Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

andirosadyAvatar border
TS
andirosady
Batu Giok 20 Ton !! ( Yg demen batu-batuan masuk... )
BANDA ACEH – Batu giok berbobot 20 ton yang ditemukan warga di hutan lindung Beutong, Kabupaten Nagan Raya, Aceh, mulai dibelah dan dipindahkan ke rumah Ketua DPRK setempat. Pemindahan ini untuk menghindari konflik antarwarga yang memperebutkan batu mulia itu.

"Pemindahan batu tersebut adalah peran negara terhadap pertanahan," kata Menteri Agraria dan Tata Ruang, Ferry Mursyidan Baldan dalam kuliah umum di Gedung AAC Dayan Dawood Universitas Syiah Kuala (Unsyiah), Banda Aceh, Sabtu (28/2/2015).

Ferry menyambut baik upaya Pemerintah Kabupaten Nagan Raya yang memindahkan batu dari belantara Gampong Pante Ara, ke rumah Kelimah, Ketua DPRK setempat di Blang Ara, Kecamatan Suka Makmue, Nagan Raya. Proses pemindahan ikut dikawal aparat keamanan dan masyarakat.

Menurutnya, upaya pemindahan untuk mengamankan sementara batu itu, sekaligus menghindari konflik dari pihak yang akan memperebutkannya. Hingga kini sudah lebih lima ton yang berhasil dipindah.

Saat baru-baru ditemukan dua kelompok warga nyaris bentrok, karena memperebutkan batu yang taksir harganya mencapai Rp30 miliar. Selama berada dalam pengawasan pemerintah sendiri, giok tersebut disebut-sebut sempat susut hingga 1 ton.

Ferry meminta pemerintah setempat untuk tak melupakan warga penemu giok yang menghebohkan itu, serta warga sekitar lokasi temuan. "Penemu dan masyarakat harus mendapatkan hak mereka dari batu tersebut," ujar putra berdarah Aceh itu.

Aceh diakui memiliki kekayaan alam melimpah, terutama batu mulia yang kini banyak diburu pecinta batu akik. Ferry meminta pemerintah setempat untuk tetap memainkan hak negara atas tanah, dan menjaga lingkungan dari potensi kerusakan.

Pemerintah Aceh juga diminta menggunakan teknologi untuk mendeteksi batu-batu mulia yang ada di bumi Serambi Makkah, agar kekayaan daerah itu tidak begitu saja diambil oleh pihak lain tanpa memberi kontribusi kepada daerah dan masyarakat.


Spoiler for Sumur:


Spoiler for Penampakannya gan:


Kalo nemu yg kaya gini bisa buat modal emoticon-Kimpoi
Diubah oleh andirosady 28-02-2015 13:08
0
3.6K
30
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.1KThread83.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.