Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
309
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/54f02df7c2cb17a51d8b456c/maaf-ganane-muslim-tidak-merayakan-dan-mengucapkan-selamat-quotulang-tahunquot
Syaikh Muhammad bin Shalih Al-Utsaimin ditanya : Apakah perayaan ulang tahun termasuk tasyabbuh (tindakan menyerupai) dengan budaya orang barat yang kafir ataukah semacam cara menyenangkan dan menggembirakan hati anak dan keluarganya ? Jawaban. Perayaan ulang tahun anak tidak lepas dari dua hal ; dianggap sebagai ibadah, atau hanya adat kebiasaan saja. Kalau dimaksudkan sebagai ibadah, maka hal it
Lapor Hansip
27-02-2015 15:42

Maaf Gan...Ane (Muslim) tidak Merayakan dan Mengucapkan Selamat "Ulang Tahun"!!

Syaikh Muhammad bin Shalih Al-Utsaimin ditanya : Apakah perayaan ulang tahun termasuk tasyabbuh (tindakan menyerupai) dengan budaya orang barat yang kafir ataukah semacam cara menyenangkan dan menggembirakan hati anak dan keluarganya ?

Jawaban.
Perayaan ulang tahun anak tidak lepas dari dua hal ; dianggap sebagai ibadah, atau hanya adat kebiasaan saja. Kalau dimaksudkan sebagai ibadah, maka hal itu termasuk bid'ah dalam agama Allah. Padahal peringatan dari amalan bid'ah dan penegasan bahwa dia termasuk sesat telah datang dari Nabi Shallallahu 'alaihi wa sallam. Beliau bersabda:

وَإِياكُمْ وَمُحْدَثَاتِ الأُمُورِ ، فَإِن كُل مُحْدَثَةٍ بِدْعَةٌ ، وَ كُل بِدْعَةٍ ضَلاَلَةٌ وَ كُل ضَلاَلَةٍ فِي النارِ

"Jauhilah perkara-perkara baru. Sesungguhnya setiap bid'ah adalah sesat. Dan setiap kesesatan berada dalam Neraka".

Namun jika dimaksudkan sebagai adat kebiasaan saja, maka hal itu mengandung dua sisi larangan.

Pertama.
Menjadikannya sebagai salah satu hari raya yang sebenarnya bukan merupakan hari raya ('Ied). Tindakan ini berarti suatu kelalancangan terhadap Allah dan RasulNya, dimana kita menetapkannya sebagai 'Ied (hari raya) dalam Islam, padahal Allah dan RasulNya tidak pernah menjadikannya sebagai hari raya.

Saat memasuki kota Madinah, Nabi Shallallahu 'alaihi wa sallam mendapati dua hari raya yang digunakan kaum Anshar sebagai waktu bersenang-senang dan menganggapnya sebagai hari 'Ied, maka beliau bersabda.

إِن اللهَ قَدْ أَبْدَلَكُمْ بِهِمَا خَيْرًا مِنْهُمَا يَوْمَ الأَضْحَى وَيَوْمَ الْفِطْر

"Sesungguhnya Allah telah menggantikan bagi kalian hari yang lebih baik dari keduanya, yaitu 'Idul Fitri dan 'Idul Adha".

Kedua.
Adanya unsur tasyabbuh (menyerupai) dengan musuh-musuh Allah. Budaya ini bukan merupakan budaya kaum muslimin, namun warisan dari non muslim. Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda.

مَنْ تَشَبهَ بِقَوْمٍ فَهُوَ مِنْهُمْ

"Barangsiapa meniru-niru suatu kaum, maka dia termasuk bagian dari mereka".

Kemudian panjang umur bagi seseorang tidak selalu berbuah baik, kecuali kalau dihabiskan dalam menggapai keridhaan Allah dan ketaatanNya. Sebaik-baik orang adalah orang yang panjang umurnya dan baik amalannya. Sementara orang yang paling buruk adalah manusia yang panjang umurnya dan buruk amalanya.

