Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

maizputraAvatar border
TS
maizputra
AJB #AksiJakartaBersih
Aksi Jakarta Bersih



AJB #AksiJakartaBersih




Apa itu AJB #AksiJakartaBersih ?? emoticon-Bingung


Kami hanyalah segelintir warga Jakarta yang minim kemampuan dan sumber daya ini, pada awalnya terpanggil untuk ikut membantu Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dalam penanganan permasalahan banjir dan sampah pasca banjir. Kami merasa sangat berterima kasih kepada Pemerintah Provinsi DKI Jakarta yang menerima kehadiran kami dengan lapang dada, dan malah ikut fasilitasi hingga seluruh kegiatan dapat berjalan dengan baik.

setelah penanganan pasca banjir selanjutnya #AksiJakartaBersih (AJB) dengan Account Twitter @Infoajb adalah komunitas dengan kegiatan pungut sampah yang rutin di adakan hari minggu setiap kegiatan CFD ( Car Free Day ). tujuan dari Aksi Jakarta Bersih ini sendiri adalah untuk menumbuhkan kesadaran penduduk Jakarta yang masih suka membuang sampah sembarangan.


AJB #AksiJakartaBersih




Seberapa pentingkah kehadiran komunitas ini??

Kenapa kita peduli dengan Gerakan Jakarta pungut sampah ?? jawabannya adalah karena mereka yang jauh - jauh dari rumah di bekasi, tanggerang , depok, bogor pergi ke Car Free Day untuk ber-olahraga, kesan hidup sehat memang sudah di tanamkan di ibu kota saat ini, dan car free day menjadi daya tarik penduduk ibu kota untuk melakukan aktivitas mulai dari, lari pagi, jalan santai, ataupun sekedar berkeliling mencari hiburan.

AJB #AksiJakartaBersih

Di car free day sendiri pun banyak agenda yang dilakukan, ada stand pedagang, stand komunitas, Stand Panggung dan Event atau stand senam aerobic. Dikarenakan banyaknya antusias masyarakat yang ingin lari pagi juga hal tersebut tidak terlepas dari masalah yang namanya “sampah”. ya, sampah sudah menjadi momok yang paling menakutkan dalam sebuah tatanan kota apalagi bila tidak di tunjang oleh masyarakatnya yang kurang peduli akan kebersihan.

AJB #AksiJakartaBersih



Mengapa memilih Event mingguan di CFD ( Car Free Day ) Bundaran HI ??

Sampah di kegiatan Car Free Day Sudirman – HI adalah salah satunya yang sudah langganan menjadi penyumbang terbanyak setiap minggu nya, kenapa? Tentu saja karena kurangnya kesadaran masyarakat untuk berprilaku hidup bersih dengan tidak membuang sampah pada tempatnya, padahal mereka pergi jauh – jauh dari rumah ke Car Free Day untuk niat hidup sehat yaitu dengan berolah raga, namun sangat disayangkan ketika sesampainya disana ketika ber istirahat duduk di sekitar kolam bundaran HI mereka jajan , makan, dan minum lalu membuang sampah di sekitar lokasi bahkan ada yang meninggalkan begitu saja tanpa dipungut dan di buang ke tempat sampah.

Mungkin karena mereka berfikir, toh ada petugas kebersihan , toh nanti juga ada yang bersihkan, buat apa mereka di gaji? Ya masih banyak memang dari masyarakat kita yang berfikirran seperti itu. Namun lantas apakah masalah tersebut akan tuntas? Ya tentu saja, sampah bisa di bersihkan oleh petugas tapi di sisi lain munculah penyakit baru di masyarakat yang di sebut dengan Krisis Moral, krisis moral memang sedang menjamur di masyarakat. Tak hanya kelas menengah kebawah melainkan juga kelas menengah keatas.
Maka dari itu rekan – rekan dari #AksiJakartaBersih menggagas gerakan pungut sampah tiap minggu nya di kegiatan Car Free Day Bundaran HI dan anggota dari Kegiatan ini dilakukan rutin selama kegiatan CFD berlangsung sampai saat ini.



Apakah hanya kegiatannya hanya Pungut Sampah dan selesai begitu saja ???

tentu saja tidak !!
Selain menarik kegiatan pungut sampah ini juga dikemas untuk meng-edukasi masyarakat yang ada di car free day untuk tidak membuang sampah sembarangan tidak hanya ditegur tapi memberikan arahan kepada para pengunjung dan pedagang yang adad di Car Free Day HI agar membuang sampah pada tempatnya dan terbukti kegiatan ini sangat efektif sedikit demi sedikit untuk memperbaiki perilaku masyarakat yang masih suka membuang sampah sembarangan.



Pemerintahnya dan Dinas nya Kemana saja? Kok dilakukan oleh pihak Komunitas??

Komunitas Aksi Jakarta Bersih, sebuah komunitas peduli dengan kebersihan kota Jakarta yang dimulai pada tahun 2013 dan masih terus berkegiatan sampai saat ini selalu hadir setiap hari Minggu pagi #CFD Jakarta untuk menghimbau agar para peserta atau warga masyarakat yang aktif di kawasan CFD peduli dengan kebersihan dengan tidak membuang sampah sembarangan.

Sesuai dengan tujuan dari kegiatan “Aksi Jakarta Bersih” yaitu membangunkan kesadaran masyarakat DKI Jakarta untuk kembali bahu membahu ber-gotong royong dalam menjaga kebersihan lingkungan, Dinas Kebersihan dan SKPD Pemerintah Provinsi dan 5 (lima) wilayah Kotamadya DKI Jakarta tidak ketinggalan dalam memberi dukungan yang penuh, menjadikan Kegiatan “Aksi Jakarta Bersih” ini sebuah bentuk kongkrit Gotong Royong antara SKPD – Relawan – Warga masyarakat DKI Jakarta dalam bidang kebersihan Jakarta.

AJB #AksiJakartaBersih

(Bukti Bahwa Komunitas AJB #AksiJakartaBersih sampai saat ini masih Didukung langsung oleh Presiden, Gubernur DKI, Dinas Kebersihan DKI,dan 5 Walikota DKI Jakarta )



Tidak Hanya Diam dan mencela, menggerutu di Socmed tapi terjun langsung turut andil dalam perubahan Ibu Kota emoticon-Jempol

Berangkat dari kesadaran dan kepedulian orang-orang baik yang terkumpul dalam gerakan #AksiJakartaersih mencoba memberitahu kepada masyarakat luas khususnya ibukota kita tercinta DKI Jakarta bahwa saat ini Jakarta sedang berbenah,
memang tidak mudah menyampaikan pesan tersebut karena banyak dari orang hanya tahu minus dari lambannya birokrasi di DKI Jakarta dan hanya diam serta ikut mencaci melalui media social tanpa memberikan solusi.

Tapi kami tidak menyerah, Kami mencoba ikut terjun langsung mengetahui dan membenahi apa yang menjadi kendala didalam menata kota ini. Kemudian dengan bermodalkan smartphone yang kami miliki, kami tidak hanya meng-twitt keluhan atau berupa cacian atas lambannya birokrasi dalam menangani suatu permasalahan. tapi kami mencoba memberikan satu solusi, yaitu dengan ikut bergerak dan turun langsung menjadi sebuah bagian dalam memperbaiki keadaan.

Sebuah contoh sederhana : Misalkan melihat ada pedang PKL berdagang di sepanjang trotoar, pengguna kendaraan bermotor yang melewati trotoar, atau ada warga/pengemudi kendaraaan yang membuang sampah sembarangan yang lepas dari pengawasan petugas, maka warga dapat mem-foto dan me twittpic nya dengan mention ke Account Kami @infoAJB / @JKTMakinBaik sehingga kami dapat men-forward dengan mention ke dinas yang bersangkutan.

Saat ini setidaknya kami hanya bisa bilang. disaat orang lain hanya mengeluh terhadap fakta kebersihan , macet, transportasi dan banjir di jakarta yang memprihatinkan. Kami tak Cuma diam, Kami tidak mau berdiri dibaris para pesimis, Kami adalah baris orang-orang yang optimis, dan kami adalah sekumpulan orang –orang yang mau merebut kebanggaan kami dengan mencoba berbuat baik.





nihh ane kasih poto-poto cihuy tim relawan AJB #AksiJakartaBersih yang bergerak mungut sampah,, mereka adalah anak muda yang enerjik gak gengsi dan malu ikut pungut sampah abis lari pagi di CFD


AJB #AksiJakartaBersih


AJB #AksiJakartaBersih


AJB #AksiJakartaBersih



AJB #AksiJakartaBersih



AJB #AksiJakartaBersih


AJB #AksiJakartaBersih


AJB #AksiJakartaBersih



AJB #AksiJakartaBersih




Selain itu kita juga bareng adik-adik Pramuka SMPN 48 dan 56 ikut terjun langsung edukasi pengunjung car free day


AJB #AksiJakartaBersih


AJB #AksiJakartaBersih


AJB #AksiJakartaBersih





Bersama tim #AksiJakartaBersih Adik-adik Pramuka ini berani memberitahu dan mengarahkan agar pengunjung tidak membuang sampah sembarangan... Saaaaaluttttttttttttttt !!!!!! emoticon-2 Jempol

AJB #AksiJakartaBersih





Dan Akhirnya Ane Nobatkan ke Adik- Adik Pramuka ini bahwa mereka lebih kereeennnnn dari pada yang nongkrong melihat sampah diam saja, malah ikutan nyampah ... dua jempollll !!!! emoticon-2 Jempol


AJB #AksiJakartaBersih




Liputan Aksi Jakarta Bersih Di NetTV

AJB #AksiJakartaBersih

AJB #AksiJakartaBersih

AJB #AksiJakartaBersih


Akhir Kata :

Harapan Kite Sebagai Warga Jakarte emoticon-Mewek

Besar harapan kami, kesadaran Gotong Royong untuk kebersihan Jakarta yang mulai tumbuh, dapat terus ditingkatkan dengan cara mengintensifkan kegiatan Gotong Royong di setiap lingkungan di Seluruh wilayah DKI Jakarta.

Kebersihan adalah tanggung jawab kita bersama dengan PEMPROV DKI Jakarta, karena seberapapun usaha yang dilakukan oleh pemerintah, tetap saja hasilnya kurang maksimal tanpa peran serta masyarakat.
Kebiasaan masyarakat membuang sampah sembarangan, terlebih membuang sampah pada saluran air atau sungai yang bisa mengakibatkan banjir bila musim hujan tiba harus dihentikan. Memang tidak mudah untuk mengubah kebiasaan, tapi usaha untuk itu harus terus dilakukan, sampai akhirnya tercipta masyarakat yang peduli pada kebersihan lingkungan.

Bila kebiasaan ini bisa terbawa ke lingkungan rumah tinggal, kantor atau dimanapun mereka berkegiatan dan bisa memberi contoh, maka cita-cita Pemprov DKI Jakarta untuk menjadikan Jakarta bebas dari sampah dapat diwujudkan dan semboyan JakartaKinclong (Jakarta Bersih) akan bersinergi dengan sebutan Jakarta Smart City.






Salam Jakarta Bersih ,





[B][I]yukkk gabunggg,, yang punya komunitas juga bisa bersinergi bareng
Wanna Join our Community ??

Mais Saputra ( Public Relations & Communication #AksiJakartaBersih )
WhatsApp Only : 0818 0732 0818
Line : Maiz0505
BBM : 7D11EB36
Twitter : @infoAJB , @JKTMakinBaik
Diubah oleh maizputra 06-03-2015 03:42
anasabila
anasabila memberi reputasi
1
1.4K
5
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Gosip Nyok!
Gosip Nyok!KASKUS Official
35.2KThread25.9KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.