Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

mosquit0Avatar border
TS
mosquit0
Tragedi Black September dan Operasi Wrath of God
malam, emoticon-Blue Guy Peace

sudah beberapa puluh tahun lamanya Israel dan sepupu Palestinanya berkonflik yang berlangsung sampai dengan saat ini, salah satu episode dalam konflik tersebut terjadi pada tahun 1972 diawali dari pembantaian atlet Israel di olimpiade Munich yang juga dikenal dengan tragedi Black September.

thread ini pengen bercerita sepintas tentang peristiwa tersebut dan kejadian sesudahnya yaitu pembalasan oleh Israel yang melibatkan Mossad dalam usahanya untuk mengejar pelaku dan perancang tragedi tersebut.

mudah mudahan belum repost dan bisa jadi bacaan yang menghibur, thanks.

Quote:




PERISTIWA "BLACK SEPTEMBER"

Di pagi hari tanggal 5 September 1972, enam anggota kelompok bersenjata yang dikenal sebagai Black September mengenakan pakaian atlet Olimpiade negara-negara Arab dan melompat pagar yang mengelilingi camp Olimpiade di Munich, Jerman, membawa tas penuh dengan senjata. Meskipun penjaga melihat mereka, para penjaga menduga mereka adalah atlet karena atlet sering melompati pagar selama kompetisi untuk kembali ke tempat tinggal mereka.

Setelah berubah menjadi penyamaran, kelompok bersenjata , yang membawa senapan mesin, menerobos masuk ke apartemen dari 21 atlet dan pejabat Israel. Yossef Gutfreund, wasit gulat mencoba untuk mencegat kelompok bersenjata ini keluar, menyelamatkan Tuvia Sokolovsky, yang mampu memanjat keluar jendela dan melarikan diri. Di apartemen lain, Moshe Weinberg ditembak 12 kali tapi masih berhasil melukai salah satu teroris dan menyelamatkan nyawa salah satu rekan tim mereka.

kelompok ini berhasil mengambil sembilan sandera sebelum menuntut pembebasan 234 tahanan-yang kebanyakan adalah kelompok perlawanan Palestina. Tuntutan yang awalnya di tolak, tapi akhirnya disepakati bahwa tawanan dan sandera akan dibawa ke bandara Furstenfeldbruck dengan helikopter dan diberi pesawat.

Pemerintah Jerman merencanakan penyergapan di bandara, penempatan penembak jitu di sekitar landasan pacu dan petugas di pesawat. Namun, rencana tersebut berantakan ketika petugas di pesawat, khawatir tentang kurangnya persiapan,. Penembak jitu yang disiapkan tidak mampu menjangkau secara efektif seluruh kelompok bersenjata dengan baik, sebagian karena Jerman tidak menyadari bahwa dua teroris lainnya telah bergabung dengan serangan Black September.

Akhirnya penyergapan dilakukan. Tiga anggota kelompok bersenjata di tembak , tapi yang lain bisa bersembunyi dari jangkauan penembak jitu. Salah satu melemparkan granat ke sebuah helikopter di mana lima sandera masih diikat, langsung membunuh mereka semua. Anggota bersenjata yang lain menembakkan senapan mesin ke dalam helikopter lain, membunuh para sandera yang tersisa.

Dua puluh jam setelah peristiwa Black September di mulai , seorang pejabat polisi Jerman, 5 orang Palestina, dan 11 atlet Israel terbaring mati. Tiga kelompok bersenjata yang selamat dipenjara tapi dibebaskan sebulan kemudian ketika orang-orang Arab membajak sebuah Lufthansa 727 dan menuntut pembebasan mereka.

Beberapa hari setelah peristiwa tragis di Olimpiade, Israel membalas dengan serangan udara terhadap Suriah dan Lebanon, menewaskan 66 orang dan melukai puluhan. Selain itu, Israel mengirim pasukan pembunuh untuk memburu anggota kelompok bersenjata, sementara pasukan Israel menerobos perbatasan Lebanon, memicu pertempuran terberat sejak Perang Enam Hari tahun 1967.

artikel pic asli di http://rizalariyan.blogspot.com/2014...september.html

Quote:





------- emoticon-Ngacir
bam09
bam09 memberi reputasi
1
27K
74
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Sejarah & Xenology
Sejarah & XenologyKASKUS Official
6.5KThread10.5KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.