Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

tiar0093Avatar border
TS
tiar0093
Mendikbud: Pola Pikir Orang Indonesia Seperti Kolonial
Masyarakat Indonesia hanya berpikir soal sumber daya alam.

VIVA.co.id - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia, Anies Baswedan, menilai, cara berpikir masyarakat Indonesia masih seperti orang kolonial penjajah seperti dulu.

Ha itu diungkapkan Anies, lantaran masyarakat Indonesia hanya berpikir mengenai bagaimana terus menggali sumber daya alam. Dan melupakan mempersiapkan sumber daya manusia yang berkualitas, untuk menjadi tenaga ahli untuk mengolah sumber daya alam.

"Sampai saat ini orang kita menganggap kita masih kaya minyak. Sebenarnya kita masih berpikir seperti kolonial. Yang dipikirkan hanyalah sumber daya alamnya, manusianya tidak dipikirkan," ujarnya di The Energy Building Jakarta, Sabtu, 14 Maret 2015.

Menurutnya, kekayaan terbesar Indonesia saat ini adalah kepada SDM-nya. Maka, pihaknya akan mengubah konsentrasi pendidikan di mana akan menciptakan SDM Indonesia menjadi tenaga kerja yang berkualitas.

"Selama ini konsentrasi pendidikan itu ada di kurikulum. Padahal harus ada di manusianya, yaitu para guru. Bagaimana cara meningkatkan kualitas guru dan kepala sekolah untuk menciptakan generasi yang berkualitas," tuturnya.

Anies mengungkapkan, bahwa pada lima tahun ke depan perlu ada strategi untuk merencanakan SDM yang berkualitas. Hal itu akan diwujudkan dengan meningkatkan kualitas guru, memproyeksikan tren kebutuhan tenaga kerja Indonesia, energi yang mendukung fasilitas pendidikan, dan menyiapkan tenaga kerja sesuai dengan kebutuhan daerah.

"Materi-materi pelajaran kita menjadikan mimpi kita jadi orang kota. Oleh karena itu, kita harus menyiapkan tenaga kerja sesuai dengan kebutuhan daerah," ujarnya.

SUMBER
0
5.9K
91
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671.8KThread41.5KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.