wantadAvatar border
TS
wantad
(Berita Konspirasi) Dokumen Edward Snowden Ungkap Kecurangan Pilpres 2014?
Jakarta, Aktual.co — Pengamat politik Universitas Indonesia (UI) Prof Budiyatna mengatakan, pernyataan Erward Joseph Snowden mengenai sepak terjang mata-mata Australia yang melakukan penyadapan terhadap Pejabat Tinggi Indonesia sebagai momok yang mengerikan.

Terlebih hubungan Indonesia dengan Australia belakangan ini sedang meruncing sehubungan dengan rencana pemerintahan Joko Widodo mengeksekusi mati dua warga Australia, ‘Bali Nine’ Andrew Chan dan Myuran Sukumaran.

Bocoran dokumen rahasia milik bekas kontraktor NSA Edward Snowden tentang ulah mata-mata Australia itu sebelumnya diterbitkan di Selandia Baru.

Menurut dokumen rahasia Snowden, Badan Spionase Elektronik Australia yakni Australian Signals Directorate (ASD) telah bekerjasama dengan Biro Keamanan dan Komunikasi Selandia Baru (GCSB) untuk menyadap jaringan telekomunikasi di seluruh Indonesia dan Pasifik Selatan.

Selandia Baru dan Australia, menurut dokumen tersebut, menyadap satelit komunikasi satelit dan kabel telekomunikasi bawah laut.

Mereka berbagi data panggilan telepon, email, pesan media sosial dan metadata. Data-data sadapan itu lantas dibagi bersama jaringan 'Five Eyes' atau jaringan spionase 'Lima Mata'.

"Ini pasti ada sesuatu, dan mengincar Jokowi. Bisa-bisa dibongkar itu borok-boroknya Jokowi ke mata publik," kata Budiyatna kepada pewarta, Sabtu (7/3).

Menurutnya, kasus penyadapan ini bisa diarahkan sesuai target yang hendak dicapai. Bisa pula misalnya dicurigai sebagai upaya untuk menjatuhkan Presiden Jokowi dari jabatannya sebagai pimpinan Negara.

"Atau bisa saja bertujuan untuk menjatuhkan Jokowi dari kursi RI 1. Ini jelas ada skenario untuk menjatuhkan Jokowi. Jelas sekali terlihat, jika sasaran Australia adalah Jokowi," tegasnya.

Ditambahkan, adanya kabar data yang dimiliki disebut-sebut sebagai hasil sadapan percakapan Jokowi dengan sejumlah pejabat lain dan akan dimuat oleh Wikileaks sebagai hal mengerikan.

Sebab rencana itu menohok langsung sisi negatif keterpilihan Jokowi pada pemilihan presiden 2014. Secara langsung pula imbasnya bisa menyudahi puncak kesuksesan Jokowi di mata publik.

http://m.aktual.co/politik/dokumen-edward-snowden-ungkap-kecurangan-pilpres-2014












no komen deh, yg demen teori konspirasi ditunggu komennya emoticon-Ngacir
0
14.7K
108
Thread Digembok
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
670.9KThread40.8KAnggota
Terlama
Thread Digembok
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.