Siapa yang tak tahu mobil super Bugatti Veyron. Pada saat lounching, Veyron adalah mobil tercepat di dunia dengan top speed mencapai 430 mk/h. Mobil dengan daya kuda sebesar 1001 dk, dua kali lebih besar dari sportcar umumnya.
Quote:
Bugatti Automobiles SAS adalah perusahaan mobil yang merupakan anak perusahaan dari Volkswagen. Perusahaan ini berlokasi di Molsheim, Perancis. Meski sempat tutup warung, Bugatti kembali eksis di dunia otomotif setelah dibeli oleh VW pada tahun 1998. Dua tahun kemudian, perusahaan berambisi untuk membuat sebuah mobil yang memiliki 1001 daya kuda. Sebuah mobil yang dapat dipacu di lintasan balap, namun tetap bisa dikendarai di jalanan. Sebuah mobil yang kemudian membutuhkan waktu 5 tahun riset untuk mewujudkannya.
Pada tahun 2005, mobil ini di luncurkan dengan harga USD 1,750,000.00. Itu harga no option ya gan, kalo agan mau joknya motif Hello Kitty ya nambah lagi.
Spoiler for engine:
Tantangan pertama adalah bagaimana membuat sebuah mesin yang dapat menghasilkan 1001 daya kuda?
Untuk menciptakan mesin dengan daya kuda yang besar, enginer Bugatti menggabungkan 2 mesin V8 menjadi mesin W16 (double V) dengan 16 silinder. Mesin itu dibuat dari bahan titanium solid, sama seperti mesin pesawat terbang. Berbeda dari mesin mobil pada umunya yang terbuat dari baja. Enam belas blok pistonnya terbuat dari bahan aluminium. Mesin W16 terdiri dari 3500 part, handmade, membutuhkan waktu 4 minggu untuk merakit satu mesin W16.
Pada tahun 2001, dilakukan uji mesin terhadap W16. Dalam uji tersebut ternyata W16 menghasilkan 3000 daya kuda, dua pertiganya dalam bentuk panas, hal ini menyebabkan sistem pembuangan udara di gedung Bugatti menjadi sangat panas.
Pada saat uji jalanan, mesin W16 menyemburkan api sepanjang 1,8 meter dari knalpotnya, hal ini tentu saja membuat mobil tersebut ilegal untuk dibawa ke jalanan. Hal ini membuat enginer Bugatti harus mengganti bahan knalpot Veyron menjadi titanium.
Spoiler for radiator:
Untuk mendinginkan mesin Veyron, dibutuhkan 10 radiator pada masing-masing mobil. Radiator ini dibuat secara manual oleh teknisi Bugatti. DIbutukan waktu 15 jam untuk membuat satu radiatornya secara manual/handcrafted.
Spoiler for transmission:
Tantangan enginer Bugatti yang berikutnya adalah bagaimana membuat sistem transmisi untuk mesin dengan 1001 daya kuda?
Bugatti menggabungkan dua transmisi yang kemudian disebut dual clutch transmissionyang membuat transmisi tersebut mampu berpindah dua 'gigi' dalam sekali perpindahan, satu gigi untuk digunakan, dan gigi berikutnya sudah siap digunakan. Transmisi ini menjadikan Veyron sebagai the fastest shifting car, mobil dengan perpindahan transmisi tercepat dengan kecepatan perpindahan 150 milidetik.
Sistem transmisi ini membuat Veyron dapat melaju dari nol km/jam ke 300 km/jam dalam waktu kurang dari 17 detik, setara dengan kecepatan pesawat pada saat take off.
Spoiler for breaking:
Lalu, bagaimana cara menghentikan mobil dengan kecepatan 430 km/jam?
Untuk menghentikan mobil yang mampu berlari kencang dengan kecepatan pesawat terbang, Bugatti membuat dua mekanisme pengereman untuk Veyron: Mechanical Brakedan Air Brake.
Spoiler for Rem Mekanik:
Untuk rem mekanik, Bugatti membuat cakram rem yang terbuat dari campuran karbon, keramik, dan titanium. Bahan ini membuat cakram mampu menahan panas hingga suhu 1000 derajat Celcius.
Spoiler for Rem Udara:
Ini gan salah satu teknologi tercanggih di Bugatti Veyron, spoilernya alias wingnya. 'Sayap' Veyron terdiri dari dua bagian penting, sensor dan sayap itu sendiri.
Quote:
Sensor pada sayap Veyron dibuat oleh perusahaan MTS Sensor. Karena fungsinya yang penting yaitu membantu aerodinamika mobil dan juga sebagai rem, sayap veyron harus amat sangat responsif. Setiap 'perintah' harus dapat ditransfer menjadi tindakan dalam 1 : 1 trilyun detik.
Kenapa harus amat sangat responsif? Ya karena Veyron sendiri mobil yang dapat melaju sangat kencang gan, dan pada kecepatan tertentu sayap Veyron ini harus menyesuaikan kemiringan untuk membantu aerodinamika mobil. Selain itu ya karena proses pengereman kan memang harus dilakukan secepatnya gan. Hal ini berguna untuk melakukan pengereman pada saat ada kucing yang sembarangan nyebrang ataupun ibu-ibu bawa matic yang tiba-tiba berhenti di jalan.
Quote:
Konstruksi sayap Veyron dibuat oleh Heggemann Aerospace, perusahaan yang merupakan spesialis pembuat sparepart jet dan roket. Konstruksi Veyron dianggap paling rumit dan paling mahal, hingga harus menghabiskan waktu 80-90 jam untuk membuatnya. Karena merupakan bagian yang paling rumit dan paling mahal, agan klo liat Veyron di jalan jangan selfie sambil nyender di spoilernya ya gan.
