Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

dkartika13Avatar border
TS
dkartika13
Suka Makan Makanan Pedas??? Teliti Kembali Beberapa Bahayanya
Assalamualaikum emoticon-I Love Kaskus (S) emoticon-I Love Kaskus (S)
Apa kabar agan dan aganwati semuanya?? mudah-mudahan baik-baik selalu dan selalu dalam lindungan Allah Swt emoticon-Blue Guy Peace

Thread yang ane buat ini masih merupakan salah satu yang berkaitan dengan kesukaan yang biasa ane lakuin gan, ya apalagi kalo bukan makan makanan pedas..







kalo dipikir-pikir tentu siapa yang kuat untuk menahan nafsu makan jika melihat makanan yang berjejer diatas tersebut...
kalo bicara makanan pedas, memang gambaran utama yang dipikirkan tentunya segala bentuk makanan yang mengandung cabe dan sambal-sambalan bukan?? ya, memang tidak salah lagi salah satu sumber makanan pedas adalah dari cabe, namun bukan hanya cabe tapi merica, sahang, dan bahan lainnya juga masih banyak yang menghasilkan rasa pedas.

dalam hal ini jika melihat masyarakat Indonesia yang kebanyakan sangat menyukai pedas, entah apa sebabnya? padahal jika dipikir kembali Indonesia merupakan negara yang hanya mengalami 2 musim yaitu penghujan dan kemarau..dan baik dalam keduanya ane rasa Indonesia tetap saja dirasa cukup berhawa panas baik musim hujannya ataupun kemaraunya. Dan makanan pedas sebenarnya kurang cocok jika dimakan dalam hawa yang cukup panas, karena rasa panasnya tentu akan berlipat menjadi berkali-kali lipat..
yaaa..tapi jika melihat masyarakat Indonesia yang memang kekebalan tubuhnya sangat tahan banting jadi ane pikir memang tidak ada makanan yang dianggap pantangan selagi itu bisa dimakan dan tentunya halal ya gan emoticon-Ngakak (S) emoticon-Ngakak (S)

namun jika diteliti kembali, sebenarnya makanan pedas tersebut tidak terlalu memiliki efek yang baik bagi tubuh kita loh gan?
memang ane juga mengakui bahwa ane salah satu penggemar makanan pedas, dan jujur ane tiap hari pasti deh ga bakal lewatin menu sambal disetiap santapan menu yang ane makan tiap hari. entah ane juga ga paham apa yang nyebabin ane jadi semacam ketagihan untuk selalu makan makanan yang pedas....ya pokoknya kalo belum makan makanan yang rasanya pedas kaya ada yang kurang gimana gitu ya???emoticon-Bingung (S) emoticon-Bingung (S)

namun emang setelah ane merasakan beberapa efek yang ane rasakan ditubuh ane, tepatnya ane sering rasain sakit perut tiap abis makan pedas. sakit yang ane rasain ini di agian lambung gan, rasanya panas kaya kebakar..dan hal tersebut jadi buat ane agak kapok untuk makan makanan pedas itu. terus ane mulai cari tahu deh sebenarnya bahaya apa aja sih yang bisa ane temuin kalo ane terus-terusan makan makanan pedas tiap harinya.
ya sekedar berbagi aja, barangkali dari banyaknya agan-agan yang ada di mari punya hal yang sama kaya yang ane rasain ini..

bahaya makanan pedas bagi beberapa hal, antara lain :
1. BAHAYA BAGI LAMBUNG DAN RAWAN UNTUK TERKENA PENYAKIT TUKAK LAMBUNG


pada saat kita makan makanan pedas ternyata ada zat asam yang dihasikan dari makanan pedas yang kemudian masuk kedalam dinding lambung...mungkin karena ane makan pedasnya terlalu banyak jadi zat asam yang dihasilkan dilambung sangat banyak dan nyebabin lambung jadi panas dan begah..yang ane takut pas liat gambar atas gan, lambung mengalami pendarahan karena dinding lambungnya berlubang..

waktu itu ane sempat baca bahwa beberapa ciri yang akan ditimbulkan pada penyakit tukak lambung tersebut adalah rasa panas seperti terbakar pada agian lambung, disertai mual bahkan muntah-muntah dan juga diare. jujur ane sempat merinding, dan sedikit takut pas acanya, karena ane sedikitnya udah ngerasain salah satu ciri yang sama yaitu panas seperti terakar pada lambung..nah mulai dari situ ane mulai kurangin makan makanan pedas karena ane takut kebablasan gan, yaaa emang susah sih. tapi setidaknya ane mulai berusaha nguranginnya dikit-dikit, dari yang tadinya tiap hari, ane jadi makan pedas cuma 3 hari sekali dan bahkan sekarang seminggu sekali, alhamdulillahnya pas ane makan pedas udah kaga kerasa lagi deh gejala mengerikan yang waktu dulu ane rasain pas makan pedas.

