ogahcoliAvatar border
TS
ogahcoli
Mau Coba Jualan di Instagram? Masuk Sini Gan!
Haloo agan agan dan sista semuanya emoticon-Blue Guy Peace emoticon-Blue Guy Peace

Mungkin saat ini agan baru aja mau mulai bisnis online.
Atau sudah punya barang, tapi nggak tau mau memasarkan lewat media online yang mana.
Apalagi kalo Agan bukanlah seorang yang mahir di bidang IT, pastinya terasa membingungkan.

Emang ada banyak sekali media online yang bisa digunakan saat ini:
Facebook, Twitter, Pinterest, Instagram, E-mail, Blog dsb dsb.

Harus mulai dari yang mana?

emoticon-Bingung (S)
emoticon-Bingung (S)
emoticon-Bingung (S)

Di thread ane kali ini, agan akan mempelajari media online apa yang paling mudah untuk dicoba dan paling cepat menghasilkan.

Mudah di sini bukan berarti bisnis agan langsung laris manis dalam waktu sehari atau seminggu ya (kecuali memang barang yang Anda jual super bagus dengan harga super murah). Mudah yang ane maksud di sini adalah yang paling mudah untuk dipelajari.

Agan tahu Instagram kan?




Instagram tuh media sosial yang bagus untuk memulai bisnis online.
Kenapa?

1. Manusia kebanyakan adalah tipe visual, yang lebih suka melihat gambar dibandingkan membaca. Instagram adalah media sosial yang sangat menunjang hal tersebut.

2. Orang suka beli, tapi gak suka dijualin. Dengan memasang foto-foto produk agan, orang bisa bebas melihat-lihat dan memutuskan untuk membeli tanpa merasa dijualin.

3. Pengguna Instagram tentunya adalah pemilik smartphone dengan kisaran harga mulai dari Rp 1 juta. Dan kalo mereka sering aktif di Instagram, tentunya mereka punya duit untuk membeli paket data. Di sini dapat kita ketahui bahwa pengguna aktif Instagram tentunya memiliki daya beli yang cukup bagus (beli jarang nawar).

Sudah mulai keliatan kan peluang berbisnis via Instagram?

Terus gimana cara mulai berbisnis via Instagram?

Pelajari dulu cara menggunakan Instagram
Cari tahu dulu cara upload gambar di instagram. Kemudian cara ngelike foto orang lain, cara memberikan komentar, cara melihat foto yang sedang populer, dsb. Mudah kok, karena mudah itu makanya nggak ane tulis di sini. Hehehehe emoticon-Stick Out Tongue

Buat akun khusus untuk jualan
Jangan satukan akun Instagram pribadi dengan akun untuk bisnis ya. Agan harus punya 2 akun.
Loh, berarti harus punya 2 hape dong gans?
Beruntunglah bagi Agan pengguna Android, karena beberapa pengembang aplikasi berhasil membuat instagram kloning. Jadi agan bisa menginstall 2 hingga 4 instagram sekaligus dalam satu handphone. Untuk mendownload Instagram clone, silakan ke sini.

Buat deskripsi dan identitas untuk akun jualan tersebut.
Buat deskripsi yang tepat. Apa saja yang mau Agan jual? Ciri khasnya apa? Agan nerima order dari jam berapa sampe jam berapa?
Pasang juga foto yang tepat untuk avatar Agan. Saran: kalo bisnis Agan baru aja buka dan belum terkenal, sangat disarankan untuk nggak pasang logo bisnis dulu. Pasang saja dulu foto produk Agan yang paling bagus. emoticon-Kiss (S)

Upload setidaknya 8 foto sehari
Hah! Banyak banget?
Sekarang coba bayangin kalo Agan ngeliat sebuah akun jualan yang isi fotonya cuma 3 atau 5. Kira-kira Agan tertarik buat membeli gak? Kayaknya buat ngeliat aja males, apalagi ngefollow.

Upload foto sebanyak-banyaknya selama beberapa hari. Jadi apabila beberapa hari setelah Agan buka akun instagram, Agan udah punya puluhan foto produk yang siap dilihat calon pembeli. Perlihatkan bahwa Agan siap menerima pelanggan. Ane pribadi ketika awal berbisnis via Instagram, berhasil closing sekitar 3 hari setelah buka (setelah upload sekitar 20 foto).

