Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

warungrakyatAvatar border
TS
warungrakyat
Tips Menghindari Penipuan Saat Belanja Online | WarungRakyat.com


Belanja online merupakan aktifitas jual beli yang sering dilakukan para pengguna internet. Selain kemudahan dalam bertransaksi jual beli barang tanpa perlu keluar rumah hanya duduk di depan komputer barang yang kita inginkan bisa langsung diantar di rumah, kita juga harus memperhatikan kemungkinan terburuk serta waspada terhadap pihak-pihak yang tak bertanggung jawab yang mengambil kesempatan dalam proses transaksi jual beli online via internet.

Tips Menghindari Penipuan Saat Belanja Online | WarungRakyat.com

Dalam proses tranksaksi jual beli online atau yang sering kita sebut belanja online via internet keamanan dalam transaksi menjadi hal yang patut kita perhatikan. Untuk menghindari penipuan dan kerugian dalam berbelanja di internet ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk mencegah terjadinya penipuan dan kekecewaan anda dalam transaksi online.
Untuk mencegah resiko terjadinya penipuan dalam belanja online via internet. Berikut ini adalah Tips agar anda bisa Menghindari Penipuan Saat Belanja Online Di internet :

Waspada Terhadap Penjual Yang Masih Baru.
Biasanya Penipu Online berganti2 Profile, jadi Anda harus lebih waspada terhadap para Member-member anyar yang baru bergabung pada bulan yang sama saat anda membeli.

Jangan Memberi DP (Down Paymen) Besar.
Cukup berikan dalam jumlah kecil yang kalau misalnya sampe hilang, tidak terlalu merugikan anda. Kalau orang tersebut memaksa meminta DP (Down Paymen) besar dengan alasan ini itu, maka TOLAK SAJA. Sebab penjual yang baik tidak terlalu mempermasalahkan jumlah DP (Down Paymen) asal benar-benar serius membeli, namun mengutamakan pelunasan yang tepat waktu.

Gunakan Bantuan Rekber (Rekening Bersama) atau Expedisi.
Jangan membayar lunas barang yang Anda beli. Sebaiknya gunakan REKBER (Rekening Bersama) yang dikelola pihak ketiga dengan bertanggungjawab. seperti di warungrakyat.com menggunakan sistem escrow yaitu sistem rekening bersama yang nantinya bisa di kontrol oleh reseller dan supplier dan juga pembeli di warungrakyat.com

Gunakan Fasilitas Verified Member.
Namun hati-hati juga karena Penipu Online suka gonta ganti nomor ponsel dan Profile. Sehingga saat di cek di Google tidak kelihatan nomor ponselnya. Maka Fasilitas seperti Verified Member bisa membantu. Verified member adalah Member yang sudah terverifikasi dan sudah di cek alamatnya adalah asli. Verified Member, apalagi yang sudah bergabung sejak lama dengan jumlah barang jualan yang banyak, biasanya lebih terjamin.

Jangan Menggunakan SMS Untuk Berkomunikasi.
Biasanya, Penipu Online juga tidak mau mengangkat telepon dan hanya mau menjawab melalui SMS karena khawatir dikenali suaranya melalui Voice Recognizer oleh Polisi.

Cek Alamat Si Penjual.
Penipu biasanya tidak mau mencantumkan alamat rumah/tempat usahanya, atau malah sengaja memberikan alamat tapi Palsu. Oleh karena itu, Anda harus cek alamt yang diberikannya melalui teman yang sekota dengan si penjual, atau bisa cek di Google apakah alamat tersebut benar-benar ada.
Diubah oleh warungrakyat 31-03-2015 12:36
0
1.2K
7
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Online Business
The Online BusinessKASKUS Official
25.3KThread3.3KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.