Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

apthoAvatar border
TS
aptho
Bagaimana Cara Memilh Power Bank Yang Bagus
Semakin banyak smartphone yang beredar di pasar dan smartphone selalu menggunakan paket internet untuk berbagai macam apps di dalamnya. Dengan menggunakan koneksi internet smartphone akan lebih menghabiskan baterai anda. Rata-rata smartphone 1-2x dalam sehari harus di-charge baterainya. Oleh karena itu keluarlah produk dengan sebutan power bank. Begitu banyak masuk power bank dari China ke Indonesia dan banyak pula power bank dengan harga murah. Sekarang bagaimana kita para user pintar-pintar memilih power bank yang bagus dan cocok bagi kita.

Kebanyakan merek power bank yang beredar di Indonesia berasal dari China, tetapi tidak semua produk China jelek. Misalnya saja power bank merek Yoobao yang sudah terkenal di Indonesia, terkenal dengan kualitasnya yang bagus hanya sangat disayangkan banyak yang palsu. Merek China lain yaitu Romoss, power bank Romoss menjadi best seller di Eropa dari segi desain dan kualitas benar-benar sangat bagus. Tetapi di Indonesia masih belum banyak beredar. Kami ingin membagikan tips bagaimana cara memilih power bank yang bagus

Merek dan Keaslian Power Bank
Pelajari merek power bank yang akan anda beli. Apakah merek ini mempunyai komentar atau review yang bagus dari user yang pernah memakainya. Merk power bank yang bagus misalnya Yoobao, Romoss, Enerpad yang sudah terkenal dari segi kualitasnya. Karena banyak merek China yang masuk ke Indonesia maka coba cari dahulu merek ini di Internet untuk reputasinya sebelum membeli. Keaslian power bank juga menjadi salah satu faktor yang sangat penting mengingat banyak produk palsu yang banyak masuk ke Indonesia. Pastikan anda mengetahui ciri-ciri power bank yang asli seperti apa.

Fitur Power Bank
Power bank memiliki berbagai macam tipe untuk setiap mereknya, baca dahulu power bank tersebut mempunyai fitur seperti apa? Misalnya short circuit, overcharge dan lainnya. Fitur ini akan menjadi bahan pertimbangan pada saat membeli karena fitur-fitur yang disediakan dapat melindungi gadget anda ataupun memudahkan anda dalam pemakaianya.

Baterai Power Bank
Power bank memiliki sumber daya baterai sebagai tempat utama untuk menyimpan listrik. Perlu diperhatikan cell baterai yang dipakai oleh power bank ini seperti apa, ada 2 bentuk baterai yang dipakai yaitu Li-ion dan Li-ion Polymer. Perbedaannya Li-ion bentuk baterai seperti baterai AAA lebih besar sedikit sedangkan Li-ion Polymer bentuknya kotak dan tipis. Baterai Samsung Cell selama ini mempunyai reputasi yang bagus, banyak power bank menggunakan Samsung Cell dan mempunyai kualitas yang tidak diragukan lagi. Misalnya seperti Power Bank Romoss yang menggunakan Samsung Cell, Power bank Enerpad menggunakan Sanyo Cell (Japan Cell). Untuk merek ternama biasanya menuliskan menggunakan baterai apa, sedangkan power bank dengan merek-merek biasa tidak menuliskan cell yang dipakai.

Baterai menjadi penentu utama dari kemampuan berapa kali charge dari suatu power bank. Power bank yang menggunakan baterai biasanya ketahanan dari baterainya biasanya kurang atau bisa dikatakan baterainya mudah drop. Belum tentu power bank dengan merek tertentu yang meng-klaim punya kapasitas 20.000mAh dapat dipakai semuanya. Kapasitas tergantung dari Baterai yang dipakai oleh power bank tersebut.

Kelengkapan Kabel dan Adaptor
Kabel menjadi sarana untuk bisa charge ke berbagai macam smartphone. Pada umumnya jika anda membeli power bank mendapatkan berbagai macam konektor dan kabel USB yang ujungnya dapat diganti konektornya. Kabel seperti ini menurut saya kurang bagus mengapa demikian?
  • Kabel mudah rusak karena harus dilepas berkali-kali dan diganti konektornya.
  • Konektornya karena juga sering diganti-ganti juga akan mudah rusak
  • Listrik yang dihasilkan juga kurang stabil
  • Terkadang ada smartphone yang tidak mau charge saat menggunakan kabel seperti ini.

Kami menyarankan untuk membeli power bank yang menggunakan kabel langsung (secara default kabelnya micro USB) jadi bukan kabel yang konektornya bisa diganti-ganti. Kabel langsung micro USB akan lebih awet dan saat ini micro USB dipakai hampir pada semua smartphone. Jika ingin dipakai pada produk Apple sebaiknya menggunakan kabel original dari Apple atau bisa dibelikan kabel yang secara langsung ke konektor Apple. Selain kabel yang perlu diperhatikan juga adaptornya, ada power bank yang dijual tanpa menggunakan adaptor terus yang menjadi pertanyaan bagaimana cara charge-nya? Bisa menggunakan komputer tetapi itu akan membuat susah pengguna. Akan lebih baik bila sebelum membeli terdapat minimal 1 kabel micro USB dan 1 AC adaptor untuk mengisi power bank.

Desain
Desain juga menjadi salah satu pertimbangan saat memilih, kebanyakan orang menginginkan power bank dengan kapasitas besar tetapi memiliki desain yang sangat kecil. Hal ini masih belum ada dipasaran. Bayangkan saja jika kapasitas besar maka baterai yang dipakai juga banyak. Jika baterai yang dipakai banyak maka otomatis bentuk power bank akan besar. Bagaimana memilih desain yang cocok?
  1. Anda perlu menentukan power bank ini akan dibawa pakai tas atau dimasukkan kantong? Jika pakai tas anda bisa membeli power bank dengan kapasitas besar, jika dimasukkan kantong lebih baik memilih power bank kecil seperti 5600mAh
  2. Ketebalan power bank juga perlu diperhatikan lebih baik memilih power bank dengan baterai Li-ion Polymer karena cenderung lebih tipis tapi tidak semua power bank dengan Li-ion Polymer tipis, anda harus jeli dalam memilih desain yang cocok.
  3. Lampu-lampu indikator juga perlu diperhatikan bagaimana jika Full, bagaimana jika sedang charge.


Garansi
  • Faktor garansi tentu semua orang sudah tahu, untuk pembelian barang elektronik paling tidak selalu ada garansi. Pada umumnya power bank diberi garansi 6 bulan samapai 1 tahun. Lama garansi menentukan kualitas dari power bank yang bagus. Semakin lama garansinya berarti pabrik power bank itu bisa menjadi bahwa power bank itu bagus.
  • Proses garansi juga perlu diperhatikan andaikan rusak proses yang harus ditempuh seperti apa? Misalnya tinggal replace saja atau harus service.


Harga
Terakhir adalah harga. Ada pepatah mengatakan “Mahal itu bagus”, pepatah itu sangat benar untuk elektronik. Semakin mahal power bank maka semakin bagus pula. Pastikan mereknya bagus, barang asli dan jika harganya mahal bisa dipastikan bahwa kualitas dari power bank itu bagus.

Baca artikel lain mengenai Bagaimana Cara Memilih Power Bank Murah Berkualitas
0
5.5K
16
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.4KThread84.4KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.