2. MENYEBABAN SUSAH MAKAN

nah kalo yang ini ane percaya ga percaya gan, karena jujur aja ane kalo makan ama makanan yang pedas malah nafsu untuk makan jadi tambah besar, dan sebaliknya ane jadi males makan kalo ga ada makanan yang pedas yang bisa ane makan, makanya dari seminggi itu biasanya ane cuma lahap makan satu hari doang dan 6 harinya biasa-biasa aja gan,,

3. SAKIT KEPALA

dari makanan pedas biasanya akan diakibatkan penyakit yang menyerang daerah kepala gan, serangan tersebut gejalanya ialah berdenyut-denyut dan kepala menjadi berat setelah mamakan makanan pedas.
kalo untuk yang kaya gini alhamdulillah ane belum pernah ngerasain gan emoticon-Blue Guy Peace emoticon-Blue Guy Peace

4. PENYAKIT GASTRITIS

penyakit yang satu ini mungkin lebih dikenal dengan penyakit maag ya gan..dan yang lebih berbahaya lagi kalo maag tersebut telah akut, pasti bingung kan rasanya kalo perut terasa lapar tapi makanan yang dimakan pun tidak mau masuk ke dalam tubuh, karena penderita maag akut akan sulit makan karena rasa mual yang akan timbul juka makanan masuk kedalam tubuh, tentunya kalo terus begini badan akan jadi lemas dan jika terus berlanjut pastinya berat badan akan turun dan disimpulkan pula bahwa makan makanan pedas dapat mengurangi nafsu makan dan turunnya berat badan.

5. DIARE

kalo untuk yang satu ini bisa dibilang cukup bahaya gan, makan makanan pedas dan berakibat diare tentunya akan mengganggu aktivitas kita nantinya. bayangin aja kalo agan semuanya sedang disiukkan dengan kerjaan yang cukup penting dan harus olak-balik WC karena diare setelah makan pedas, kan ga lucu, malah kesel ya gan emoticon-Cape d... (S) emoticon-Cape d... (S)

6. LIDAH KURANG SENSITIF

penyebabnya tentu karena bintil2 yang ada di lidah yang berfungsi untuk merasakan beberapa rasa yang dihasilkan oleh makanan akan terus terkikis dan mati rasa jika terus bertemu dengan rasa pedas dan panas yang berlebih secara terus menerus.
untuk yang satu ini ane juga kayanya ngerasain gan, entah sebenarnya masalahnya ditimulkan karena makan pedas atau bukan, tapi memang nyatanya lidah ane agak kurang sensitif kalo merasakan beberapa rasa seperti asin, manis dan juga asam, bahkan pedas juga. kurang sensitif disini maksudnya jadi kurang peka kalo merasakan rasa asin, jadi pas ane masak ane ngerasa rasa asin masakan yang ane buat itu udah pas, tapi ternyata pas disantap ama ibu-bapa ane sekalian ternyata rasanya keasinan gan, dan itu ga hanya sekali loh tapi berulang2 tiap moment ane selalu ngerasain kalo lidah ane sedikit ada masalah deh kayanya emoticon-Cape d... (S) emoticon-Cape d... (S) emoticon-Cape d... (S)

nah, untuk masalah yang dapat ditimbulkan karena makan makanan pedas hanya segitu yang bisa ane sampaikan,
intinya memang tidak disalahkan jika kita semua menyukai makan makanan yang pedas, hanya saja mungkin kadar pedas dan kebiasaan mengkonsumsinya harus dibatasi yaaa..paling tidak untuk musi hujan makan makanan pedas memang sangat cocok, dengan tujuan untuk menghangatkan suhu tubuh agan semua, namun yaaa tentu harus diingat jangan berlebihan..emoticon-Blue Guy Peace emoticon-Blue Guy Peace
karena kesehatan juga kan tentunya sangat berpengaruh nantinya untuk kita jalanin hidup ini, jadi jangan sia-siakan hidup ya gan...
emoticon-Blue Guy Peace emoticon-Blue Guy Peace

sekian yang bisa ane sampaikan gan, niat cuma sekedar berbagi pengalaman saja kok emoticon-Blue Guy Peace emoticon-Blue Guy Peace
jangan lupa ya gan kalo berkenan
emoticon-Rate 5 Star emoticon-Rate 5 Star emoticon-Rate 5 Star emoticon-Rate 5 Star emoticon-Rate 5 Star emoticon-Rate 5 Star emoticon-Rate 5 Star emoticon-Rate 5 Star emoticon-Rate 5 Star emoticon-Rate 5 Star
emoticon-Blue Guy Cendol (L) emoticon-Blue Guy Cendol (L) emoticon-Blue Guy Cendol (L) emoticon-Blue Guy Cendol (L) emoticon-Blue Guy Cendol (L) emoticon-Blue Guy Cendol (L) emoticon-Blue Guy Cendol (L) emoticon-Blue Guy Cendol (L) emoticon-Blue Guy Cendol (L) emoticon-Blue Guy Cendol (L)

TERIMAKASIH
Assalamualaikum emoticon-I Love Kaskus (S) emoticon-I Love Kaskus (S) emoticon-I Love Kaskus (S) oviolv sors
nona212
nona212 memberi reputasi
1
13.7K
211
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.2KThread83.6KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.