Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

tankyekAvatar border
TS
tankyek
Islam tidaklah Menelantarkan Peran Wanita
Islam tidaklah Menelantarkan Peran Wanita

Allah Subhânahu telah menciptakan jenis pria dan wanita dari anak keturunan Adam dan dari semua jenis makhluk hidup. Allah juga menuntun setiap dari mereka menuju peran yang sesuai dengan postur fisik dan perilakunya, agar perannya bisa mendatangkan manfaaat dan mencapai target. Sebagaimana firman Allah Ta’âlâ melalui lisan Musa dan Harun alaihimassalâm, tatkala Fir’aun bertanya kepada mereka berdua,

(قَالَ فَمَنْ رَبكُمَا يَا مُوسَى* قَالَ رَبنَا الذِي أَعْطَى كُل شَيْءٍ خَلْقَهُ ثُم هَدَى)

“Dia bertanya, ‘Maka siapakah Rabb kalian berdua wahai Musa?’ Beliau menjawab, ‘Rabb kami adalah Yang telah menciptakan segala sesuatu kemudian menuntun mereka.” [Thâha: 49-50]

Maksudnya, Rabb kami adalah yang menciptakan semua makhluk dan memberikan setiap makhluk postur tubuh yang sesuai. “Kemudian menuntun mereka.” semua makhluk menuju tujuan penciptaannya.

Setiap makhluk berusaha untuk memenuhi tujuan penciptaan mereka, berupa meraih manfaat untuk dirinya dan mencegah terjadinya mudharat dari dirinya. Dan di antara makhluk-makhluk itu adalah manusia. Kaum pria mempunyai postur tubuh tersendiri dan perilaku kejantanan tersendiri, dan kaum wanita juga mempunyai postur tubuh tersendiri dan perilaku kewanitaan tersendiri. Kapan setiap dari kedua jenis ini mengingkari peran dan perilaku yang khusus baginya, maka keteraturan alam semesta akan terlantar dan berbagai maslahat akan terbengkalai. Karenanya Nabi shallallâhu alaihi wa sallam bersabda,

لَعَنَ اللهُ الْمُتَشَبهِينَ مِنَ الرجَالِ بِالنسَاءِ، وَلَعَنَ اللهُ الْمُتَشَبهَاتِ مِنَ النسَاءِ بِالرجَالِ

“Allah melaknat kaum pria yang menyerupai wanita dan Allah melaknat kaum wanita yang menyerupai pria.”

Hal itu karena agama dan fitrah akan menjadi terbalik, dan masyarakat terancam akan kehilangan berbagai maslahat dan terkena berbagai mafsadat.

Di hari-hari ini, ada banyak perbincangan mengenai peran kaum wanita dalam kehidupan. Seakan-akan Islam menelantarkan kaum wanita dan tidak memberikannya peran kepada mereka dalam masyarakat. Karenanya mereka menyatakan, “Setengah bagian masyarakat sedang terbengkalai.” Maka kami bertanya kepada mereka, “Peran wanita yang bagaimana yang kalian maksudkan?”

Apakah kalian menginginkan agar mereka juga bisa mengerjakan pekerjaan pria?! Ini jelas akan menimbulkan kerusakan dari dua sisi:

Sisi pertama, kaum pria akan menganggur jika peran mereka diambil alih.

Sisi kedua, kaum wanita tetap tidak akan mampu mengerjakan pekerjaan kaum pria, sehingga seluruh aktifitas masyarakat akan akan terbengkalai atau lumpuh.

Penting untuk dipahami bahwa masyarakat itu terdiri dari kumpulan keluarga dan rumah tangga, dan setiap keluarga terdiri dari pria dan wanita. Yang wanita mengurusi semua urusan internal rumah tangga seperti, mengandung, melahirkan, menyusui, mendidik anak-anak, dan mengurus rumah. Semua urusan ini tidak mampu dilakukan oleh kaum pria, sehingga mereka terpaksa akan menyewa para wanita yang akan menjadi pembantu dan pelayan di rumah mereka. Namun, berapapun banyak jumlah pembantu, tetap saja mereka tidak akan mampu untuk mengurusi semua urusan internal rumah tangga. Belum lagi budaya dan keyakinan yang mereka miliki yang merusak pendidikan anak-anak. Atau sang ayah akan menyerahkan urusan pengasuhan anak-anaknya kepada para pembantu yang tidak mengetahui bagaimana sebenarnya kasih sayang kedua orang tua kepada anaknya. Yang mereka pentingkan hanyalah menaikkan posisi mereka, yang mana itu bisa membuat anak-anak tidak lagi mengenal kedua orang tuanya, karena keduanya hanya mementingkan bagaimana mereka menempatkan anak-anak mereka dalam situasi ini (diasuh pembantu, penj.) guna melepaskan tanggung jawab.

