Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

lvcAvatar border
TS
lvc
Skylift Tertinggi di Asia tenggara
Skylift Tertinggi di Asia tenggara


Skylift Tertinggi di Asia tenggara

Solopos.com, JAKARTA — Si jago merah yang melalap Gedung Wisma Kosgoro, di Jl. M.H. Thamrin, Jakarta Pusat, sejak Senin (9/3/2015), membuat segenap petugas pemadam kebakaran DKI Jakarta nyaris kewalahan. Alat bantu Bronto Skylift pun digunakan untuk membantu pemadaman api.

Dilansir Detik, Selasa (10/3/2015), api membakar lantai ke-16 hingga ke-20 Gedung Wisma Kosgoro. Ketinggian gedung yang mencapai 20 lantai, membuat Dinas Pemadam Kebakaran DKI Jakarta mengeluarkan alat bantu Bronto Skylift, untuk dapat menjangkau gedung.

Bronto Skylift memiliki daya jangkau setinggi 100 meter. Menurut Kasie Ops Damkar Jakpus, Mochtar Zakaria, alat tersebut tergolong ampuh dalam proses pemadaman kebakaran di Wisma Kosgoro ini.

Menurut Mochtar, Bronto Skylift baru ada satu unit di Indonesia dan perdana digunakan di kebakaran Wisma Kosgoro ini. Alat ini juga digadang-gadang tertinggi di Asia Tenggara.

“Alat ini merupakan satu-satunya di Indonesia, mungkin juga paling tinggi di Asia Tenggara,” ujar Mochtar di depan Gedung Kosgoro, Selasa.

Berdasarkan pengamatan Mochtar, di penggunaan perdana Bronto Skylift, alat tersebut menunjukkan performa yang memuaskan. Alat tersebut ditumpangi para petugas pemadam kebakaran, untuk mengecek kondisi dalam gedung di lantai ke-16 hingga ke-18.

Menurut Mochtar, di Jakarta setidaknya dibutuhkan lima unit Bronto Skylift, yang merupakan produk keluaran terbaru di 2015 ini. Baginya, alat tersebut sangat menunjang untuk kelancaran evakuasi kebakaran gedung tinggi.

“Harusnya di Jakarta butuh lima alat di wilayah yang banyak gedung-gedung tinggi,” ujar Mochtar.

Sebelumnya, dikabarkan Liputan6, Selasa, Gedung Wisma Kosgoro yang dibangun pada 1970 tersebut, terbakar pada Senin, sekitar pukul 18.30 WIB. Awalnya, api berkobar di lantai ke-16. Selasa dini hari sekitar pukul 00.30 WIB, api dinyatakan padam, namun kemudian berkobar lagi sekitar pukul 06.22 WIB. Api merembet sampai di lantai ke-17, ke-18, ke-19, dan ke-20.

Melalui pantauan Solopos.com pada akun Twitter Traffic Management Centre (TMC) Polda Metro Jaya, @TMCPoldaMetro, Selasa, sekitar pukul 13.00 WIB, api dikabarkan berhasil dipadamkan oleh tim pemadam kebakaran.

SOURCE

Skylift Tertinggi di Asia tenggara
0
3.3K
22
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.3KThread84KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.