victimofgip21Avatar border
TS
victimofgip21
(Menyesal Pilih Jokowi) "Dulu, Zaman SBY Tidak Seperti Ini"
KENDARI, KOMPAS.com - Harga beras di sejumlah pasar tradisional di Kota Bau-bau, Sulawesi Tenggara (Sultra), terus merangkak naik. Akibatnya, para pembeli, khususnya ibu rumah tangga, tambah pusing.

Seorang ibu rumah tangga, warga Batulo, Kecamatan Wolio, Wa Andi (53) menjelaskan, kenaikan harga beras membuat beban biaya semakin tinggi. Menurut dia, harga beras di pasar mencapai Rp 9.500 per liter dari sebelumnya Rp 7.000 per liter. Wa Andi mengaku bingung, pasalnya pemerintah sudah menurunkan harga bahan bakar minyak (BBM), namun harga kebutuhan pokok malah terus naik.

"Pusing. Sekarang apa-apa mahal," keluh Wa Andi.

Meski harga beras naik, ibu dua anak ini tetap membelinya telah menjadi makanan pokok yang dikonsumsi keluarga. Dengan kenaikan harga ini, Wa Andi pun membandingkan era kepemimpinan SBY dengan Jokowi.

"Mana Jokowi, katanya presiden pilihan rakyat, pro rakyat, tapi harga mahal semua. Dulu, zaman SBY tidak seperti ini," ungkapnya dengan nada protes.

Maisa (50), salah seorang pedagang beras di pasar Wameo Bau-bau mengatakan, kenaikan harga beras di Bau-bau sudah terjadi sejak tiga bulan. Dia mengaku terpaksa menaikkan harga lantaran agen yang memasok beras turut menaikkan harga.

"Mau diapa mi, diprotes sama pembeli kenapa mahal kita jual, tapi sudah dijelaskan harganya sudah seperti itu," jelas Maisa.

Hal senada juga diungkapkan Syahrul Lukman, pemilik agen beras di kawasan Pantai Kamali, UD Sinar Kabaena. Kenaikan harga beras, lanjut Syahrul, sudah terjadi sejak Desember 2014 lalu, akibat minimnya pasokan beras dari wilayah Bone, Sulawesi Selatan. Sebelum kenaikan harga, dalam sebulan, ia bisa menyuplai beras kepada para pedagang sampai 35 ton, namun kini pasokan berasnya hanya berkisar 20 ton saja.

"Stok beras kurang, sementara permintaan ada terus. Dari penyuplai di Bone, panen masih sedikit. Diperkirakan pada Maret dan April harga beras normal, setelah panen padi," terangnya.


Sumber

Kasihan ibu ibu. Apalagi yang miskin.
0
17.2K
272
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
670.6KThread40.7KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.