Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

Tokeh2010Avatar border
TS
Tokeh2010
Praperadilan, Sarpin: Saya Tak Peduli Dampaknya


TEMPO.CO, Padang - Hakim Sarpin Rizaldi mengaku tak memikirkan dampak putusannya yang memenangkan gugatan praperadilan bekas calon Kepala Kepolisian RI, Komisaris Jenderal Budi Gunawan, di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan.

Sebab, menurut dia, putusan itu diambil berdasarkan fakta di persidangan. "Saya tak peduli dengan dampaknya," ujarnya saat berada di Kota Padang, Sumatera Barat, Jumat, 27 Februari 2015.

Malah, Sarpin mengaku siap diberhentikan sebagai hakim jika terbukti memutuskan perkara itu dengan mengabaikan fakta. "Daripada memutuskan perkara tak sesuai dengan fakta dan keyakinan saya," ujarnya.

Sarpin membantah adanya tekanan saat menjadi hakim tunggal praperadilan Budi Gunawan. "Kan, saya sudah bantah. Tak ada tekanan. Itu dugaan orang aja," ujarnya.

Sementara itu, akibat putusannya itu, sejumlah tersangka mengajukan gugatan praperadilan atas penetapan mereka sebagai tersangka oleh Komisi Pemberantasan Korupsi. Di antaranya bekas Menteri Agama, Suryadharma Ali.

Sebelumnya, Direktur Pusat Studi Konstitusi Fakultas Hukum Universitas Andalas Saldi Isra mengatakan adanya sejumlah tersangka yang mengajukan gugatan praperadilan merupakan dampak putusan hakim Sarpin atas gugatan Budi Gunawan. "Itu jelas dampak dari dikabulkannya gugatan praperadilan (Budi Gunawan)," ujarnya.

Menurut Saldi, sekarang semua orang bisa mempersoalkan penetapan tersangka. Itu yang tak diperhitungkan oleh hakim Sarpin. "Inilah buah dari putusan itu," ujarnya.

http://www.tempo.co/read/news/2015/02/28/063645956/Praperadilan-Sarpin-Saya-Tak-Peduli-Dampaknya
Diubah oleh Tokeh2010 28-02-2015 09:27
0
2.3K
26
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671KThread40.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.