Karena itulah, sebagian ulama tidak menyukai do'a agar dikaruniakan umur panjang secara mutlak. Mereka kurang setuju dengan ungkapan : "Semoga Allah memanjangkan umurmu" kecuali dengan keterangan "Dalam ketaatanNya" atau "Dalam kebaikan" atau kalimat yang serupa. Alasannya umur panjang kadangkala tidak baik bagi yang bersangkutan, karena umur yang panjang jika disertai dengan amalan yang buruk -semoga Allah menjauhkan kita darinya- hanya akan membawa keburukan baginya, serta menambah siksaan dan malapetaka.

Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman.

وَالذِينَ كَذبُوا بِآيَاتِنَا سَنَسْتَدْرِجُهُمْ مِنْ حَيْثُ لَا يَعْلَمُونَ﴿١٨٢﴾وَأُمْلِي لَهُمْ ۚ إِن كَيْدِي مَتِينٌ

"Dan orang-orang yang mendustakan ayat-ayat Kami, nanti Kami akan menarik mereka dengan berangsur-angsur (kearah kebinasaan), dengan cara yang tidak mereka ketahui. Dan Aku memberi tangguh kepada mereka. Sesungguhnya rencana amat teguh". [Al-A'raf : 182-183]

Dan firman Allah Subhanahu wa Ta'ala.

وَلَا يَحْسَبَن الذِينَ كَفَرُوا أَنمَا نُمْلِي لَهُمْ خَيْرٌ لِأَنْفُسِهِمْ ۚ إِنمَا نُمْلِي لَهُمْ لِيَزْدَادُوا إِثْمًا ۚ وَلَهُمْ عَذَابٌ مُهِينٌ

"Dan janganlah sekali-kali orang kafir menyangka bahwa pemberian tangguh Kami kepada mereka adalah labih baik bagi mereka. Sesungguhnya Kami memberi tangguh kepada mereka hanyalah supaya bertambah-tambah dosa mereka, dan bagi mereka adzab yang menghinakan". [Ali-Imran/3 : 178]

[Fatawa Manarul Islam 1/43]

[Disalin dari kitab Fatawa Ath-thiflul Muslim, edisi Indonesia 150 Fatwa Seputar Anak Muslim, Penyusun Yahya bin Sa'id Alu Syalwan, Penerjemah Ashim, Penerbit Griya Ilmu]

sumber
0
Tampilkan isi Thread
icon-close-thread
Thread sudah digembok
Halaman 4 dari 16
Maaf Gan...Ane (Muslim) tidak Merayakan dan Mengucapkan Selamat "Ulang Tahun"!!
28-02-2015 14:59
Quote:Original Posted By goodkat666
- kalo masalah maulid nabi, kemaren januari (kalo ga salah) itu di aceh ada peryaan maulid nabi. dan yang datang itu imam masjid nabawi (link ini sama link ini).. trus yg jadi pertanyaan, apa iya jika perayaan maulid nabi tidak diperbolehkan, imam masjid nabawi akan datang ?

masalah ente tidak merayakan dan tidak mengucapkan selamat ulang tahun, itu hak ente.. tapi ini forum kaskus.. bukan cuma forum umat muslim.
coba kalo dibalik, ada kaskuser yang ngepost "Maaf gan ane (non muslim) tidak merayakan dan mengucapkan selamat idul fitri, idul adha"
atau malah "maaf gan.. ane non muslim, tidak ikut puasa, jadi ane aplot foto makan makanan enak dan foto pas ane lagi makan tu makanan" pas bulan ramadhan... ente bisa maklumin ? kalopun ente bisa, mungkin yg laen enggak..
demikian juga kaskuser yg non muslim.. udah jelas bahwa "Lakum Dinukum Waliyadin".. kita saling menghormati aja lah... tau sikon.. ini bukan situs umat muslim doang.. bukankan Rasulullah SAW juga terkenal santun dan menghormati perbedaan ?


