riowoodAvatar border
TS
riowood
Mengenang 60th Bom di Tokyo
10-3-1945: AS Jatuhkan 2.000 Ton Bom di Tokyo





VIVA.co.id - Sedikitnya 100.000 warga sipil tewas akibat serangan yang dilakukan Amerika Serikat (AS) di Tokyo, Jepang, 10 Maret 1945. Sebanyak 300 pesawat pembom dikerahkan, pada hari kedua serangan di ibukota Jepang itu.

Dilansir dari laman History, hampir 2.000 ton bom dijatuhkan, mengakibatkan kehancuran yang luar biasa dalam upaya menjatuhkan moral orang Jepang, serta memaksa mereka menyerah dalam Perang Dunia II.

Serangan itu merupakan operasi pengeboman pertama yang dilakukan AS terhadap Jepang. Pesawat pembom B-29S memulai serangan pada pagi hari, dengan menjatuhkan bom napalm dan magnesium.

10-3-1959: Pemberontakan di Tibet

Ribuan ton bom dijatuhkan ke kawasan pemukiman warga sipil di sepanjang Sungai Sumida, sebelah timur Tokyo. Kebakaran meluas dengan cepat, pada rumah-rumah orang Jepang yang terbuat dari material kayu dan kertas.

Oksigen berubah menjadi gas mematikan karbon monoksida. Sebagian besar korban tewas dengan kondisi mengerikan, terpanggang di tengah kebakaran hebat di Tokyo. Sebagian juga karena kehabisan oksigen.

Bahkan mereka yang berusaha menyelamatkan diri dengan terjun ke sungai, mati karena panasnya air sungai yang mendidih. Hingga sembilan hari berikutnya, AS melakukan serangan serupa di Nagoya, Osaka dan Kobe.

Puncak serangan AS adalah pada Agustus 1945, dengan dijatuhkannya dua bom atom di Hiroshima dan Nagasaki, yang akhirnya membuat Jepang menyerah.


http://m.news.viva.co.id/news/read/5...n-bom-di-tokyo


momen berakhirnya PDII
Diubah oleh riowood 10-03-2015 09:14
0
1.6K
16
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita Luar Negeri
Berita Luar NegeriKASKUS Official
79.1KThread10.8KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.