Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

ical.daguAvatar border
TS
ical.dagu
Australia mengeluh Jokowi susah ditelepon soal Bali Nine

Merdeka.com - Presiden Joko Widodo diketahui tidak mengangkat telepon Perdana Menteri Australia Tony Abbott sepanjang bulan ini. Media massa Negeri Kanguru, mulai dari Fairfax, The Australian, hingga Sydney Morning Herald kemarin melansir laporan bahwa komunikasi pemerintahnya ditolak mentah-mentah oleh Jokowi. Telepon itu adalah lobi Abbott yang kesekian kalinya agar duo terpidana mati Bali Nine diampuni.

Saat dikonfirmasi hari ini, Jumat (27/3), Duta Besar RI untuk Australia Nadjib Riphat Kesoema membantah spekulasi media. Dia mengatakan sambungan telepon Abbott tidak digubris semata karena presiden sangat sibuk dua pekan terakhir.

Selain lawatan internasional ke Jepang dan China, RI-1 memang mengunjungi Kalimantan, Sumatera, dan Papua.

"Presiden Jokowi sedang sibuk mengunjungi berbagai provinsi. Banyak sekali kunjungan yang harus beliau lakukan," ujarnya ketika mengisi seminar di Ibu Kota Canberra.

Nadjib mengatakan eksekusi Bali Nine tetap berjalan sesuai rencana. Dia menampik kemungkinan hubungan kedua negara memburuk akibat hukuman mati penyelundup narkoba itu.

"Ini semata penegakan hukum Indonesia," kata Nadjib.

Terakir kali Abbott menelepon Jokowi adalah Februari 2015. Orang nomor satu Australia itu memohon pengampunan bagi Andrew Chan dan Myuran Sukumaran.

Nadjib pun menolak mengaitkan kemungkinan eksekusi berdampak pada pembatalan bantuan senilai ASD 500 juta per tahun dari Australia untuk Indonesia. Dubes RI mengatakan kedua negara sejak lama saling membantu, sehingga tidak ada persyaratan seperti tiu.

"Lagipula, kami tidak pernah meminta uang kepada Australia," tandasnya.

Saat ini kuasa hukum Bali Nine masih mengajukan novum untuk banding di PTUN. Pekan depan sidang akan memanggil saksi ahli mengenai keabsahan hukuman mati dua penyelundup narkoba ini.

SUMBER

sekalinya di angkat, tau2 udah di eksekusi tuh bali nine emoticon-Big Grin
0
5.6K
52
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671.5KThread41.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.