luxboyAvatar border
TS
luxboy
Waspadai Sirup Palsu dan Es Batu Berbahaya


Menurut Reportase Investigasi Minggu 5 April 2015, terdapat es batu tak layak konsumsi yang terbuat dari air tak higienis (dari air tanah) dan sirup palsu. Ini memaksa kita harus lebih waspada.

Sirup palsu buatan minho (nama samaran) nyaris tak bisa dibedakan di pasaran. Hampir semua merek dipalsukan, merek apa yang dibuatnya bergantung pada stok botol kosong yang diperolehnya.

Baik dari rasa, warna maupun aroma nya, sirup palsu buatan minho ini benar-benar tak bisa dibedakan dengan yang asli. Sehari minho bisa menjual 500 botol sirup palsu.

Quote:


Bahan-bahan kimia yang dibutuhkan minho dijual di sebuah pasar tradisional, yakni borax, siklamat, gula, tepung sagu yang dicampur di atas panci bersama air. Kemudian dimasak hingga mendidih. Pewarna tekstil digunakan untuk memberi warna yang diinginkannya.

Harga jual yang murah membuat sirup palsu buatannya laris dibeli pedagang keliling. Karena itu pula kita harus berhati-hati dalam membeli sirup di pasaran.

Sedangkan es batu (es balok) dan es kristal yang tak layak konsumsi tersebut setelah dicek di laboratorium mengandung bakteri E.Coli. Ironisnya, es kristal juga dijual di rumah makan besar seperti restaurant.

Sakit perut, kembung, sakit tenggorokan hingga batuk merupakan gejala yang ditimbulkan dari es batu dan sirup berbahaya.

Lantas bagaimana cara membedakan sirup palsu dan sirup yang asli? Bagaimana cara aman minum minuman dingin?

Selain uji lab, berikut cara mengidentifikasinya:

Sirup asli warnanya memudar jika sudah dicampur air. Sirup palsu warnanya tetap pekat.

Sirup asli berasa sari buah dan manisnya pas tidak berlebihan. Sedangkan sirup palsu rasa manisnya berlebihan, serta meninggalkan rasa pahit saat ditelan.

Lebih baik botol sirup dipecahkan setelah habis agar tak disalahgunakan orang-orangg seperti minho. Disarankan memecah botol di dalam kantong plastik agar tidak membahayakan orang lain.

Sedangkan untuk es, es kristal relatif lebih aman daripada es balok. Meskipun tidak ada jaminan es kristal lebih aman. Jika tetap ingin meminum minuman dingin, disarankan memilih minuman dingin yang berasal dari mesin pendingin. Bila perlu bikin es batu sendiri.

Paling aman dan paling sehat, yakni mengonsumsi makanan dan minuman buatan sendiri di rumah.

Sumber
Diubah oleh luxboy 05-04-2015 09:54
0
8K
14
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.9KThread82.7KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.