Pengaturan

Mode Malambeta
Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • Surat Pembaca
  • [Surat Terbuka] Kecewa Kebijakan Air Asia yg Lepas Tangan dr Merubah Jadwal Sepihak

KutuKuFredAvatar border
TS
KutuKuFred
[Surat Terbuka] Kecewa Kebijakan Air Asia yg Lepas Tangan dr Merubah Jadwal Sepihak
Selamat pagi / siang / sore / malam kaskuser sekalian,
Terima kasih sudah menyempatkan baca thread saya,

Sebelumnya saya tegaskan dulu di awal bahwa saya tidak ada niatan mendeskreditkan Air Asia,
dan saya juga tidak buat thread ini dengan iseng.. agan2 bisa cek kredibilitas saya di sini :



Kronologi kejadian :
Juni 2014
Saya membeli tiket tujuan Jakarta - Tokyo untuk tanggal 3 Maret dan Osaka - Jakarta untuk tanggal 18 Maret..
Saya sengaja memilih perjalanan kembali dari Osaka karena memang lebih efisien secara waktu dan biaya dari pada saya kembali ke Tokyo
(dengan shinkansen yang paling cepat saja ada tambahan lama perjalanan +- 3 jam dan tambahan biaya +- 1,5 juta rupiah)
Setelah saya berkutat berbulan - bulan dengan jadwal perjalanan, booking akomodasi dan tour.. Melakukan pembayaran DP untuk akomodasi dan tour dan tiket travel di sana.. Skip.. Skip.. Pokoknya semua lancar meskipun dipengaruhi kesibukan saya..

20 Feb 2015
Saya Mendapat Email dari Air Asia bahwa Jadwal penerbangan saya dari Jakarta - Tokyo, ditiadakan, dan diberikan 2 solusi, di refund atau ganti jadwal secara free (bebas dari segala biaya)
Saya lebih memilih ganti jadwal karena segalanya sudah di urus di sana (jadwal perjalanan, akomodasi, tour, dan penukaran uang asing)

20 Feb 2015 : Pukul 20:35
Saya menelepon nomor telepon Air Asia di 021-29270999, yang di terima oleh Ibu Nila di bagian ticketing, yang di konfirmasi bahwa jawal penerbangan saya bisa dirubah baik keberangkatan maupun kedatangan nya (2 kode booking), yang paling penting tidak melebihi waktu 14 hari dari jadwal awal..
(catatan : Ibu Nila sangat ramah dan membantu sewaktu saya bertanya tentang hal ini. Terima kasih Ibu Nila.. emoticon-Smilie )

21 Feb 2015
Saya menuju ke kantor Air Asia di Kelapa Gading untuk mengkonfirmasi sekali lagi tentang hal ini, dan sekali lagi dijawab bahwa dapat dirubahkan kedua nya..

22 - 25 Feb 2015
Saya contact berbagai pihak di jepang untuk merubah jadwal akomodasi, tour dan travel.. tentu nya tidak mudah untuk kontak 1 per 1 dan sangat menghabiskan waktu, belum lagi ada beberapa yang keburu penuh akomodasi nya pada tanggal yang saya ganti, sehingga saya harus ganti kamar.. (tidak mungkin dibatalkan karena saya sudah melakukan down payment)

26 Feb 2015 : pukul 18.32
Saya telefon kembali ke call center Air Asia di no telepon yg sama untuk memberikan jadwal saya yang terbaru, yaitu berangkat tanggal 16 Maret dan kembali tanggal 31 Maret, kali ini telepon saya di terima oleh Bpk. Hari,
tetapi oleh Bapak Hari disebutkan bahwa yang bisa di rubah adalah jadwal keberangkatan saja.. Saya sebutkan bahwa saya sudah confirm sebelumnya, yang kemudian oleh Bapak Hari disanggah bahwa itu tidak mungkin, dan bahkan beliau menyarankan untuk memeriksa rekaman percakapan sebelumnya.. (mungkin di sangkanya saya berbohong..)

27 Feb 2015
saya ditelepon oleh pihak Air Asia bahwa yang yang bisa dirubah hanya keberangkatan, untuk kepulangan saya akan dikenakan biaya perubahan jadwal dan harga tiket yang berlaku yang tentunya jauh lebih mahal dari harga tiket saya yang awal.
Karena saya sedang di perjalanan, saya tidak bisa bicara terlalu banyak dan saya minta di telepon lagi 3 jam kemudian.. tapi sampai sekarang tidak ada telepon lagi dari pihak Air Asia..


Sekarang pertanyaan saya adalah :
1. Apakah kesalahan saya jika Air Asia merubah jadwal secara sepihak?
2. Apakah Air Asia berhak berusaha menyangkal logikanya sendiri kalau jadwal keberangkatan saya berubah tentu jadwal kepulangan saya juga akan berubah?
3. Apakah pantas Air Asia mempermainkan saya dari segi waktu untuk berkali2 merubah jadwal dan mengkontak pihak2 di jepang untuk itu?
padahal waktu saya bisa saya manfaatkan untuk bekerja dan menghasilkan materi.. tentu saja waktu saya tidak bisa digantikan dengan apapun..
4. Jika sampai solusi dari Air Asia adalah refund, apakah pantas Air Asia merugikan saya dari segi materi dengan membuat saya terpaksa menghanguskan DP untuk semua akomodasi, tour dan tiket di sana? dan bagaimana dengan uang valuta asing yang sudah dibeli?
5. Bisakah Air Asia untuk kedepannya bersikap lebih profesional dan tidak berusaha menimbulkan / mencegah kerugian konsumennya?

Jujur saja, setelah bertahun - tahun, saya sangat kecewa dengan service dari Air Asia kali ini, padahal saya dulu selalu menyarankan air asia untuk teman2 dan kolega2 saya.
terima kasih kepada para Kaskuser untuk membaca cerita ini. tolong diberikan dibantu masukan kepada saya. untuk masukan yang menurut saya menarik atau membantu, akan saya berikan cendol sebagai bentuk apresiasi.. emoticon-Smilie


Salam Hormat


Fredy Imansha K
pelanggan setia Air Asia dari 2007
Diubah oleh -Snow- 28-02-2015 03:15
0
6K
16
Thread Digembok
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Surat Pembaca
Surat Pembaca
KASKUS Official
13.1KThread2KAnggota
Urutkan
Terlama
Thread Digembok
Ikuti KASKUS di
© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.