Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

alanbriliansAvatar border
TS
alanbrilians
Kecepatan air hujan
Salam super .
Dijakarta lagi musim hujan nih. dan sekarang juga lagi ujan ditempat ane .
ane dpt inspiransi dari air hujan dan buat ini thread .

agan pernah enggak sih berpikir berapa kecepatan air hujan ??
pasti agan berpikir " mana ane tau , ora urus"

setelah menyelam di mba google ane nemuin jawabannya nh gan

cekidot

rata-rata kecepatan jatuhnya air hujan hanyalah 8-10 km/jam



Selama bertahun tahun para ilmuan bingung menjelaskan kenapa rata-rata kecepatan air hujan hanya 8-10 km/jam. Karena menurut TEORI GERAK JATUH BEBAS, dengan mengabaikan gaya gesek kecepatan minimal hujan + 552,96 km/jam. kenapa segitu?? begini kronologinya:

KETINGGIAN MINIMUM awan hujan adalah 1200 meter
jadi kecepatan turunnya air hujan adalah (gaya gesek diabaikan)

V= [akar] 2 g h ========== [akar] 2 x gravitasi x tinggi
V= {akar} 2 x 9.8 x 1200
V= 153,36 m/s atau 552,96 km/jam

Coba bayangkan ketika kalian ditabrak oleh sebuah benda dengan kecepatan segitu. apa yang akan terjadi?? dengan kecepatan seperti itu, mobil sekelas F1 atau moto GP pun tidak bisa menandingi hujan. Efek yang ditimbulkan SATU TETES AIR HUJAN yang jatuh dari ketinggian 1200 m sama dengan benda seberat 1 kg dijatuhkan dari ketinggian 15 cm. Dengan melihat Volume air hujan yang sebesar itu maka satu tetes air hujan dapat menembus ke dalam tubuh kita atau minimal membuat memar. (padahal hanya KETINGGIAN MINIMUM LOH!!)
emoticon-Takut


kalau kita hitung dari ketinggian maksimum awan hujan yaitu 10.000 meter maka kecepatan air hujan yg jatuh 1593,792 km/jam !!!

Dengan memperhitungkan gaya gesek, juga belum bisa menjawab kenapa kecepatan turun hujan hanya 8 km/jam.Para ilmuan saat ini sepakat bahwa, air jatuh ke bumi dengan kecepatan yang rendah karena titik hujan memiliki BENTUK KHUSUS yang meningkatkan efek gesekan atmosfer, kemudian air hujan TERURAI UNSURNYA sehingga menjadikan air hujan lebih ringan dan membantu hujan turun ke bumi dengan kecepat-an yang lebih rendah. Andaikan bentuk titik hujan berbeda, andaikan hujan tidak terurai atau andaikan atmosfer tidak memiliki sifat gesekan (bayangkan jika hujan terjadi seperti gelembung air yang besar yang turun dari langit), bumi akan menghadapi kehancuran setiap turun hujan). Namun yang masih menjadi pertanyaan, hingga kini para ilmuwan belum menemukan apa yg menyebabkan tetesan air hujan bisa memiliki bentuk khusus dan terurai unsurnya.
.

dan ada beberapa fakta tentang hujan

1. Dalam satu detik, kira-kira 16 juta ton air menguap dari bumi


i.



Jumlah ini sama dengan jumlah air yang turun ke bumi dalam satu detik. Dalam satu tahun, diperkirakan jumlah ini akan mencapai 505x1012 ton. Air terus berputar dalam daur yang seimbang berdasarkan “takaran”.

2. Pernahkah Agan mengamati langsung air hujan ?? Jika pernah pasti Anmgan menyadari bahwa butiran air hujan berubah bentuk ratusan kali tiap detik

k



3. Apakah Agan sadar bahwa air hujan berbeda dengan air biasa yang kita minum ? kalau butiran air hujan itu dibekukan akan membentuk keping kristal yg indah, tidak seperti air biasa yang di bekukan di freezer/kulkas

s




4. Dan fakta terakhir yang paling misterius. ane sendiripun tak percaya apakah ini benar atau tidak ?? apakah ini adalah kekuatan alam ?? Bahkan hal ini sangat mengejutkan ilmuan. Hujan memiliki kemampuan untuk menghipnotis manusia untuk me-resonansi-kan ingatan masa lalu. Dan tanpa bisa mendapatkan bukti ilmiah, para ilmuan hanya bisa menyimpulkan “Di dalam hujan, ada lagu yang hanya bisa didengar oleh mereka yg rindu”. mungkin ini yg menyebabkan tingkat kegalauan orang menigkat saat hujan






Quote:


Tambahan :








Umumnya penyebab orang menjadi sakit setelah kehujanan disebabkan oleh paparan suhu dingin yang tidak biasa atau mendadak sehingga menurunkan sistem kekebalan tubuh dan penyempitan pembuluh darah.

Ketika hujan atau cuaca dingin, virus akan menyebar lebih cepat dan menginfeksi satu sama lain yang membuat seseorang menjadi lebih mudah sakit karena sistem kekebalan tubuh yang menurun.

Air hujan akan membuat suhu tubuh lebih dingin terutama di daerah kepala, kondisi ini membuat tubuh berusaha mengeluarkan energi lebih besar untuk mengurangi rasa dingin ini. Hal inilah yang membuat orang jadi sakit atau memicu sakit kepala, seperti dikutip dari Menshealth


Terima Kasih yg udah kasih cendol nya emoticon-Smilie dan Rate nya emoticon-Smilie
Ane jadi emoticon-Sorry emoticon-Sorry

sumber :'
http://www.bangkuceria.com/2014/12/m...ngkap.html?m=1'
'
http://hackinpackard.blogspot.com/20...hujan.html?m=1'

emoticon-Cendol (S)emoticon-Cendol (S)emoticon-Cendol (S)emoticon-Cendol (S)emoticon-Cendol (S)
Diubah oleh alanbrilians 23-03-2015 09:35
0
16.1K
168
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.2KThread83.6KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.