Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

blog.teknikAvatar border
TS
blog.teknik
Robot Lego Mindstorms NXT
Lego Mindstorms NXT adalah perangkat robot edukasional keluaran LEGO, seri NXT sebagai penerus atau peningkatan dari seri sebelumnya, yaitu RIS (Robotics Invention System) yang sukses di pasaran.

Penggunaan Lego Mindstorms NXT membantu mempermudah pembuatan robot, Hal ini dikarenakan Lego NXT menghilangkan kebutuhan untuk menyolder sirkuit dan menghilangkan kesulitan saat pemasangan motor. Robot yang dibuat menggunakan LEGO tidak dapat dianggap sebagai sebuah robot final, tapi dapat dianggap sebagai sebuah model.
Spoiler for Lego NXT:

Seiring dengan perkembangan teknologi yang cukup pesat ini, robot bukan lagi pada suatu konsep yang sulit seperti yang kita tahu sebelumnya, namun robot merupakan bentuk alat bantu manusia yang dapat diaplikasikan pada kehidupan sehari-hari.

Dengan kreatifitas generasi muda dan kalangan professional dalam mendesain dan membuat program pada robot, pemrograman terhadap device robotika dapat dilakukan dengan menggunakan high level language, atau menggunakan drag and drop.

Inovasi ini akan menjadi terobosan baru dalam hal pemrograman terhadap peralatan robotika, sehingga teman-teman pelajar akan dipermudah dalam penerapan segi elektriknya dan dapat lebih berkonsentrasi terhadap perintah-perintah logikanya. Selain dari kemudahan yang ditawarkan oleh Robot Lego Mindstorms NXT, perangkat robotika LEGO juga memiliki kelebihan antara lain :

  1. Dapat dibentuk sesuai dengan imaginasi (mobil, helikopter, robot, mesin, dan lain-lain).

  1. NXT Mindstorms dioperasikan dengan program.

  1. Program berbasis drag and drop (user friendly).

Robot, kendaraan, dan mesin dibentuk dari NXT Brick, terdapat satu processor 32-bit untuk menggerakkan motor, berdasarkan input dari sensor. Sensor-sensor yang dapat digunakan dalam perangkat lego mindstorm nxt adalah sensor cahaya, sensor suara, sensor warna, sensor tekanan, dan sensor ultrasonik.

Robot Lego Mindstorm NXTmembuat pekerjaan yang berhubungan dengan elektronika, misalnya kebutuhan menyambungkan beberapa perangkat dengan solder, mengukur tegangan dari peralatan elektrik menjadi tidak ada.

Pengguna dapat merkait Robot Lego NXT layaknya merakit mainan lego dan melakukan programming dengan cara melakukan drag and drop diatas user interface Lego Mindstorm NXT. Selain robot lego nxt, ada lagi robot yang lebih canggih yaitu robot Lego EV3.

Robot Lego Mindstorms NXT terdiri dari beberapa komponen utama yaitu:
Spoiler for Komponen NXT:


Sumber : Blog Teknikemoticon-Hot News
Diubah oleh blog.teknik 18-05-2015 20:31
0
4.8K
8
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.1KThread83.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.