Keren bang
0 0
0
Maaf Gan...Ane (Muslim) tidak Merayakan dan Mengucapkan Selamat "Ulang Tahun"!!
01-03-2015 13:35
Apakah kalo imam masjidil haram, kyai, ulama, habib pasti benar? Maksum? Para shahabat, tabiin, tabiut tabiin, imam syafi'i dll aja ga pernah melakukannya.
0 0
0
Maaf Gan...Ane (Muslim) tidak Merayakan dan Mengucapkan Selamat "Ulang Tahun"!!
02-03-2015 08:05

Ulang Tahun dan Pengagungan Terhadap Dewi (?!) Artemis

Ada hari yang dirasa spesial bagi kebanyakan orang. Hari yang mengajak untuk melempar jauh ingatan ke belakang, ketika saat ia dilahirkan ke muka bumi, atau ketika masih dalam buaian dan saat-saat masih bermain dengan ceria menikmati masa kecil. Ketika hari itu datang, manusia pun kembali mengangkat jemarinya, untuk menghitung kembali tahun-tahun yang telah dilaluinya di dunia. Ya, hari itu disebut dengan “ Hari Ulang Tahun “.

“Namun sebenernya dari mana asal perayaan ulang tahun itu sendiri muncul, hingga tidak sedikit ummat muslim merayakannya?” , pertanyaan ini yang mungkin sebelumnya tidak pernah terfikirkan, mari kita telusuri sekilas .

Ulang tahun atau Milad (dalam bahasa arab) pertama kali dimulai di Eropa. Dimulai dengan ketakutan akan adanya roh jahat yang akan datang pada saat seseorang berulang tahun, untuk menjaganya dari hal-hal yang jahat, teman-teman dan keluarga diundang datang saat sesorang berulang tahun untuk memberikan do’a serta pengharapan yang baik bagi yang berulang tahun. Memberikan kado juga dipercaya dapat memberikan rasa gembira bagi orang yang berulang tahun sehingga dapat mengusir roh-roh jahat tersebut.

Banyak simbol-simbol yang diasosiasikan atau berhubungan dengan ulang tahun sejak ratusan tahun lalu. Ada sedikit penjelasan mengapa perayaan ulang tahun harus menggunakan kue.
Artemis Diana

Salah satu cerita mengatakan, karena waktu dulu bangsa Yunani menggunakan kue untuk persembahan ke kuil DEWI BULAN, Artemis. Mereka menggunakan kue berbentuk bulat yang merepresentasikan bulan purnama.

Cerita lainnya tentang kue ulang tahun yang bermula di Jerman yang disebut sebagai “Geburtstagorten” adalah salah satu tipe kue ulang tahun yang biasa digunakan saat ulang tahun. Kue ini adalah kue dengan beberapa layer yang rasanya lebih manis dari kue berbahan roti.

Simbol lain yang selalu menyertai kue ulang tahun adalah penggunaan lilin ulang tahun di atas kue. Orang Yunani yang mempersembahkan kue mereka ke Dewi Artemis juga meletakan lilin-lilin di atasnya karena membuat kue tersebut terlihat terang menyala sepeti bulan (gibbons, 1986).

Orang Jerman terkenal sebagai orang yang ahli membuat lilin dan juga mulai membuat lilin-lilin kecil untuk kue mereka. Beberapa orang mengatakan bahwa lilin diletakan dengan alasan keagamaan/religi.

Beberapa orang jerman meletakan lilin besar di tengah-tengah kue mereka untuk menandakan “Terangnya Kehidupan” (Corwin,1986). Yang lainnya percaya bahwa asap dari lilin tersebut akan membawa pengharapan mereka ke surga.

Saat ini banyak orang hanya mengucapkan pengharapan di dalam hati sambil meniup lilin. Mereka percaya bahwa meniup semua lilin yang ada dalam satu hembusan akan membawa nasib baik. Pesta ulang tahun biasanya diadakan supaya orang yang berulang tahun dapat meniup lilinnya.

Ada juga mitos yang mengatakan bahwa ketika kita memakan kata-kata yang ada di atas kue, kata-kata tersebut akan menjadi kenyataan. Jadi dengan memakan “Happy Birthday” akan membawa kebahagiaan.

