• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • WAR TORCH PERANG OBOR dari TEGALSAMBI JEPARA,warisan leluhur yang lestari hingga kini

nabsirsAvatar border
TS
nabsirs
WAR TORCH PERANG OBOR dari TEGALSAMBI JEPARA,warisan leluhur yang lestari hingga kini
Negara Indonesia tercinta ini memang Kaya akan Budaya.Termasuk salah satunya budaya Perang Obor Tegalsambi yang merupakan tradisi dari daerah Jepara.Tradisi ini digelar setiap tahun yang dihelat pada hari senin pahing malam selasa pon penanggalan Jawa. Untuk masalah bulan mengadakannya tidak ditentukan secara pasti, tetapi masyarakat disana sering mengadakan pasca panen.
Perang Obor Tegalsambi merupakan ritual di kegelapan malam ibarat perang api.Tradisi ini merupakan ciri khas dari desa Tegalsambi kecamatan Tahunan kabupaten Jepara, Jawa Tengah. Ritual ini merupakan ritual kuno sejak awal abad ke-16 yang bertahan sampai sekarang. Dalam perang obor ini peserta berjumlah empat puluh orang dibagi menjadi empat bagian dan empat wilayah di perempatan yang berjarak 100 meter ke utara, 100 meter ke timur, 100 meter ke selatan, dan 50 meter ke barat.
Sesuai namanya, yaitu Perang Obor desa Tegalsambi, ritual tradisional di kegelapan malam ibarat perang api.
Perang obor menjadi ciri khas Desa Tegalsambi dan merupakan ritual kuno sejak awal abad ke-16.
Upacara ini didasarkan atas legenda Ki Gemblong yang dipercaya oleh Kyai Babadan untuk merawat dan menggembalakan ternaknya. Namun karena terlena dengan ikan dan udang di sungai, ternak tersebut terlupakan sehingga sakit atau mati. Kyai Babadan yang tidak terima dengan kelalaian Ki Gemblong, memukul Ki Gemblong dengan obor dari pelapah kelapa. Akibatnya ia menggunakan obor serupa untuk membela diri. Tanpa diduga, benturan kedua obor menyebarkan api di tumpukan jerami di sebelah kandang..
Ternak yang awalnya sakit tiba-tiba menjadi sembuh.
Kepercayaan terhadap api obor yang mampu mendatangkan kesehatan dan menolak bala inilah yang digunakan sebagai dasar pelaksanaan upacara perang obor di Jepara yang dilaksanakan setiap Bulan Apit (Jawa) / Dzulhijah (Bulan Hijriah)
tahun ini Tradisi sedekah bumi "PERANG OBOR" 2015 desa Tegalsambi Tahunan Jepara Senin pahing, 13 April 2015 jam 19.00 wib.
Penduduk desa Tegalsambi memang tidak pernah meninggalkan tradisi ini karena menganggap dengan peperangan obor ini bisa membawa berkah dalam perayaannya. Dalam tradisi ini, tidak hanya perang obor saja yang disuguhkan, tetapi juga mengadakan pagelaran wayang kulit yang dihelat sehari semalam.
tradisi ini perlu dilestarikan karena inilah salah satu kekayaan budaya Indonesia dan hal itu memiliki daya tarik tersendiri yang tidak ternilai harganya.salah satu upacara tradisional yang dimiliki oleh masyarakat Kabupaten Jepara, khususnya Desa Tegal Sambi, Kecamatan Tahunan, Kabupaten Jepara Jawa Tengah Indonesia.

Datang dan Hadirilah



Foto Kronologis Upacara Perang Obor Tegalsambi Jepara 2014
















































versi BW gan

















Nb: foto by anis hartanto dan fajril sobah
jangan lupa bagi cendolnya gan emoticon-Ngakak (S)emoticon-Cendol (S)
Diubah oleh nabsirs 23-03-2015 21:34
0
2.4K
22
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.7KThread82.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.