Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

pororo.Avatar border
TS
pororo.
Sekilas Kota Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur
Selamat Datang di Kupang, Nusa Tenggara Timur


Bagi agan-agan yang berencana pergi ke Nusa Tenggara Timur, ane Cuma mau sedikit mengulas memberi informasi kecil tentang Kota Kupang dan sekitarnya, kebetulan ane baru aja dari sana emoticon-Traveller. Ternyata Kupang lebih maju dari yang ane bayangkan. Berikut sedikit ulasan dari ane gan hehe…emoticon-Blue Guy Peace

Kupang adalah sebuah kotamadya merupakan ibu kota provinsi Nusa Tenggara Timur, yang terletak di bagian barat laut pulau Timor. Kota Kupang dihuni oleh berbagai suku bangsa yaitu Timor, Rote, Sabu, Tionghoa, Flores dan sebagian kecil pendatang dari Jawa dan Bugis. Kota Kupang ini panas banget gan, daerahnya berbukit-bukit yang tersusun dari batu gamping sehingga kesannya tandus, tapi katanya memang pas ane datang bulan oktober 2012 itu pas lagi panas-panasnya di Kupang, musim hujan baru datang sekitar akhir tahun. Kata orang sono kalo musim hujan Kupang ga terlihat seperti daerah tandus, malah terlihat subur emoticon-Bingung (S). Tapi memang ane juga nemuin daerah yang agak hijau serasa bukan di Kupang gan.
Spoiler for kupang gersang sekaligus hijau:


Spoiler for kota Kupang:


Bandar udara di Kupang bernama El-Tari yang menurut ane cukup padat walaupun sederhana tapi bandara ini beroperasi penerbangan domestik dan internasional. Bandara ini menghubungkan Kota Kupang dengan kota-kota lain di Nusa Tenggara Timur, dan banyak kota besar di Indonesia Gan antara lain Jakarta, Surabaya, , Yogyakarta, Semarang, Mataram, Denpasar dan Makassar emoticon-Belo. Maskapai-maskapainya Merpati Nusantara, Garuda Indonesia, Batavia Air, Lion Air, Wings Air, Sriwijaya Air, TransNusa , aviastar dan Susi Air.Selain itu bandara ini juga mempunyai penerbangan langsung dari dan ke luar negeri, yaitu ke Australia dan Timor Leste.
Spoiler for bandara:

Infrastruktur Pelabuhan di Kupang ternyata cukup memadai gan emoticon-Smilie, selain melayani kapal-kapal penumpang atau feri, juga terdapat pelabuhan khusus barang disertai terminal peti kemas. Pelabuhan melayani kapal penumpang menuju kota-kota di NTT seperti Rote, Sabu, Ende dll juga kapal-kapal dengan tujuan Pulau Jawa, Sulawesi dll. Pelabuhan ini terletak di daerah Tenau, Kabupaten Kupang.
Spoiler for pelabuhan:

Dari pengamatan ane listrik di Kupang disuplai oleh PLTD yang juga terletak di daerah Tenau. Infrastruktur strategis lainnya ada Pabrik semen Kupang dan saat ini juga sedang dibangun kawasan industry terpadu di daerah Bolok yang jaraknya ga jauh dari Pelabuhan. Di kawasan industri tersebut sedang dibangun juga PLTU untuk membantu supply listriknya, mantap gan emoticon-I Love Indonesia (S)emoticon-I Love Indonesia (S).
Spoiler for infrastruktur:

Pariwisata daerah ini antara lain umumnya adalah pantai, Cuma ane ga sempat lama-lama disana ane Cuma dating ke daerah pasir panjang, ada pantai yang lumayan rame disana. Kuliner di sini antara lain sea food yang bisa ditemui di pinggir pantai berupa restoran-restoran dengan konsep wilayah terbuka disertai live music serasa di Bali gan emoticon-Malu (S), dan harga makanan disini ga mahal-mahal amat gan malah mungkin lebih miring daripada di Jakarta.
Spoiler for pantai:

Transportasi dalam kotanya ada angkutan kota yang disebut bemo, kalo taxi ane Cuma liat taxi bandara aja gan. Akses jalan sudah bagus gan, malahan jalan menuju Timor Leste pun sudah aspal mulus, makanya banyak mobil berplat nomor Timor Leste datang kesini umumnya mereka berbelanja untuk dijual lagi di Timor Leste, rata-rata mobil eks luar negeri yang jarang beredar di jalanan Indonesia.
Oleh-oleh dari Kupang antara lain kain tenun khas NTT, pernak-pernik dari kayu cendana, souvenir-souvenir khas NTT seperti sasando dan topi tradisional Rote yang disebut Ti’I Langga selain itu ada juga daging kering semacam dendeng namun kata yang jual sih lebih enak dari dendeng. Kain tenun tiap daerah di NTT punya motif beda-beda gan dan harganya juga beda. Kalo ane beli yang dari Timor harganya lebih murah, dibanding motif dari Sabu, atau Alor, mungkin transport dari pulau-pulau itu yang bikin mahal kali ya gan. Tempat beli oleh-oleh yang relatif lebih murah ada di sekitar pasar inpres naikoten.
Spoiler for souvenir:

Sekian ulasan dari ane gan maaf kalo fotonya kurang bagus soalnya ane kebanyakan foto dari mobil, ga sempat berlama-lama hunting fotonya gan. Semoga bisa ngasih gambaran bagi agan-agan yang mau pergi atau berencana pergi ke NTT.
Spoiler for kupang:


Ayo gan berpariwisata di dalam negeri, masih banyak tujuan wisata yang menarik di Indonesiaemoticon-2 Jempol

emoticon-I Love Kaskusemoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Kaskus
Diubah oleh pororo. 22-10-2012 17:04
0
11.7K
63
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.1KThread83.4KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.