Tradisi mengirimkan kartu ucapan itu sendiri dimulai di Inggris sekitar 100 tahun yang lalu (Motomora, 1989). Pada awal mulanya hanya raja saja yang dirayakan ulang tahunnya (mungkin disinilah awal mulanya tradisi topi ulang tahun bermula). Seiring waktu berlalu, anak-anak juga di ikutsertakan dalam pesta ulang tahun. Pesta ulang tahun untuk anak-anak pertama kali terjadi di Jerman dan dinamakan “kinderfeste”.

Dapat disimpulkan bahwa melalui sejarahnya perayaan ulang tahun ini adalah ritual kaum kuffar ( paganism) terhadap DEWI BULAN ( Artemis ), namun ironis sekali ada sebagian bahkan kalangan umum ummat islam menjadikan hari ini ( ulang tahun ) sebagai ritual wajib tiap tahunnya. . .


SIAPAKAH DEWI ARTEMIS ???

Artemis (bahasa Yunani: Ἄρτεμις) dalam mitologi Yunani adalah dewi perburuan, alam liar, hewan liar, perawan, dan perbukitan. Dia adalah pembawa dan penghalau penyakit pada perempuan serta merupakan Dewi yang menolong dalam proses kelahiran. Dia merupakan putri dari Zeus dan Leto, serta saudari kembar Apollo. Dia digambarkan sebagai pemburu dan membawa busur dan anak panah. Rusa dan pohon siprus dikeramatkan baginya. Menurut beberapa pendapat, Artemis berasal dari masa pra-Yunani. .

Pada perkembangan selanjutnya, Artemis dihubungkan dengan Selene, dewi bulan Yunani yang sering digambarkan dengan bulan sabit di kepalanya. Pada akhir masa Hellenistik, dia juga dianggap sebagai dewi kelahiran (diadaptasi dari tugas Eileithyia). Dalam mitologi Romawi dia dikenali sebagai Diana, dan dalam mitologi Etruska dia dikaitkan dengan dewi Artume. Selain itu, dia juga dikaitkan dengan dewi Hekate.

Artemis disembah sebagai dewi kelahiran dan kesuburan (seperti dewi Eileithyia) di beberapa tempat. Dia disembah seperti itu karena dia ikut membantu ibunya dalam melahirkan Apollo. Pada masa klasik di Athena, Artemis dihubungkan dengan Hekate. Artemis juga dikaitkan dengan dewi Karyatis.

Artemis adalah dewi utama bagi orang – orang Hyperborea, Arkadia dan juga wanita – wanita Amazon yang dikenal ganas dan gemar serta handal dalam berperang. Di Arkadia, ia dipuja sebagai Soteira (penyelamat) dan Agrotera (pembur) dan merupakan dewi pemimpin Para Nymph yang merupakan pelayan setianya juga penjaga dari segala hal yang ada di alam liar seperti pohon dan sungai. Di Arkadia terdapat sebuah gunung yang diberi nama Artemisios yang dipuncaknya terdapat sebuah kuil untuk memuja Artemis yang sangat menggemari olahraga di gunung. Arkada pun menjadi tempat sakral dkarenakan di sanalah Artemis sering berburu, berlatih, serta bertemu dengan Pan untuk mendapatkan anjingnya. ( Selengkapnya : http://id.wikipedia.org/wiki/Artemis )

Lihatlah siapa sebenarnya artemis ??? Apakah pantas kita ummat muslim mengikuti tradisi kaum kuffar ( paganisme ) dengan meniru ritual;-ritual mereka ???

Rasulullah pernah bersabda:

