Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

ideavolutionersAvatar border
TS
ideavolutioners
Korea Punya Mesin Sampah Yang Canggih
Korea Punya Mesin Sampah Yang Canggih


Buang sampah di China kebanyakan tak pernah dipisahkan karena tong sampah yang tersedia didekat apartemen cuma ada satu jenis mau sampah anorganik atupun organik tumplek jadi satu, sepertinya mirip sekali dengan keadaan Indonesia ya?

Tetapi ketika kita melihat Korea hal itu jauh berbeda. Tidak ada sampah yang berserakan atau berceceran di sepanjang jalannya entah karena ulah manusianya ataupun karena hewan liar yang bisa mengacak-acak sampah. Pengambilan sampah pun dilakukan saat malam hari karenanya sampah boleh dikeluarin diatas jam 7 malam didepan pintu gerbang pemukiman.

Untuk membuang sampah di Korea harus mengunakan plastik yang banyak dijual di supermarket, artinya kita tak perlu lagi membayar iuran perbulan untuk sampah yang kita buang karena beli plastik sama halnya sebagai pembayaran kita.

Warna plastik sampah yang dipakai sesuai dengan jenis sampahnya, plastik warna gandaria adalah sampah kertas, warna kuning untuk sampah organik dan warna biru untuk sampah plastik dan juga botol kaca. Harga plastik tersebut tergantung besar ukuran dan berapa banyak yang dibeli. Ukuran dari plastik tersebut mulai dari 3 L, 5 L, 10 L sampai 20 L dan harganya juga tergolong mahal.Makanya kalau mau irit pengeluaran jangan banyak sampah yang dibuang heheheh. Jika pun kita membuang sampah tidak memakai plastik tersebut siap-siap kena denda yang juga gak murah sekitar 1 juta Won.

Tidak hanya itu saja, seperti dilansir kompasiana, Korea juga kini sudah memiliki sistem pembuangan sampah yang canggih. Dibebarapa wilayah sekarang sampah yang dibuang wajib di masukkan kedalam mesin sampah memakai cips. Mesin sampah ini otomatis akan terbuka jika kita menempelkan cip dimesin kemudian tertutup kembali setelah kita pencet tombol tutup.

Sampah akan terseret kedalam dan diproses oleh sebuah mesin kemudian dibawa oleh kontener menuju ke pengolahan sampah berikutnya. Wow canggih juga ya, bisa jadi kotak sampah berupa mesin seperti ini malah gak bikin kucing atau tikus ngacak-ngacak sampah. Bau sampah juga tak tercium lagi hehehhe. Penyakit yang disebabakan oleh sampah juga bisa diatasi. Mesin sampah ini ada 2 jenis yaitu sampah organik dan juga sampah anorganik dan tabung yang ditengah berupa minyak goreng bekas pakai.

Korea Punya Mesin Sampah Yang Canggih


Mungkin karena Korea sebagai negara yang masyarakatnya tau dan faham betul bahwa sampah yang berserakan akan menimbulkan penyakit dan hal lain yang merugikan, makanya sampah sangat diperhatikan di negara ini. Bagaimana dengan Indonesia? kapan saatnya kita sadar dengan bahaya sampah. Setidaknya jika kita belum bisa mengatasi sampah dengan benar bagusnya adalah kita mau mengurangi sampah yang kita pakai.

Sumber
0
5K
21
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Green Lifestyle
Green LifestyleKASKUS Official
3KThread3KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.