Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

wantadAvatar border
TS
wantad
Di Irak Ada “Ikan Soekarno”, Di Mesir Ada “Mangga Soekarno”
Baghdad, Aktual.co —Nama Presiden pertama Indonesia, Soekarno, ternyata sangat populer di berbagai negara, khususnya negara Asia dan Afrika yang pernah terjajah dan berjuang melawan penjajahan.

Di Irak, misalnya, terdapat ikan air tawar yang disebut “ikan Soekarno.” Sedangkan di Mesir, ada yang namanya “mangga Soekarno.”

Demikian dinyatakan sejumlah diplomat Indonesia kepada Redaktur Senior Aktual.co, Satrio Arismunandar, yang melaporkan langsung dari Baghdad, ibukota Irak, Minggu (1/3).

Di Irak, “ikan Soekarno” itu adalah ikan yang sejenis dengan ikan mas di Indonesia, tetapi umumnya berwarna hitam, bukan kuning. Ikan ini biasa dijadikan santapan lezat, dan yang dijual biasanya berukuran besar, setidaknya beratnya sampai 1 kilogram.

Ada berbagai versi tentang asal muasal nama “ikan Soekarno” ini. Versi pertama mengatakan, ketika berkunjung ke Irak sekitar tahun 1960, Presiden Soekarno membawa bibit ikan itu dari Indonesia, lalu bibit ikan diserahkan dan dikembangbiakkan di Irak.

Versi kedua mengatakan, sebetulnya “ikan Soekarno” itu adalah ikan lokal yang sebelumnya memang sudah ada di Irak. Namun, sebagai penghormatan untuk Bung Karno atas kepemimpinannya yang menginspirasi kemerdekaan banyak bangsa di Asia dan Afrika, Soekarno diberi kesempatan melepas ikan itu dan lantas ikan itu pun dinamai “ikan Soekarno.”

Seorang diplomat mengatakan, di Maroko juga ada “Jalan Soekarno.” Tetapi cerita tentang asal muasal nama “Jalan Soekarno” di Maroko dan “mangga Soekarno” di Mesir, diplomat itu tak bisa menjelaskan.

http://m.aktual.co/internasional/di-irak-ada-ikan-soekarno-di-mesir-ada-mangga-soekarno






bapak proklamator kita ini emang luar biasa emoticon-I Love Indonesia

Quote:


Quote:


Quote:


Diubah oleh wantad 02-03-2015 09:02
0
7.5K
75
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
672KThread41.8KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.