Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

ibnu1976Avatar border
TS
ibnu1976
Pelemahan Rupiah Bawa `Berkah` untuk Negara
Meski sudah di atas asumsi dalam APBN, Menteri Keuangan menegaskan pelemahan nilai tukar tidak membahayakan anggaran negara.

Dream - Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro memastikan kondisi moneter dan sektor keuangan secara makro saat ini berada pada posisi yang stabil dan terjaga meski nilai tukar rupiah terus melemah

Seperti diketahui, hingga hari ini nilai tukar rupiah hampir mencapai Rp 13.200 per dolar AS. Realisasi ini jauh di atas asumsi dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN-P) sebesar Rp 12.500 per dolar AS.

Bambang menilai pelemahan nilai tukar rupiah dalam beberapa waktu terakhir tersebut tidak membahayakan dari sisi fiskal. Hal ini justru akan menciptakan tambahan surplus pada anggaran, dan tidak membahayakan anggaran secara keseluruhan.

“Setiap pelemahan sebesar Rp1 dalam nilai tukar, kita justru akan menciptakan tambahan surplus di anggaran, setelah melihat selisih antara tambahan penerimaan dari migas dan pertambangan, royalti dan bagi hasil migas dikurangi dengan tambahan pembayaran bunga utang, selisihnya itu adalah tambahan surplus ke anggaran,” ujar Bambang seperti dikutip dari laman kemenkeu.go.id, Rabu, 11 Maret 2015.

Menurut Bambang, risiko fiskal tahun 2015 yang utama bukan datang dari nilai tukar, tetapi berasal dari target penerimaan berupa pajak. “Kalau kita membicarakan risiko fiskal tahun 2015, risiko itu lebih kepada target penerimaan, terutama pajak,” tandasnya.

sumber

Spoiler for Menkeu Tanggapi Santai Pelemahan Rupiah:


=======================
Ane pernah ngalamin era Orba yang katanya otoriter, tapi sepanjang yang ane inget, enggak ada menteri yang omongannya gak jelas n gak cerdas kayak gini....

Spoiler for DOLLAR TEMBUS ANGKA 13000, KOK SITU GAK SEDIH-SEDIH?:
0
3.1K
38
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671.8KThread41.5KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.