“Kamu akan mengkuti cara hidup orang-orang sebelum kamu, sejengkal demi sejengkal, sehasta demi sehasta. Sehingga jika mereka masuk kedalam lobang biawak kamu pasti akan memasukinya juga”. Para sahabat bertanya,”Apakah yang engkau maksud adalah kaum Yahudi dan Nasrani wahai Rasulullah?”Rasulullah menjawab:”Siapa lagi jika bukan mereka?!”.
Diubah oleh paijoo.paijem
0 0
0
Maaf Gan...Ane (Muslim) tidak Merayakan dan Mengucapkan Selamat "Ulang Tahun"!!
02-03-2015 08:20
tapi kalo ada yg ngucapin ultah ke agan, di tolak apa di terima gan?
0 0
0
Maaf Gan...Ane (Muslim) tidak Merayakan dan Mengucapkan Selamat "Ulang Tahun"!!
02-03-2015 08:29
ane juga ga pernah diucapin ultah
0 0
0
Maaf Gan...Ane (Muslim) tidak Merayakan dan Mengucapkan Selamat "Ulang Tahun"!!
02-03-2015 08:32
maafin ane gan emoticon-Berduka (S)
0 0
0
Maaf Gan...Ane (Muslim) tidak Merayakan dan Mengucapkan Selamat "Ulang Tahun"!!
02-03-2015 08:33
ts-nya berniat keliatan suci pas ngepost ini...
tp yg ada malah keliatan begonya...
tobat tong, jgn bikin trit sehabis ngelem...
0 0
0
Maaf Gan...Ane (Muslim) tidak Merayakan dan Mengucapkan Selamat "Ulang Tahun"!!
02-03-2015 08:37
emang internet dan kaskus 100% buatan orang muslim gan.... kalo ente cuma pilih2x yang bid'ah buat ente ngapain ente posting di kaskus. di jaman Nabi Muhammad nggak ada internet. harusnya yang bener ente nggak pake internet, trus tinggal di padang pasir, nanem korma, ibadah sesuai yang ada pada zaman nabi Muhammad. otak ente cetek gan..... sangat naif menganggap diri ente lebih baik dari yang lain.
sekedar memberikan ucapan supaya senang juga ibadah. mending ente belajar lagi deh dari pada posting yang mudarat.
0 0
0
Maaf Gan...Ane (Muslim) tidak Merayakan dan Mengucapkan Selamat "Ulang Tahun"!!
02-03-2015 10:42
Quote:Original Posted By indrapurbo
emang internet dan kaskus 100% buatan orang muslim gan.... kalo ente cuma pilih2x yang bid'ah buat ente ngapain ente posting di kaskus. di jaman Nabi Muhammad nggak ada internet. harusnya yang bener ente nggak pake internet, trus tinggal di padang pasir, nanem korma, ibadah sesuai yang ada pada zaman nabi Muhammad. otak ente cetek gan..... sangat naif menganggap diri ente lebih baik dari yang lain.
sekedar memberikan ucapan supaya senang juga ibadah. mending ente belajar lagi deh dari pada posting yang mudarat.


siyapp gannnnn
0 0
0
Maaf Gan...Ane (Muslim) tidak Merayakan dan Mengucapkan Selamat "Ulang Tahun"!!
02-03-2015 10:50
Quote:Original Posted By jackndaniels
emoticon-Ngakak muslim konyol, cuma bisa ngomong doang ya ngebuktiin enggak emoticon-Bingung (S)
klo ente mo make kata2 "barangsiapa mengikuti suatu kaum, maka ia bagian dri kau itu" lah trus napa lu pake barang2 buatan kaum yg lu anggap kafir emoticon-Bingung (S)
klo bukan MUNAFIK trus apa namanya ya? wkwk lu liat si baasyir waktu di tangkep mobil dia apa? kijang inova noh..tu buatan jepang bangsa yg loe bilang kafir sana..kok masih lu pake2 juga barang2nya

jngan pake bahasa inggris tu dri negara inggris mayoritas kristen semua jangan lu pake ya
windows buatan orang amerika bangsa yg lu hujat2 jngan lu pake ya

SOALNYA KLO LU PAKE BUKAN CUMAN NGIKUTI SAMA KYK KATA2 LU TONG, TAPI LU JUGA MENIKMATI TRUS ITU APA NAMANYA?

mangkanya ane gw ama orang2 macam beginian ngomong sok suci tapi make juga emoticon-Ngakak (S) klo mau sono pake tu buatan2 ARAB gundul, ngomong pake bahasa arab sekalian biar sucinya 100%, jngan ikut pergaulan dunia tar sesat nyasar lg loe, tinggal dah di utan ajj sana biar damai begaulnya ama monyet2

buang tu hape lu bukan buatan orang yg seiman ama lu soalnya, cari sana yg buatan arab ya..tu orang2 di abudhabi ajj pake supercar buatannya italia tong, tu negara agama katolik, napa di apke juga.

