan wewenang terhadap orang lain untuk memperbanyak konten kita. Dalam hal ini, kegiatan tersebut sangat halal dan akan sangat membantu kampanye kita mencakup lebih banyak orang dan kanal. Bagus bukan jika kita memiliki banyak duta yang dengan sukarela memperluas iklan kita karena konten kita mudah dipahami dan diduplikasi?
Quote:
d. Responsif
Spoiler for Responsif:
Dalam berkampanye online, sebagai panitia atau pengelola acara harus bisa menjadi sebuah wadah yang dipercaya (lagi-lagi). Di sini maksudnya adalah siap untuk memberikan respon yang cepat dan tepat terhadap yang bertanya. Seperti di dunia penjualan, dengan memberikan service yang baik, customer tidak akan lari kemana-mana.
Quote:
e. Menjaring Komunitas Lain yang Memiliki Irisan Nilai
Spoiler for Menjaring Komunitas:
Tak ada salahnya dalam berjejaring bukan? Apalagi jika kita bisa berjejaring sekaligus menambah kanal sosialisasi kita. Apalagi dengan acara lain yang memiliki irisan valuedengan kita. Semua mungkin terjadi Gan!
Nah Agan-Agan, ini yang bisa kita bagi selama beberapa tahun berusaha menjaring sarjana-sarjana terbaik untuk mau terjun ke sisi terluar Indonesia dan mengajar selama satu tahun di sana. Semoga apa yang kita sarikan bisa bermanfaat untuk agan-agan!
Dan tentunya karena ini berbentuk forum, kalau ada yang merasa punya poin-poin atau pengalaman lain dalam menjaring banyak orang, yuk saling berbagi disini! Supaya makin rame referensinya untuk teman-teman kita di luar sana! Mari saling berlomba dalam kebaikan Gan!! *cheers*
0
2.5K
Kutip
3
Balasan
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Inspirasi
10.5KThread•6.7KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru