Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

windakusuma2Avatar border
TS
windakusuma2
Istana Tuyul di Gunung Suru, Sleman
SLEMAN - Istana tuyul di Gunung Suru, Jogotirto, Berbah, Sleman, bukan sebuah cerita khayal atau dongeng semata. Namun, eksistensi adanya istana tuyul di Gunung Suru tersebut memang benar adanya.

Konon, dahulu ada seorang juru kunci yang menjadi perantara bagi pencari tuyul di Gunung Suru. Namun, orang itu sudah meninggal dunia sekira delapan tahun silam.

"Kalau dulu ada juru kuncinya, Mbah Wongso, warga Watuadeg. Bilang Mbah Wongso Watuadeg, semua sudah tahu kalau dia itu orang pinter (dukun). Biasanya menggantarkan seseorang untuk mencari tuyul di Gunung Suru," ujar Sulis, warga Jogotirto, Berbah, Sleman, ditemui Okezone, Kamis (19/3/2015).

Perkampungan Watuadeg sendiri berada di sisi utara kaki Gunung Suru. Konon, warga sekitar tidak bisa memiliki tuyul yang berasal dari Gunung Suru. Penyebabnya, sang Tuyul tidak nyaman tinggal di rumah pemiliknya dan memilih kembali ke Gunung Suru.

"Kalau pemiliknya warga sekitar, katanya tuyul akan pulang ke Gunung Suru karena teman-temannya banyak," imbuhnya.

Dia tidak mengetahui apakah masih ada atau tidak orang yang mencari tuyul di Gunung Suru. Namun, sepeninggal Mbah Wongso, fenomena mencari tuyul sepi peminatnya.

"Enggak tahu kalau sekarang, coba ke Watuadeg, siapa tahu keturunannya Mbah Wongso nerusin usaha bapaknya atau tidak," ujarnya.

Perjalanan Okezone menuju perkampungan di Watuadeg tak begitu sulit. Jalan aspal yang ada cukup bagus untuk dilintasi kendaran roda dua.

Menurut warga Watuadeg, fenomena mencari tuyul di Gunung Suru masih ada. Hal itu terlihat dari banyak tamu asal luar kota yang mendatangi rumah milik almarhum Mbah Wongso.

Warga setempat yang tak mau diungkapkan namanya menyebut usaha Mbah Wongso diteruskan sang anak. Namun, apakah masih melakukan ritual mencari tuyul, pria paruh baya itu tak mau menjawab secara rinci.

"Diteruskan anaknya, Bu Warti. Suaminya, Mbah Timbul. Lebih baik tanyakan langsung saja pada yang bersangkutan," ujar pria yang mewanti-wanti tak mau ditulis namanya itu.

[URL="okz.me/SCYB "]sumber[/URL]

jaman udah moderen tapi masih ada yg bginian yah
percaya ga percaya sih, tapi ane sendiri pernah liat tuyul di rumah temen lgi buka dompet nyokap tmen ane di kamar
ga ngerti salah liat atau itu emang manusia beneran, tapi ane liat anak kecil di rumah temen ane itu lgi buka-buka dompetemoticon-Bingung emoticon-Bingung emoticon-Bingung emoticon-Bingung
0
11.3K
69
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.4KThread84.4KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.