Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

karir.comAvatar border
TS
karir.com
Mari belajar bahasa Asing
Quote:


Langsung aja ya gan

Mari belajar bahasa Asing
gambar diambil dari techlicious.com

Jika kita google, maka Bahasa yang paling banyak digunakan di dunia ini BUKAN bahasa Inggris. Namun, bahasa Mandarin.

Dengan lebih dari 1 milyar penduduk dunia menggunakan bahasa Mandarin, maka apakah sebaiknya kita belajar bahasa Mandarin daripada belajar bahasa Inggris yang ‘hanya’ digunakan oleh 600 juta penduduk?

Spoiler for bahasa inggris:

Spoiler for Bahasa Mandarin:

Saya pernah merekrut seorang konsultan berkebangsaan Kanada namun fasih berbahasa Mandarin karena Ia memang pernah bekerja di Beijing selama 7 tahun. Harapan saya, dengan kemampuan berbahasa Mandarin-nya, Ia akan banyak membantu untuk membantu saya dealing dengan perusahaan dari Cina atau bahkan dari negara tetangga, Singapura.
Kenyataannya, selama setahun bekerja di Jakarta, bisa dibilang hanya bahasa Inggris yang Ia gunakan untuk berinteraksi dengan klien – klien saya. Bahkan ketika Ia harus berhadapan dengan perusahaan besar dari Cina, ternyata Ia tetap menggunakan bahasa Inggris.

Quote:


Nah...
Di lain kesempatan, saya sempat menjadi pembicara untuk EF (English First) yang belum lama ini mempublikasikan studi tahunan mereka.

Mari belajar bahasa Asing
gambar diambil dari bendrabuciai.ktu.edu

Berdasarkan studi itu, Indonesia berada di peringkat ke 28 dari 63 negara dalam tingkat kemampuan bahasa Inggris. Jauh di bawah Singapura dan Malaysia. Padahal menurut penelitan itu juga, ada korelasi positif antara kemampuan berbahasa Inggris dengan ukuran sosial dan ekonomi. Artinya, negara yang memiliki tingkat kemampuan bahasa Inggris yang tinggi, umumnya memiliki ukuran sosial dan ekonomi yang lebih baik. Ya... yang satu ini masih perlu dan bisa didebatkan... But, that’s not my point.
Mari belajar bahasa Asing
gambar diambil dari img189.imageshack.u
Dulu...
Masih ada beberapa perusahaan (termasuk perusahaan Multinasional) yang tidak terlalu memusingkan kemampuan berbahasa Inggris, terutama untuk beberapa posisi yang memang dirasa bahasa Inggris tidak terlalu penting. Misalnya, untuk posisi engineering, technical, dan Sales. Ya, posisi di Sales (dulu) tidak terlalu penting, seorang kandidat bisa berbahasa Inggris atau tidak.
“Asal ngerti aja cukup lah...” begitu kira-kira request dari klien saya dulu. Logikanya, khan jualan dan operasionalnya di Indonesia. Gak gitu pentinglah bahasa Inggris. Itu dulu.

Mari belajar bahasa Asing
gambar diambil dari bakesbangpoljakarta.com
Sekarang...
Sayangnya, tidak. Bisa dibilang hampir semua perusahaan terbaik saat ini mengutamakan kemampuan berbahasa Inggris sebagai persyaratan utama bahkan untuk posisi di Sales. Baik itu perusahaan Asing Multinasional dan bahkan perusahaan lokal.
Dunia semakin flat. Jarak sudah tidak lagi menjadi masalah. Perusahaan lokal sudah bisa menembus pasar di luar Indonesia. Perusahaan Asing semakin banyak yang ingin masuk ke Indonesia. Nah.
Beberapa HR Director yang saya tanyakan menjawab, “Karena sekarang kesempatan bagi profesional di Sales untuk bekerja di kantor kita di luar negeri semakin besar.” Kesempatan menjadi ekspatriat merupakan kesempatan luar biasa yang tentu saja akan menambah kasanah pengetahuan dan pengalaman yang amat sangat berharga.
Kalau Anda penasaran, banyak profesional Indonesia yang menjadi ekspatriat di negeri orang sebagai manajer level atas. Bukan TKI ya. Mereka adalah profesional yang paling banyak dicari perusahaan.

Quote:

Berikut list film-film yang menurut saya bisa Anda tonton :
Spoiler for 1. Harry Potter:

Spoiler for 2. Hunger Games:


Spoiler for 3. Toy Story:


Spoiler for 4. The Truman Show:

Spoiler for 5. Hotel Rwanda:

Spoiler for 6. James Bond (semuanya):


Spoiler for 7. Forrest Gump:

Spoiler for 8. The Sound of Music (Classic):

Spoiler for 9. It’s a Wonderful Life:


Spoiler for 10. The Sixth Sense:


Tonton film di atas dengan menggunakan subtitle bahasa Inggris. Bukan dengan subtitle bahasa Indonesia! Pegang kamus dan remote. Bila ada kata yang tidak Anda mengerti, tekan Pause dan cari jawabannya di kamus. Cobalah cara ini, dan saya jamin spektrum

Mari belajar bahasa Asing
gambar diambil dari blog.tranquilene.com
Mari belajar bahasa Asing
gambar daimbil dari learnenglishteens.britishcouncil.org
Reading and ListeningAnda akan meningkat.
Tinggal satu spektrum lagi :
Mari belajar bahasa Asing
gambar diambil dari diannej.com
speaking.
Ini ya practice by doing. Gak ada jalan lain selain mempratekannya. Cari lawan bicara yang mau diajak menjadi partner berbahasa Inggris.
Bisa berbahasa Inggris gak harus mahal. Tapi, kalau memang punya uang ya, gak ada salahnya juga investasi ke sini.


Dino Martin
CEO karir.com
Diubah oleh karir.com 19-03-2015 10:11
0
6K
34
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Lowongan Kerja
Lowongan KerjaKASKUS Official
159.3KThread12.1KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.