Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

deri1120Avatar border
TS
deri1120
Fenomena Aneh Terjadi Pada Harga BBM Impor Singapura
Saat ini terjadi fenomena yang aneh pada harga bensin premium dan minyak solar impor yang berpatokan pada Mean of Platts Singapore (MOPS), atau harga patokan minyak dan bahan bakar minyak (BBM) di Singapura. Yakni, harga premium lebih mahal daripada harga solar.

"Beberapa waktu terakhir ini ada fenomena aneh, biasanya harga MOPS solar lebih tinggi daripada premium. Sekarang itu terbalik, premium sedikit lebih mahal," ujar Direktur Pemasaran PT Pertamina (Persero) Ahmad Bambang, kepada detikFinance, Senin (6/4/2015).

Bambang tidak mengetahui, sebab pastinya mengapa harga MOPS premium sekarang lebih mahal daripada solar. "Persisnya nggak tahu, tetapi bisa saja karena terkait supply-demand," katanya.

Seperti diketahui, harga solar sendiri sebenarnya memang lebih mahal daripada premium. seperti saat ini saja, harga premium ditetapkan pemerintah Rp 7.300/liter (tanpa subsidi), sedangkan solar Rp 6.900/liter (dengan subsidi Rp 1.000/liter), artinya solar tanpa subsidi harganya Rp 7.900/liter.

Ia menambahkan, pergerakan MOPS BBM sendiri saat ini lebih cepat berubah, dalam 1-2 hari harganya bisa berbeda-beda. Tapi, walau harga BBM di Indonesia berpatokan pada MOPS, tapi harga premium-solar di Indonesia tidak berubah setiap hari, melainkan sebulan sekali.

"Sama halnya dengan pertamax, perubahan atau penyesuaian harga dibuat setiap dua minggu sekali bukan harian. Jadi, selalu ada risiko dalam penjualan BBM, kadang rugi, kadang untung. Ketika harga BBM ditetapkan Rp 7.300/liter, ternyata harga MOPS dalam sebulan ke depan naik maka kita rugi, sebaliknya kalau MOPS-nya turun ada untung," tutupnya.

http://finance.detik.com/read/2015/0...990101mainnews

Impor BBM dari Singapura atau dari negara lain? Kok MOPS dijadikan patokan?











Quote:
Diubah oleh deri1120 06-04-2015 23:51
0
3.9K
39
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671.8KThread41.5KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.