Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

yokonoAvatar border
TS
yokono
Dirazia, pengemis di Aceh ini punya paspor, emas dan uang jutaan
Dirazia, pengemis di Aceh ini punya paspor, emas dan uang jutaan

Dirazia, pengemis di Aceh ini punya paspor, emas dan uang jutaan

Sebanyak 6 orang Gelandang dan Pengemis (Gepeng) ditangkap Satpol PP yang beroperasi di kawasan Banda Aceh, Rabu (18/3) sekira pukul 17.00 WIB. Hal yang mencengangkan, petugas mendapatkan emas, uang rupiah hingga ringgit Malaysia.

Bahkan salah seorang dari mereka yang memiliki emas mengaku, perhiasan ini yang didapatkan dari mengemis di Banda Aceh untuk bekal menikah. Mereka sudah mengemis di Banda Aceh selama 1 bulan lebih.

"Salah satu pengemis menjawab, emas yang dimilikinya untuk mahar menikah," jelas Kepala Dinas Sosial dan Tenaga Kerja Kota Banda Aceh, Tarmizi Yahya yang juga ikut hadir di lokasi.

Selain memiliki paspor, emas dan ringgit, di antara gepeng ini juga memiliki uang pecahan Rp 100 ribu dan Rp 50 ribu sebanyak Rp 1,8 juta, termasuk ringgit. Gepeng yang memegang ringgit mengaku dia hendak berangkat ke Malaysia kembali, namun butuh ongkos untuk keberangkatannya.

"Bahkan ada satu orang yang pegang uang ringgit, dia itu hendak berangkat kembali ke Malaysia, maka cari uang dulu di Banda Aceh dengan mengemis," jelasnya.

Tarmizi mengaku, ini bukan penangkapan, akan tetapi mereka akan dikumpulkan di rumah penampungan di Ladong, Aceh Besar. Setelah diberi bekal berupa keahlian, kemudian dikembalikan pada keluarganya masing-masing. "Ini dengan harapan dapat mandiri dengan usahanya dan tidak mengemis lagi," katanya.

Sementara itu, Wakil Kapolsek Baiturrahman, Iptu Suwandi Desky dalam kesempatan yang sama membenarkan proses penangkapan gepeng ini. Katanya, dirinya juga sempat heran ketika melihat barang-barang berharga yang dimiliki para gepeng.

"Namun perlakuan terhadap mereka sangat humanis, tidak ada kekerasan dari petugas. Saya pikir ini untuk masa depan mereka juga. Dengan dikumpulkan dan dibina tentunya mereka akan punya modal untuk mengarungi hidup tanpa mengemis lagi," ujarnya.

Para gepeng ini sempat dibawa ke kantor Satpol PP dan WH Kota Banda Aceh sebelum akhirnya di bawa ke rumah penampungan milik Dinas Sosial Provinsi Aceh di Ladong, Aceh Besar.

http://www.merdeka.com/peristiwa/dir...ng-jutaan.html

mencoreng moreng para pengemis asli....
0
2.6K
23
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
672KThread41.7KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.