Sudah dimaklumi akan besarnya kepayahan dan banyaknya bahaya yang menanti kaum wanita jika mereka bekerja di luar rumah mereka. Dan sudah dimaklumi akan kekurangan mereka dalam pekerjaan di luar rumah dibandingkan pria, yang mana kekurangan itu menyebabkan tidak terpenuhinya kebutuhan masyarakat.

Dan juga sudah dimaklumi bahwa wanita yang bekerja di luar rumah akan mengisi pekerjaan kaum pria. Itu akan menyebabkan banyak pemuda yang memiliki kapabilitas tidak mempunyai pekerjaan, dan akhirnya mereka akan mengeluhkan masalah pengangguran. Sehingga jadilah kaum wanita, tidak melakukan perannya yang semestinya di dalam rumah dan tidak juga melakukan pekerjaan yang sempurna di luar rumah. Sehingga wanita itu akan menjadi ibarat burung gagak yang meninggalkan cara berjalan biasanya agar dia bisa berjalan seperti cara jalan burung puyuh. Namun hasilnya dia tidak mampu berjalan seperti cara jalan burung puyuh, dan dia juga sudah tidak mampu berjalan seperti cara jalan alaminya.

Kami mengajak kalian wahai para dai untuk menggunakan akal-akal kalian dalam permasalahan ini. Jangan sampai kalian terpengaruh oleh perasaan dan goncangan, dan terpengaruh oleh seruan orang-orang barat yang ingin kalian dan masyarakat kalian tergelincir dari petunjuk Al-Kitab dan As-Sunnah dalam mengurusi kaum wanita. Allah Ta’âlâ berfirman,

(إِن هَذَا الْقُرْآنَ يَهْدِي لِلتِي هِيَ أَقْوَمُ)

“Sesungguhnya Al-Qur`an ini menunjukkan jalan yang paling lurus.” [Al-Isrâ`: 9]

Dan Nabi shallallâhu alaihi wa sallam bersabda,

إِني تَارِكٌ فِيكُمْ مَا إِنْ تَمَسكْتُمْ بِهِ لَنْ تَضِلوا بَعْدِي: كِتَابُ اللهِ وَسُنتِي

“Sungguh aku meninggalkan kalian sesuatu yang jika kalian berpegang teguh dengannya, niscaya kalian tidak akan tersesat sepeninggalku: Kitab Allah dan sunnahku.”

Ada pelajaran berharga bagi kalian pada dua pemudi dari kota Madyan, tatkala keduanya tidak mampu mengalahkan kaum pria dalam memberi minum ternak. Sampai Musa alaihissalâm datang dengan sifat kejantanannya lalu memberikan minum untuk ternak keduanya. Kemudian salah satu dari kedua wanita ini menyarankan kepada ayahnya agar menyewa Nabi Musa untuk melakukan pekerjaan itu.

Maka kaum pria mempunyai peran di dalam masyarakat yang tidak bisa dilakukan oleh selainnya (kaum wanita). Dan sebaliknya, kaum wanita juga mempunyai peran yang tidak bisa dilakukan oleh selainnya. Jika setiap dari keduanya melakukan perannya masing-masing, maka akan sempurnalah kehidupan masyarakat.

Sebagai penutup, aku meminta kepada kalian wahai pria dan wanita yang mempunyai karya tulis dalam masalah wanita, agar kalian selalu berpikiran lurus dan tidak mengikuti perasaan kalian, yang hanya akan melahirkan banyak hal buruk di baliknya.

Aku memohon kepada Allah agar memberikan taufik kepada Kita semua menuju kebaikan dan kemaslahatan Kita bersama. Shalawat Allah senantiasa tercurah kepada Nabi Kita Muhammad.

Ditulis oleh:

Shalih bin Fauzan Al-Fauzan

Anggota Haiah Kibarul Ulama

2 Rajab 1432 H

[Sumber: [url]http://alfawzan.af.org.sa/node/13376][/url]

sumber

0
969
5
Thread Digembok
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.3KThread83.9KAnggota
Urutkan
Terlama
Thread Digembok
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.