masih mau bilang SUCI-SUCIan MIKIRRRRRRRRRRRR emoticon-Ngakak (S)

inagt jngan lu ikutin apalagi MAKE tu barang2 yeeee...biar ga di anggap MUNAFIK!




bener nih kata agan ini emoticon-Big Grin
biar suci jgn ngaskus lagi gan emoticon-Big Grin
0 0
0
Maaf Gan...Ane (Muslim) tidak Merayakan dan Mengucapkan Selamat "Ulang Tahun"!!
02-03-2015 10:52
Gw gq peduli ama agama u, kepercayaan u, ulang tahun u dsb


just saying

Freedom of speexh
0 0
0
Maaf Gan...Ane (Muslim) tidak Merayakan dan Mengucapkan Selamat "Ulang Tahun"!!
02-03-2015 10:56
saya suka thread seperti ini. hiduplah indonesia raya.
0 0
0
Maaf Gan...Ane (Muslim) tidak Merayakan dan Mengucapkan Selamat "Ulang Tahun"!!
02-03-2015 11:23
Ts nya gak pernah di ucapin selamat ulang tahun ..
Makanya buat thread kyak gini .. Miris ..

Selamat Ulang Tahun Gan .. emoticon-Selamat
Nah dah dapet selamat kan ?
Jangan ngamuk-ngamuk terus emoticon-Ngakak (S)
0 0
0
Maaf Gan...Ane (Muslim) tidak Merayakan dan Mengucapkan Selamat "Ulang Tahun"!!
02-03-2015 11:59
Trus ane harus gimana gan emoticon-Bingung (S)
0 0
0
Maaf Gan...Ane (Muslim) tidak Merayakan dan Mengucapkan Selamat "Ulang Tahun"!!
02-03-2015 12:03
S E L A M A T U L A N G T A H U N !!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

emoticon-Selamat emoticon-2 Jempol emoticon-Selamat emoticon-2 Jempol emoticon-Selamat emoticon-2 Jempol emoticon-Selamat emoticon-2 Jempol emoticon-Selamat emoticon-2 Jempol emoticon-Selamat emoticon-2 Jempol emoticon-Selamat emoticon-2 Jempol emoticon-Selamat emoticon-2 Jempol emoticon-Selamat emoticon-2 Jempol emoticon-Selamat emoticon-2 Jempol emoticon-Selamat emoticon-2 Jempol emoticon-Selamat emoticon-2 Jempol emoticon-Selamat emoticon-2 Jempol emoticon-Selamat emoticon-2 Jempol emoticon-Selamat emoticon-2 Jempol emoticon-Selamat emoticon-2 Jempol emoticon-Selamat emoticon-2 Jempol emoticon-Selamat emoticon-2 Jempol emoticon-Selamat emoticon-2 Jempol emoticon-Selamat emoticon-2 Jempol emoticon-Selamat emoticon-2 Jempol emoticon-Selamat emoticon-2 Jempol emoticon-Selamat emoticon-2 Jempol emoticon-Selamat emoticon-2 Jempol emoticon-Selamat emoticon-2 Jempol emoticon-Selamat emoticon-2 Jempol emoticon-Selamat emoticon-2 Jempol emoticon-Selamat emoticon-2 Jempol emoticon-Selamat emoticon-2 Jempol emoticon-Selamat emoticon-2 Jempol emoticon-Selamat emoticon-2 Jempol emoticon-Selamat emoticon-2 Jempol emoticon-Selamat emoticon-2 Jempol emoticon-Selamat emoticon-2 Jempol emoticon-Selamat emoticon-2 Jempol emoticon-Selamat emoticon-2 Jempol emoticon-Selamat emoticon-2 Jempol emoticon-Selamat emoticon-2 Jempol emoticon-Selamat emoticon-2 Jempol emoticon-Selamat emoticon-2 Jempol emoticon-Selamat emoticon-2 Jempol emoticon-Selamat emoticon-2 Jempol emoticon-Selamat emoticon-2 Jempol emoticon-Selamat emoticon-2 Jempol emoticon-Selamat emoticon-2 Jempol
0 0
0
Maaf Gan...Ane (Muslim) tidak Merayakan dan Mengucapkan Selamat "Ulang Tahun"!!
02-03-2015 12:08
ya ane juga ga ngucapin ke temen yg non muslim, mereka ya biasa2 aja gak ngaruh, dan ga usah dibesar2kan
0 0
0
Maaf Gan...Ane (Muslim) tidak Merayakan dan Mengucapkan Selamat "Ulang Tahun"!!
02-03-2015 12:08
Gan, terlepas dari motif agan post thread macem ginian nih ya, ane mau tanya
Apakah agan udah baca rules the lounge?
Mungkin kalo agan mengalami keterbatasan dalam menemukan isi thread rules ane bisa bantu
Sumber
Mungkin kalo agan males buka link yang saya kasih, ane copasin disini ya
Isi


