sapta.ajieAvatar border
TS
sapta.ajie
[ANDROID-PASCAL] Share Buku Pemrograman Android dengan Pascal-Lazarus
Bismillahirohmanirohiim....
Mohon ijin para sesepuh dan kaskuser untuk posting di sini. Ini pertama kalinya saya launching buku di sini. Mohon maaf kalo salah kamar yach emoticon-Malu (S)

Spoiler for Buku 'Bikin Aplikasi Android dengan Pascal? Bisa!':


Buku ini menjelaskan tentang pemrograman Android dengan bahasa Pascal menggunakan IDE (Integrated Development Environment) Lazarus. Buku ini menawarkan sebuah alternatif pemrograman Android yang biasanya menggunakan Java, terutama bagi mereka yan telah terbiasa menggunakan sintaks Pascal baik menggunakan IDE Delphi maupun Lazarus itu sendiri.

Lazarus sendiri bisa dikatakan adalah Delphi versi open source, dengan tampilan dan fitur yang bisa dikatakan sama persis. Jika agan2 telah terbiasa menggunakan Delphi, agan tidak akan kesulitan menggunakan Lazarus. Kunci agar Lazarus dapat menghasilkan executable yang dapat berjalan di Android adalah menggunakan cross compiler FPC (Free Pascal Compiler) ppcrossarm, yakni sebuah compiler yang dapat menghasilkan kode executable dalam lingkungan prosesor ARM yang digunakan Android.

Tools yang dibutuhkan dalam proses development Android dengan Pascal-Lazarus ini adalah :
- Lazarus (ane pake lazarus rilis CodeTyphon 2.90)
- FPC 2.5.1
- Android SDK
- Android NDK
- JDK (Java Development Kit)

Semua tools udah ada di DVD yang menyertai buku. So, agan2 tidak perlu repot-repot untuk men-download tool-tool di atas.

Kelebihan menggunakan Pascal-Lazarus untuk develop aplikasi Android antara lain lebih familiar buat yang terbiasa menggunakan sintaks Pascal, lebih cepat megakses hardware karena menggunakan bahasa native, dapat membuat subrutin sendiri yang tidak terdapat di subrutin Java, dapat mengakses semua method java, lingkungan pemrograman yang user friendly dan visual dan tentu saja semua tools yang digunakan bersifat free/open source.

Dalam buku ini juga dijelaskan step by step instalasi hingga agan berhasil membuat installer APK untuk android. Kalo versi gratisannya dapat agan baca di h-te-te-p://wiki.freepascal.org/Custom_Drawn_Interface/Android, buku ane juga sumbernya dari situ. Jika ada pertanyaan dipersilahkan gan emoticon-Toast

Happy coding emoticon-Blue Guy Cendol (L)
nona212
nona212 memberi reputasi
1
12.1K
48
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Programmer Forum
Programmer ForumKASKUS Official
20.2KThread4.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.