Desain Motor Jepang Yang "Gagal" Di Pasaran Indonesia
TS
Hariardians
Desain Motor Jepang Yang "Gagal" Di Pasaran Indonesia
Langsung Saja Gan Berikut Desain Motor- Motor Jepang yang Gagal dipasaran Indonesia
Quote:
Desain motor selalu dibuat berubah agar menarik selera pembeli, tetapi tidak semua desain bisa berhasil mengambil hati konsumennya. Untuk lebih menambah nilai jual dari setiap motor, para produsen berlomba-lomba menciptakan teknologi serta tampilan yang menarik di setiap produknya.
Namun, tidak semua yang dihasilkan oleh pabrikan otomotif roda dua mendapatkan respon positif di pasar. Terkadang ide-ide ceroboh yang mereka kembangkan malah membuat motor menjadi tidak laku di pasaran, dan lebih buruk lagi ditertawakan oleh konsumen.
Berikut Penampakannya Gan
HONDA
Sebagai produsen sepeda motor nomer satu didunia, Honda jelas memiliki reputasi yang tak diragukan lagi. Produk produknya selalu laris karena memang unggul secara desain maupun teknologinya. Honda telah menjadi legenda didunia otomotif.
Kehebatan Honda ini tentu saja menjadi jaminan bahwa semua produknya akan laku diterima masayarakat. Benarkah? ternyata tidak. Fakta di indonesia membuktikan bahwa tak semua produk Honda sukses dipasaran, Berikut Produk Honda yang Gagal di Pasaran
Spoiler for Revo AT:
Honda Revo AT. Masih mengusung nama Revo dnegan harapan se sukses Revo 110, matik Honda kali ini nyleneh. bodi dan fungsi beebek betulan, mesin saja yang matik betulan. Alhasil Revo keluar dengan segenap keganjilan : rem depan dikendalikan tangan kanan, rem belakang dikendalikan kaki kanan. Lha tangan dan kaki kiri? nganggur abis! nggak tahu deh gimana rasanya naik Revo AT...
Setelah beberapa saat dilempar ke pasar, Revo AT ternyata ditanggapi dingin oleh konsumen. Konsumen masih setia dengan pilihan matik 100% atau bebek 100%. Dan Revo AT pun mendulang penjualan yang menyesakkan dada petinggi Astra Honda
Spoiler for Kirana:
Pemasaran produk Honda Kirana sangatlah kurang, iklannya saja yang ditayangkan di televisi hanya sebentar (dahulu dengan ikon Jaja Miharja dan bintang betawi lainnya) dengan konsep iklan yaitu Honda Kirana adalah motor keluarga yang dapat dipakai oleh siapa saja. Mungkin karena konsumen tidak begitu tertarik dengan Honda Kirana dan kala itu Honda Kirana hanya diproduksi dalam jumlah yang sedikit sehingga konsumen kesulitan untuk mencari Honda Kirana. Hal inilah yang mungkin menjadi alasan PT Astra Honda Motor untuk menghentikan pemasaran Honda Kirana. Apalagi dengan dilaunchingkannya Honda Karisma yang menjadi booming waktu itu maka Honda Kirana-pun seperti dilupakan dari pasar (hanya bertahan pada tahun 2002 sampai 2004)
Spoiler for CS1:
Motor yang diluncurkan pada tahun 2008 ini memang dianggap kurang menjual di pasaran. Berdasarkan data penjualan Honda sepanjang tahun 2013 silam, motor ini hanya terjual kurang dari 10 unit saja. Perbedaan yang sangat mencolok jika dibandingkan dengan angka penjualan Honda BeAT atau Vario yang berhasil mencatatkan angka jutaan unit sepanjang tahun
YAMAHA
Spoiler for Lexam:
Yamaha-pun bernasib serupa, lewat varian Yamaha Lexam-nya, di 2011 hanya terjual 6.769 unit, bahkan sepanjang 2012 ini salesnya mandeg alias tidak terjual lagi!!
SUZUKI
Spoiler for Arashi:
Alih-alih memberikan pilihan fresh buat konsumen selain di kelas 125cc, Arashi justru kurang diterima masyarakat kita karena desainnya yang kurang lazim buat sebuah motor bebek. Walhasil, Suzuki Arashi hanya menjadi “hiasan” di jalanan saking jarangnya pemakai Suzuki Arashi. Hanya orang-orang tertentu saja yang make Arashi, seperti orang yang memang pengen tampil “My style” atau memang fanatikers suzuki. Padahal kalo dicermati, Spek Suzuki Arashi ternyata sedikit di atas Shogun 125 lhoh, bahkan Shogun SP sekalipun. Contohnya penggunaan karburator 19vm pada Arashi, sementara Shogun 18ss, serta bobot yang lebih ringan dari Shogun 125. Arashi juga mengaplikasikan odometer dan indikator BBM digital seperti Shogun 125. Suzuki mengklaim Arashi memiliki torsi dan tenaga besar di kecepatan tinggi serta konsumsi BBM rata-rata 55km/l. Bahkan beberapa testimoni komentator di sebuah blog, rata-rata puas dengan performa Suzuki Arashi.
KAWASAKI
Spoiler for Zone dan Blitz:
Di masa penjualan Kawasaki zone dan Blitz lah pihak Kawasaki kecewa. Motor ini tidak begitu disukai,harga secondnya pun jeblok tidak sebagus Kaze. Dan Kawasaki Zone (harusnya ada embel-embel Kaze nya didepan) tidak layak menyandang nama Kaze,masyarakat sudah terlanjur mincintai Kaze lengkap dengan karakter dan stylenya,dan tidak mungkin disamakan dengan Zone (walau mesinnya sama)
Sekian dan Terima Kasih
Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
Quote:
Berbagai Sumber
Tambahan dari agan Randite
Quote:
Honda FIT S
Dulu ane masih kerja di AHM pas AHM keluarin model ini. Ane aja yg pegawainya ngerasa aneh soalnya:
1. Ga dapet bodi "sayap", jadi kaya "telanjang" gitu. Alasannya kata petinggi AHM waktu itu, motor dikasih sayap juga dicopot, jadi sekalian aja jualan tanpa sayap. Tapi ternyata konsumen merasa AHM jualan motor yg ga lengkap. harusnya kan dijual lengkap, mau nanti dicopot ama konsumen atau engga itu urusan konsumen
2. Lampu sen pake mika warna kuning... Please deh, ini sama aja balik ke jaman dulu... sekarang sen itu udah harus keliatan sporty, pake mika putih tapi lampu kuning...
Diubah oleh Hariardians 27-03-2015 09:40
feraldi2001 memberi reputasi
1
41K
Kutip
189
Balasan
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!