Udah tau kan melanggarnya dimana? emoticon-Embarrassment
terlepas apapun motif agan, rules is rules
0 0
0
Maaf Gan...Ane (Muslim) tidak Merayakan dan Mengucapkan Selamat "Ulang Tahun"!!
02-03-2015 12:27
Quote:Original Posted By jackndaniels
emoticon-Ngakak muslim konyol, cuma bisa ngomong doang ya ngebuktiin enggak emoticon-Bingung (S)
klo ente mo make kata2 "barangsiapa mengikuti suatu kaum, maka ia bagian dri kau itu" lah trus napa lu pake barang2 buatan kaum yg lu anggap kafir emoticon-Bingung (S)
klo bukan MUNAFIK trus apa namanya ya? wkwk lu liat si baasyir waktu di tangkep mobil dia apa? kijang inova noh..tu buatan jepang bangsa yg loe bilang kafir sana..kok masih lu pake2 juga barang2nya

jngan pake bahasa inggris tu dri negara inggris mayoritas kristen semua jangan lu pake ya
windows buatan orang amerika bangsa yg lu hujat2 jngan lu pake ya

SOALNYA KLO LU PAKE BUKAN CUMAN NGIKUTI SAMA KYK KATA2 LU TONG, TAPI LU JUGA MENIKMATI TRUS ITU APA NAMANYA?

mangkanya ane gw ama orang2 macam beginian ngomong sok suci tapi make juga emoticon-Ngakak (S) klo mau sono pake tu buatan2 ARAB gundul, ngomong pake bahasa arab sekalian biar sucinya 100%, jngan ikut pergaulan dunia tar sesat nyasar lg loe, tinggal dah di utan ajj sana biar damai begaulnya ama monyet2

buang tu hape lu bukan buatan orang yg seiman ama lu soalnya, cari sana yg buatan arab ya..tu orang2 di abudhabi ajj pake supercar buatannya italia tong, tu negara agama katolik, napa di apke juga.

masih mau bilang SUCI-SUCIan MIKIRRRRRRRRRRRR emoticon-Ngakak (S)

inagt jngan lu ikutin apalagi MAKE tu barang2 yeeee...biar ga di anggap MUNAFIK!


seumpama di facebook sayacuman bisa emoticon-Jempol: like thisemoticon-Ngakak
0 0
0
Maaf Gan...Ane (Muslim) tidak Merayakan dan Mengucapkan Selamat "Ulang Tahun"!!
02-03-2015 12:39
Cie cieee ts nyari sensasi nih yee...
emoticon-Big Grin
Ciee....

Coba ane tes dulu nih ts,jawab pertanyaan ane :
Umur ente sejarang berapa y?

Kl g jawab, celupin aja congor ente di minyak panas. emoticon-Big Grin
0 0
0
Maaf Gan...Ane (Muslim) tidak Merayakan dan Mengucapkan Selamat "Ulang Tahun"!!
02-03-2015 12:43
Useless thread
0 0
0
Halaman 4 dari 16
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia