RiftsAvatar border
TS
Rifts
[INFO] Inilah Alasan Mengapa Pemilik UKM Harus Mengerti SEO dan Online Marketing
SEO atau optimasi mesin pencari atau search engine optimization selama ini mungkin hanya sering dipelajari dan diaplikasikan oleh para Internet Marketer yang penghasilannya berasal dari "dunia online".

Namun sekarang karena makin tingginya jumlah pengguna internet dan frekuensi penggunaan internet, terutama mesin pencari Google, maka tak jarang orang yang mencari jasa, produk, atau layanan melalui search engine.

Anda sebagai pemilik bisnis kecil-menengah sangat bisa memanfaatkan potensi yang luar biasa dari pasar online ini.



Apa nggak buang-buang waktu tuh?
Sebagai pemilik bisnis, anda pastinya sibuk mengurus bisnis anda, ya kan? "Buat apa sibuk-sibuk mempelajari SEO atau mengaplikasikan SEO yang saya belum tau manfaatnya?"

SEO itu salah satu bentuk pemasaran moderen yang biayanya bener-bener kecil, gan. Bahkan bisa tanpa biaya sama sekali kalau anda gak mau keluar biaya. Kok bisa tanpa biaya?

Okelah butuh sedikit biaya, minimal untuk membuat website sendiri. Untuk website standar, harganya gak sampai Rp 500 ribu per tahun atau cuma Rp 1.400 per hari, lebih kecil daripada biaya makan kita 1 porsi. Itu aja, selain itu gak butuh biaya apapun lagi.

Untuk mempelajari SEO anda tidak butuh biaya sama sekali. Sudah ada ratusan atau bahkan ribuan panduan belajar SEO untuk pemula yang belum ngerti apapun sampai mahir yang tersedia secara gratis. Kalau saya sekarang baru mulai belajar, maksimal besok pasti saya udah ngerti dan siap mengaplikasikan.

Jadi mempelajari SEO sama sekali tidak buang-buang waktu dan uang.

Seberapa penting sih SEO untuk UKM?
Sekarang ini sebenarnya sudah banyak bisnis offline yang terjun ke dunia offline. Tapi melalui pasar online seperti FJB Kaskus, OLX, Berniaga, atau direktori usaha.

Karena banyaknya bisnis offline yang bisa ditemukan di online ini, kebiasaan masyarakat juga berubah. Kita jadi makin sering mencari bisnis di Google.

Misalkan Pak Budi dari Surabaya ingin pasang batu koral di depan rumahnya, tapi sama sekali gak tau sebelumnya siapa penyedia jasa batu koral ini. Dalam kasus ini, Pak Budi pasti nyari ke Google atau tanya ke kenalannya.

Sekarang bayangkan kalau anda seorang penyedia jasa batu koral di Surabaya, Pak Budi ketemu dengan website anda yang lengkap isinya dengan nomor HP, Alamat, dan keterangan lain. Pasti kemungkinan besar Pak Budi bakal milih usaha agan. Hebatnya, ada ratusan orang lain yang punya masalah seperti Pak Budi.

Berdasarkan data yang saya baca sebelumnya, lebih dari 60% orang yang menemukan jasa/produk yang dia cari dari Google bakal beli langsung.

Apalagi sekarang perangkat mobile makin banyak
Para pencari layanan di mesin pencari ini sebagian besar menggunakan perangkat mobile, HP Android, iPhone, dan tablet. Alasannya karena bisa dari manapun asal ada koneksi.

Saya pribadi juga kalau nyari jasa apapun sekarang biasanya dari Google dulu via HP sebelum tanya orang lain.

Karena pengguna mobile makin banyak, maka pencari layanan di Google juga otomatis makin banyak.

Lebih cepat lebih baik
Sekarang saingan masih sedikit, karena pemilik bisnis UKM memang belum pada melakukan online marketing. Justru sekarang ini kesempatan emas buat anda.

Bangun pilar bisnis anda di dunia maya dari sekarang sebelum saingan anda muncul. Semakin cepat anda masuk ke dunia ini, bakal makin sulit anda dikalahkan oleh saingan. Serius..

Mulainya dari mana nih?
Saran saya, pertama-tama bikin website dulu. Blog pun cukup, asalkan itu milik kita sendiri. Saya ada panduannya kalau agan mau membuat blog yang profesional.

Kedua, pelajari dasar SEO kalau agan sama sekali belum paham. Walaupun SEO ini bisa outsource, tapi sebagai pemilik bisnis sangat penting untuk paham dasarnya.

Terakhir, karena ini SEO untuk UKM, ada sedikit tambahan tekniknya. Sebutannya SEO Lokal. Supaya bisnis agan munculnya di mesin pencari lebih unik daripada website lain, perlu melakukan beberapa langkah dalam SEO lokal ini.

Yang mau belajar bisa baca panduan ini untuk mulai


Itu aja gan. Total belajarnya gak lebih dari 1 hari kalau emang niat. Prosesnya juga gak lama.

Kalau ada yang mau tanya-tanya silahkan disini juga boleh.
0
1.7K
10
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Penawaran Kerjasama & Investasi
Penawaran Kerjasama & InvestasiKASKUS Official
28.5KThread3.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.