• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Jangan Sampai Sifat Manusiawi Hilang Hanya Karena Ulah Begal yang Terkutuk

masbudi248Avatar border
TS
masbudi248
Jangan Sampai Sifat Manusiawi Hilang Hanya Karena Ulah Begal yang Terkutuk
Salam Kaskus. Selamat datang di thread sederhana masbudi. Terima kasih, agan dan aganwati sudah menyempatkan diri mampir ke sini. Jangan lupa tinggalakan komentar agan / aganwati.

Berita tentang begal motor sudah sedemikian marak dan menyebar ke berbagai daerah. Aksi begal yang sadis dan brutal, bahkan sering merenggut korban nyawa menjadi sebab kekesalan bahkan kebencian warga atas aksi yang dilakukan para begal. Sikap yang kurang tanggap dan kurang gesit dari aparat dalam meredam aksi kriminalitas begal motor, juga menjadi salah satu sebab semakin menyebarnya kebencian warga kepada pelaku aksi begal. Secara spontan dan masif warga mulai melakukan aksi perlawanan terhadap aksi begal. Berita terbaru bahkan salah seorang pelaku begal di tangerang di bakar warga yang geram dengan aksi para begal.

Aksi yang dilakukan oleh para begal jelas salah dan melanggar undang-undang. Nyata sebuah tindakan kriminalitas yang melawan hukum negara. Tapi bukan berarti apa yang dilakukan warga dengan membakar pelaku begal menjadi sebuah tindakan yang benar. Sekali lagi, main hakim sendiri kepada pelaku begal bukanlah tindakan yang benar. Jika ada warga yang berpendapat nyawa dibalas nyawa, maka bukan masyarakat yang berhak membalas, tapi keluarga korban lah yang berhak. Warga sama sekali tidak punya hak melakukan penghakiman. Yang perlu dicatat, tindakan penghakiman yang dilakukan warga tidak akan pernah bisa mengembalikan nyawa korban.

Tindakan penghakiman yang dilakukan warga dan diberitakan luas di media, akan menjadi contoh buruk buat anak-anak di bawah umur. Negara ini adalah negara hukum, biarkan aparat berwenang melakukan tugasnya. Aparat sudah digaji oleh uang pajak dari rakyat, maka biarkan aparat melakukan kewajibannya untuk melindungi rakyat. Jika warga menilai kinerja aparat sangat lambat seperti jalan seekor siput di atas kereta yang berjalan mundur, maka tugas warga untuk mengawasi dan mengomentari kinerja aparat. Gunakan media massa, media sosial dan media lainnya untuk menegur aparat supaya tidak makan gaji buta.

Jangan hanya karena ulah begal yang terkutuk kita jadi kehilangan sifat manusiawi kita yang pengasih dan pemaaf. Karena jika kita membiarkan sebuah anarki pada kelompok yg dianggap sebagai musuh masyarakat, maka akan menjadi sebab gelombang anarki besar dikemudian hari. Jika anarki sudah menjadi hal yg lumrah pada masyarakat, maka akan sangat mudah menghasut masyarakat untuk melakukan anarki terhadap pihak yg sebenarnya tidak salah dan hanya korban dari fitnah pihak lain. Dan ini adalah sebuah revolusi mental, menuju jalan revolusi anarki yang tidak diharapkan semua pihak. Stop anarki sekarang juga. Jangan biarkan warga terjebak pada tindakan anarki. Salam damai. Stop Anarki. Damai Indonesiaku emoticon-I Love Indonesia (S)



Quote:


Quote:


Sekedar sharing gan, gw pernah ngerasain golok di leher gan, waktu di angkot 86 Grogol - Kota. Gw juga pernah dibegal gan dulu, waktu gw masih cupu baru magang kerja. Pertama di Jln Pancoran Timur sekitar jam 18.30 an waktu pulang magang. Pelaku 2 motor, 3 orang, pake motor bebek. Kedua di depan lapangan terbang pondok cabe sekitar jam 01 dini hari waktu mau pulang ke Pamulang Estate. Pelaku 1 motor 2 orang, pake motor skuter. Cuma karena Tuhan masih melindungi gw, para begal ga jadi ngebegal malah kasian liat gw. Akhirnya, para begal pergi tanpa bawa motor gw, dan gw pun lanjutkan perjalanan gw buat pulang ke rumah. Mudah-mudahan agan dan aganwati semua selamat diperjalanan dan selalu dalam lindungan Tuhan.


Sebagai penutup, supaya agan dan aganwati pahami, gw tidak pro begal dan sama sekali tidak membela para pelaku begal. Gw sangat setuju para pelaku begal mendapat hukuman mati di tempat. Karena aksi para pelaku begal adalah jelas tindakan kriminal yang nyata dan melanggar hukum serta menimbulkan keresahan warga dan menyebarkan rasa tidak aman. Apa yg gw tulis di atas hanyalah bentuk kekhawatiran gw akan merebaknya aksi anarki di masyarakat. Agan dan aganwati bebas memberikan komentar apapun, karena itu adalah hak masing-masing. Salam Kaskus. Trims sudah mampir. masbudi
Diubah oleh masbudi248 27-02-2015 07:48
0
27.4K
430
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.9KThread82.7KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.