Pada kecepatan normal, sayap Veyron akan terlipat ke dalam, pada kecepatan 219 km/jam sayapnya akan membentuk sudut 15 derajat, dan pada kecepatan diatas 370 km/jam akan membentuk sudut 2 derajat.
Sedangkan pada saat pengereman, sayap akan 'berdiri' pada sudut 55 derajat gan.
Quote:
Rem mekanik dan rem udara secara bersamaan mampu menghasilkan 4000 daya kuda yang dapat digunakan untuk menghentikan laju Veyron gan. Kedua sistem ini diklaim mampu menghasilkan gravitasi setara 2G (dua kali gravitasi bumi).
Spoiler for Fuel Tank:
Salah satu tantangan dalam membuat mobil Veyron adalah mendesain tanki bahan bakar yang sesuai gan. Dibutuhkan waktu riset 4 tahun dari mulai desain sampai bentuk sempurna yang sesuai dengan supercarnya. Hal ini karena Veyron membutuhkan sistem tanki bahan bakar yang mampu memompa 8x lebih cepat dari mobil biasa.
Spoiler for tires:
Ban seperti apa yang cocok dengan super-supercar ini?
Untuk ban, Bugatti mempercayakannya kepada perusahaan ban Michellin. Merknya sama ama ban motor ane gan.
Awalnya Michellin menawarkan dua jenis ban kepada Bugatti, yaitu ban untuk balapan dan ban untuk digunakan di jalanan umum, namun Bugatti meminta Michelin untuk membuat ban yang dapat digunakan baik untuk balapan maupun untuk jalanan.
Bugatti meminta ban yang mampu diajak berlari sampai 400 km/jam. Michellin menjawabnya dengan membuat ban yang mampu dipacu pada kecepatan 449 km/jam. Ban ini memiliki lebar 36 cm, dua kali lebar ban mobil biasa. Ban ini juga dibuat sesuai dengan standar ban pesawat gan.
Pada 2005, satu set ban Veyron harganya USD 17,000 gan. Itu dulu, harganya juga sempet nyentuh 25,000 per set.
Spoiler for assembly:
Setelah semua bagian selesai diproduksi, semua bagian tersebut dikirim ke markas Bugatti di Molsheim untuk dirakit. Dibutuhkan 17 teknisi untuk membuat setiap Veyron. Veyron dirancang sebagai mobil tanpa frame, bagian pengemudinya dirancang dengan konstruksi monocoquedan terbuat dari bahan serat karbon yang 3x lebih kuat dari bahan mobil biasa dan berbobot 110 kg.
Bagian depan (monocoque) dan bagian belakang (engine) disatukan hanya dengan 14 baut aja gan. Baut ini dibuat dari bahan titanium yang harganya USD 100 per baut (2005).
Mesin turbocharger radiator-nya handcrafted lho gan. Panel body dari Veyron sendiri berbahan aluminium, dan dibutuhkan 4-5 minggu untuk merakit sebuah Bugatti Veyron
Setelah selesai dirakit, Bugatti Veyron kemudian diuji coba di lintasan balap rahasia yang dimiliki oleh Volkswagen di Erha-Lessien. Saking rahasianya, pesawat terbang gak boleh melintas diatasnya. Lintasan balap ini memiliki panjang 100 km dengan trek lurus 8 kilometer.
Berdasarkan hasil uji pertama kali, mesin Bugatti Veyron menghasilkan 721 daya kuda dengan top speed 407 km/jam. Veyron melaju 6,5 km dalam satu menit. Dalam uji coba ini juga diketahui bahwa dalam 100 km Veyron menghabiskan 115 liter bahan bakar, yang artinya menghabiskan sekitar 100 liter dalam 12 menit.
Sebenarnya mobil ini mampu melaju 418 km/jam, namun sistem komputer yang tertanam dalam mobil membatasi hanya sampai 407 km/jam. Hal ini karena rancangan stabilitas Veyron yang 'aman' sampai dengan 407 km/jam.
Setiap mobil yang telah dirakit harus menjalani uji coba sampai 500 km. Kemudian mobil dipoles dan diteliti selama 2 hari agar mobilnya sempurna pada saat diberikan kepada pembeli. Bukan ane pembelinya gan.
Quote:
Berhubung ada yang gak percaya ama thread ane, ane tambahin nih cerita tentang Super Secret Volkswagen Test Track.
Spoiler for Erha-Lessien:
Volkswagen Group owns a test track facility in Ehra-Lessien. The facility was built during the Cold War. The location was chosen since at the time, it was in a no-fly zone near the East German border, thus safe from prying eyes seeing secret prototypes. Wiki similikiti weleh-weleh Motormorph
Spoiler for Bonus:
Bugatti Veyron La Finale, terjual dengan harga USD 2,600,000 pada Geneva Motor Show 2015, merupakan Veyron terakhir yang diproduksi oleh Bugatti dengan nomor sasis 450, artinya varian Veyron yang pernah diproduksi cuma 450 aja gan. Buat agan yang lagi nabung, mending agan beli Veyron second aja gan. Jangan beli yang bekas kena banjir atau pernah nabrak ya gan.
"Perfect is not good enough."
Dr. Franz-Josef Paefgen, Presiden Bugatti Automobile SAS
"Jangan lupa komen, rate bintang 5, trus cendolin ane ya gan."
mikomovic, Kaskuser