Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

unknownoneAvatar border
TS
unknownone
Studi: Ini Alasan Kenapa Seseorang Suka Nyinyir
Studi: Ini Alasan Kenapa Seseorang Suka Nyinyir

TEMPO.CO, Baltimore: Sebuah studi telah menemukan bahwa kerusakan pada struktur otak yang disebut lapisan sagital akan berkorelasi dengan ketidakmampuan seseorang mendeteksi sifat sarkasme yang ada pada dirinya.

Daerah ini (lapisan sagital) berfungsi untuk menghubungkan daerah-daerah di otak satu dengan yang lain yang diketahui terlibat dalam mengolah isyarat visual dan pendengaran, serta proses pengambilan keputusan.

Tim ilmuwan yang dipimpin oleh peneliti The Johns Hopkins Hospital Baltimore, Amerika Serikat, Argye Hillis, percaya telah menemukan tempat misterius di mana kecenderungan sarkasme itu berdiam jauh di dalam otak manusia.

Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal ilmiah Neurocase, para spesialis menjelaskan bagaimana setelah melihat catatan medis dari 24 orang yang dijadikan obyek penelitian, mereka menemukan bukti bahwa orang-orang yang menderita kerusakan pada belahan bagian kanan otak cenderung kehilangan kemampuan mereka untuk mengenali sifat sarkasme.

Secara khusus, para ilmuwan mengatakan wilayah otak yang rusak itu membuat seorang tidak mampu mendeteksi perilaku sarkasmenya adalah lapisan sagital. Daerah pada otak ini tampak dalam gambar yang ditandai dengan lingkaran kuning.

Menariknya, para peneliti menjelaskan bahwa orang-orang yang menderita kerusakan pada lapisan sagital tidak mengalami kesulitan mendengar atau memahami kata per kata. Satu hal yang tidak mampu mereka atasi adalah nuansa sarkastik dari kata yang mereka ucapkan dan isyarat wajah yang menunjukkan maksud menyindir.

"Meskipun mereka memahami kata-kata, sering ada kegagalan nyata saat komunikasi," kata Argye Hillis pada Live Science.


SOFTPEDIA.COM | MECHOS DE LAROCHA

Source:
http://www.tempo.co/read/news/2015/0...g-Suka-Nyinyir

emoticon-Hot News emoticon-Hot News emoticon-Hot News
Diubah oleh unknownone 12-04-2015 16:12
0
1.1K
9
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.4KThread84.4KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.