Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

why.hpAvatar border
TS
why.hp
Perjalanan usaha ane, mohon masukannya gan
Halo agan2 kaskuser yang cakep dan cantik..

ane mau sedikit berbagi cerita mengenai perjalanan usaha ane, tujuan ane hanya untuk berbagi kepada2 agan2 kaskuser sekaligus mau minta pendapat dan masukanya terhadap usaha ane gan. maaf ya gan klo threadnya berantakan, karna ini pertama kali ane nulis di kaskus.

Di tahun 2008 ane kerja di sebuah perusahaan dengan gaji yang minim banget gan, boro2 buat modal kimpoi untuk sehari2 aje kurang, emoticon-Ngakak disitu ane berfikir gmana caranya buat nambah penghasilan dan terpikirlah ane jualan sop buah & jus buah, kebetulan tempat ane cuacanya sangat panas gan, sangat cocok buat usaha minuman dingin

Ide sudah ada, setelah ane itung2 ternyata butuh modal 3 juta, ide sudah ada tapi apa daya klo modalnya masih di angan2, akhirnya ane ngebraniin buat pinjem modal 1,5 juta ke Bokap ane gan, sisanya sahabat ane yang nambahin, jadi ni usaha ane sama sahabat ane, tapi apaaa... lacurrr... (agak didramatisir) bukan modal yang ane dapet tapi cemohan dan nasehat yang membuat kuping ane panas.... hehehe ane inget banget kata bokap ane : nanti usahanya bangkrut lah, trus gak fokuslah, ngapain jualan2 gtu mending cari kerja yang lebih baik emoticon-Matabelo sedikit mengiris hati namun semua itu tidak membuat ane putus asa, hampir setiap hari ane ngasih penjelasan ke bokap ane, kurang lebih 1 bulan hati bokap ane luluh lantah mendengarkan permohonan ane emoticon-Ngakak dan akhirnya uang 1,5 juta jatuhlah ketangan ane gan.

Buka hari pertama kebulan 1 minggu sebelum puasa, omset ane pertama 200 ribu gan namun yang mengagetkan ketika puasa pertama omset ane 500 ribu hanya 4 jam ane jualan gan, sudah jadi kebiasaan orang indonesia pada saat puasa pertama pengennya makan n minum yang enak2 n seger2, dan akhirnya bokap ane bantuin jualan gan (ceritanya bokap ane dapet hidayah gan hehehe), betapa bahagianya ngeliat bokap ane ngedukung banget usaha ane, hampir setiap pulang kerja ane ikut jualan sampe jam setengah tujuh malem gan, meskipun dengan seragam kerja ane kagak malu buat jualan (yang penting halal), namun usaha ane kandas dalam waktu 3 bulan gan karna ane gak fokus, tapi modalnya udah balik gan. ni pict sop buah ane gan

Perjalanan usaha ane, mohon masukannya gan

ane dan sahabat ane pun punya ide untuk usaha warnet di daerah Kampus gan, modalnya 30 juta, Allhamdulillah dengan gampangnya ane minjem ke Bokap ane 15 juta gan, sisanya dari sahabat ane gan, 2 tahun pertama warnet ane rame trus gan, namun akhirnya ane diterima kerja di BUMN dan ditempatin jauhhhhhh dari kampung ane gan, usaha warnetnya hanya sahabat ane yang ngurusin, namun setelah sahabat ane diterima kerja tuh usaha kagak ngasilin. ni Pict Warnet ane gan

Perjalanan usaha ane, mohon masukannya gan

Meskipun gaji yang ane terima bagi ane sih cukup namun jiwa entrepreuner tetep melekat di jidat ane gan, saat ane jalan2 di bandung ane sering banget ngeliat Booth Juice namanya FRU*T* agan2 yg di bandung pasti tauh soale tuh jus udah menjamur dimana2, khususnya di Mall, setelah ane telusurin tuh jus udah punya hampir 40 cabang dan punya 3 moko (mobil toko). Disitu lah ane kepikir kembali untuk usaha jus dikampung ane gan, pada saat itu di kampung ane belum booming usaha jus buah, di tahun 2012 ane pun mulai merintis tuh usaha.
Meskipun ane tinggal nan jauh dari kampung, tapi ide bisnis ini ane trus komunikasikan dengan sahabat ane gan, dan kami pun sepakat untuk usaha juice dengan Nama Mr. Juice dengan modal ane smua yang nanggung, belajar dari pengalaman membuka usaha sop buah dengan gerobak almunium, disitu kepikiran untuk punya booth yang lebih menarik, dan ternyata bokap ane siap bantuin buatin booth, bokap ane orangnya kreatif gan. jeng jeng jeng akhirnya jadilah booth ane gan.

Perjalanan usaha ane, mohon masukannya gan

saat ini ane punya 2 cabang gan, di tahun 2013 mulailah booming usaha jus buah gan, kompetitor ada dimana2 gan, tapi ane yakin usaha ane siap bersaing gan. 1 tahun berjalan usaha ane omsetnya mencapai belasan juta gan, namun stagnan, meskipun ane jauh dari usaha ane, tapi tetep komunikasi dengan sahabat ane gan, namun lama-kelamaan ane mulai ngerasa ni sahabat ane sibuk kerja dan gak fokus lagi ke usaha ini, disitu ane ngeliat usaha ane tidak terkontrol lagi gan, kebersihan kurang dijaga, kualitas buah kurang dikontrol, dan keinginan untuk memajukan usaha pun nihil dan hasilnya usaha ane stagnan.

Setiap ane pulang kampung 1 bulan sekali, ane slalu kontrol usaha ane gan, dan ane mulai memperbaikin usaha ane yang stagnan. Saat ini ane lagi matengin konsep jus ane gan, mulai dari re-branding, pembuatan cup yang di sablon, dan juga penambahan menu milkshake dan smoothie. Keinginan ane untuk mengembangkan tuh usaha makin membludak, dan ane mutusin untuk buka 2 cabang lagi namun bokap dan adek ane yang ngurusin, sahabat ane hanya ngurusin 2 cabang sebelumnya. Belajar dari pengalaman usaha warnet dan usaha jus yang pertama yang dikelola sahabat ane ujung2nya bangkrut gan, ane pun gak bisa nyalahin ke sahabat ane, karna ane sendiri juga hanya bisa bantu dari jarak jauh gan.
InsyaAllah bulan depan ane buka 2 lagi gan, 1 cabang ane mau buka di Mall, tentunya dengan pangsa pasar yang berbeda, untuk yang di Mall target ane orang2 kelas menengah keatas, namun dengan mahalnya sewa di Mall tentunya ane harus naikin harga dan kualitas nya juga dinaikin. Nah saat itu ane GALAU emoticon-Bingung apakah ane harus menggunakan Brand yang sama namun harganya berbeda, dan ane mutusin buat membuat brand baru gan, namanya My Juice. menurut agan keputusan ane membuat 2 brand dengan pangsa pasar yang berbeda sudah tepatkah? dan mohon masukannya gan...
0
5K
10
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Entrepreneur Corner
Entrepreneur CornerKASKUS Official
22KThread4.6KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.