Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

wantadAvatar border
TS
wantad
(Berita Adiknya Wowo)Usai Raden Saleh, Hashim Restorasi Lukisan Tradisional Klungkung
Jakarta, Aktual.co —Setelah dukung upaya konservasi melalui restorasi beberapa lukisan karya Raden Saleh, Yayasan Arsari Djojohadikusumo (YAD) akan menggalang upaya konservasi pelestarian karya seni lukis tradisional di Kerthagosa Klungkung, Bali.

Kata Ketua YAD, Hashim Djojohadikusumo mengatakan upaya ini dilakukannya untuk melestarikan budaya Indonesia yang sejak lama membuktikan diri mempunyai karya seni dan nilai budaya tinggi.

"Melestarikannya merupakan sebuah tindakan memelihara dan mengembalikan martabat bangsa ini,” ujar dia, dalam keterangan tertulis, di Galeri Nasional, Jakarta, Minggu, (8/3).

Ditambahkan dia, kegiatan konservasi lukisan merupakan bagian dari kegiatan pelestarian kekayaan pusaka budaya (cultural heritage) bangsa Indonesia.

Untuk misi tersebut, YAD telah menyelenggarakan Pelatihan Konservasi Lukisan pada 7-8 Februari lalu untuk memperkenalkan ilmu konservasi lukisan, agar semakin banyak ahli konservasi lukisan dari dalam negeri.

Pelatihan dilakukan dengan menghadirkan narasumber Susanne Erhards dari Gruppe Koln – Jerman yang memaparkan contoh kerja nyata terbaik (Best Practice) pengalamannya ketika melakukan konservasi lukisan dalam restorasi mahakarya Raden Saleh, lukisan "Penangkapan Pangeran Diponegoro" (1857), koleksi Istana Negara RI.

Seperti diketahui dalam program konservasi lukisan karya Raden Saleh pada tahun 2013 lalu, YAD bekerjasama dengan Goethe Institute dan Sekretariat Presiden Republik Indonesia. Hasil konservasi, dipamerkan sepanjang bulan Februari 2015.

Direktur Eksekutif YAD Catrini Kubontubuh dalam kesempatan itu mengatakan syukuran pamungkas pameran ini juga menandai selesainya rangkaian kegiatan konservasi lukisan Raden Saleh.

"Saat ini YAD sedang menjajagi suatu kerjasama restorasi lukisan gaya Kamasan yang ada di Kerthagosa, sebuah pusaka budaya yang merupakan warisan sejak Abad ke-18 dari Puri Klungkung, sebuah kerajaan tertua di Bali,” ujar dia.

http://m.aktual.co/warisanbudaya/usai-raden-saleh-hashim-restorasi-lukisan-tradisional-klungkung










salut ama konsistensi pak hashim dalam pelestarian peninggalan budaya indonesia emoticon-thumbsup:
0
2.6K
40
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
672.2KThread41.8KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.