Siapkan 20 Hashtag untuk satu foto
#Anda #pasti #tau #hashtag #kan?
Iya, tanda pagar super alay yang ane pasang di masing-masing kata itu. Hashtag berfungsi sebagai "pemberi kategori" pada foto Agan.
Dengan memberi hashtag pada foto, kemungkinan foto Agan dilihat oleh non-follower akan lebih besar.

Berikan seenggaknya 20 hashtag untuk masing-masing foto. Misalkan agan jual aksesoris handphone, ya buat aja #hp #aksesorishandphone #aksesorishp #aksesorisiphone dan lain-lain sesuai dengan foto yang agan upload.

Cari follower
Cara mencari follower ada banyak sebenernya. Tapi kita mulai dari yang mudah dan gratis dulu ya.

Pertama, cari akun lain yang menjual produk yang mirip dengan jualan Agan. Carilah akun yang followernya udah banyak dan besar. Follow aja semua followernya (kalo sanggup). Saran ane sih jangan terburu-buru memfollow terlalu banyak orang, khawatirnya Instagram akan mem-banned akun Agan. Sehari 100-200 aja. Targetkan untuk memiliki sekitar 1000 follower.

Tapi jangan khawatir, pembelian biasanya udah mulai terjadi ketika follower mencapai sekitar 150an.

Upload yang lain selain Produk
Jangan jualan melulu! Upload juga foto berisi kata-kata bijak, foto lucu, atau tips-tips seputar produk Agan. Misalkan Agan jual sepatu berbahan kanvas, maka uploadlah post berisi tips merawat sepatu kanvas.

Perbanyaklah berbagi agar Agan mendapat.

Berbisnislah dengan Elegan

Anda pasti tidak asing dengan metode promosi seperti di sebelah kanan gambar ini.



Nyampah!
Itu namanya spam comment, alias melakukan promosi brutal di kolom komentar akun IG orang lain.
Jangan lakukan spam comment seperti itu. Mungkin si artis nggak berkomentar secara langsung mengenai hal ini. Namun ane yakin agan pribadi merasa risih melihatnya, sama kayak ane emoticon-Mad (S) .

Bila ane saja merasa risih, apalagi si pemilik akun?

Spam comment mungkin akan mendatangkan 1-2 pembeli, namun percayalah merk dan branding akun agan nggak akan berkembang kalo berbisnis tanpa etika seperti itu.

Kalo memang ingin menggunakan artis sebagai media promosi, cobalah untuk endorse artis tsb.
Jangan spam comment. Tidak ada akun bisnis besar yang melakukannya.

Siapkan media chatting
Media untuk chatting itu penting, karena lewat situ calon pembeli bisa tanya-tanya tentang produk Agan. Selain itu ngobrol dengan chatting lebih privasi dibandingkan hanya lewat kolom comment. Akun bisnis biasanya punya akun BBM, Whatsapp, atau LINE sebagai media chat.

Sapa calon pembeli Agan dengan ramah. Perbanyak menggunakan emoticon, agar mereka merasa semakin nyaman dengan Agan.
Yang paling penting, konsisten! Bisnis laris tidak dibangun dalam seminggu apalagi sehari. Butuh usaha dan kerja yang cerdas untuk bisa berhasil.

Itu tadi post tentang mengawali bisnis menggunakan instagram. Itu baru dasarnya, namun Agan sudah bisa menghasilkan profit dari situ.
Agan bisa belajar lebih banyak tentang rahasia bisnis via Instagram mulai dari membuat foto yang menggoda, endorse artis, trik memperbanyak follower, optimasi Instagram, dll lewat sini.

Agan udah punya bisnis di Instagram? Share di mari yuk!! emoticon-Blue Guy Peace
Diubah oleh ogahcoli 03-03-2015 05:47
rijal6969
rijal6969 memberi reputasi
1
11.7K
23
Thread Digembok
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Entrepreneur Corner
Entrepreneur CornerKASKUS Official
22KThread4.5KAnggota
Terlama
Thread Digembok
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.