Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • UKM
  • UKM menghadapi Pasar Bebas ASEAN (MEA) 2015

viranusaAvatar border
TS
viranusa
UKM menghadapi Pasar Bebas ASEAN (MEA) 2015
Pasar Bebas ASEAN 2015 (Masyarakat Ekonomi ASEAN) perlu disikapi dengan serius oleh para pelaku usaha khususnya usaha-usaha kecil dan menengah (UKM). Persaingan pasar yang jauh lebih ketat akan dihadapi oleh para pebisnis di Indonesia. Diperlukan persiapan dan perencanaan bisnis yang cukup matang bagi para pelaku usaha untuk tetap dapat bertahan dan bersaing dengan para pengusaha se ASEAN yang saat ini sudah mulai membangun basis bisnisnya di Indonesia. Dampak positif dan negatif tentu saja tidak dapat dihindari.

Salah satu dampak positif yang bisa dirasakan oleh para pengusaha lokal dalam Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) ini adalah semakin bertambah luasnya wilayah pasar dan potensi pengembangan bisnisnya yang tentu saja berlaku bagi usaha-usaha yang telah siap bersaing menghadapi pasar bebas ini. Namun kita pun tidak dapat mengelak dari dampak negatif yang kemungkinan besarnya akan membuat usaha-usaha kecil terlebih lagi usaha mikro yang belum mempersiapkan dirinya akan sangat sulit sekali untuk bertahan menghadapi gempuran produk-produk dan pelayanan jasa yang didatangkan oleh para pengusaha dari negara-negara ASEAN.

Mari kita sama-sama berbagi informasi mengenai hal-hal yang perlu dipersiapkan bagi para pengusaha khususnya usaha-usaha mikro, kecil, menengah (UMKM) dalam menghadapi persaingan pasar bebas ASEAN (MEA) yang dimulai pada akhir tahun 2015 ini.

Salam,
ViraNusa
ViranegariNusantara.CO
0
2.6K
7
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
UKM
UKMKASKUS Official
14.8KThread3.4KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.