dandinterAvatar border
TS
dandinter
Belajar Falsafah 3 Monyet
Assalamulaikum Wr. Wb.




Halo agan agan semua!! Ketemu lagi nih sama ane. Kali ini ane mau bahas tentang falsafah dari 3 monyet bijaksana.

Spoiler for Cek Repost:


Untuk yang berkenan mohon bantu rate 5 emoticon-Rate 5 Star emoticon-Rate 5 Star, kalo yang udah ISO timpuk ane cendol donk emoticon-Blue Guy Cendol (L) emoticon-Blue Guy Cendol (L) dan jangan lupa untuk meninggalkan komentarnya gan.



“Falsafah 3 Monyet”




Ada pahatan (relief) yang terdapat pada kuil toshogu (Nikko, Tochigi, Jepang), yang menggambarkan 3 ekor monyet bijak (san-zaru). Masing-masing monyet ada yang menutup mata (see no evil) disebut Mizaru, menutup telinga (hear no evil) disebutKikazaru, dan menutup mulut (speak no evil) disebut Iwazaru. Dalam tulisan Jepangnya adalah : 見ざる, 聞かざる, 言わざる.

Sedangkan menurut cerita Jataka Buddha, monyet termasuk hewan ke sembilan yang menemui sang Buddha untuk memperoleh siraman rohani agar mencapai pencerahan batin. Monyet sadar dan ingin kehidupannya berubah menjadi lebih baik lalu ia berbondong-bondong menemui sang Buddha. “Kalau kamu ingin mengubah diri menjadi lebih baik harus memperbaiki kebiasaan buruk diri sendiri. Ubahlah sifat liarmu dalam pikiran, perbuatan dan perkataan agar hidupmu menjadi bahagia dan disenangi oleh sesama temanmu” saran Sang Buddha saat bertemu monyet di hutan Uruvella.

Maksud Sang Buddha sangat mulia ingin mengubah sifat negatif menjadi sifat positif dalam diri monyet. Empat saran Sang Buddha yaitu jagalah sensasi mata anda dengan melihat yang baik dan menutup mata melihat hal yang buruk, jagalah mulut anda dengan berhati-hati dalam berbicara, jagalah telinga anda dengan menyaring perkataan yang positif dan membuang perkataan yang negatif, jagalah alat kelamin anda dengan mengendalikan nafsu birahi dalam dirimu masing-masing.
Ada juga yang bilang kalau falsafah 3 monyet bijaksana ini berasal dari China. Falsafah yang punya dua sisi, sisi kebaikan dan juga sisi keburukan.
Falsafah ini biasanya ditampilkan bukan dalam bentuk text (kalimat) tetapi berbentuk figur (patung) 3 ekor monyet yang duduk berdampingan. Setiap monyet menampilkan satu contoh panutan, keteladanan, atau kebaikan




Monyet Pertama Menutup Matanya Dengan Dua Telapak Tangan

Spoiler for pertama:




Monyet Kedua Menutup Mulutnya Dengan Dua Telapak Tangan


Spoiler for kedua:





Monyet Ketiga Menutup Telinganya Dengan Dua Telapak Tangan

Spoiler for ketiga:





Spoiler for negatif:








Apa yang diharapkan di-panut-i dari falsafah ini:
• Diharapkan setiap orang bisa bertindak bijaksana dalam berbagai tindakannya,
• membuat dan menjalankan kebijaksanaan dan kebijakan yang dalam hidupan seseorang,
• kebijakan dan kebijaksanaan yang baik seharusnya lebih ditampilkan bukan malah ketidak-bijakan, ketidak-bijaksanaan yang semau-maunya, yang liar, yang tidak mau peduli dengan orang lain, berbuat jahat, mencuri, merampok, korupsi, berbohong, tidak adil, tidak jujur, berlaku curang, bertindak sewenang-wenang dan berbagai ketidak-baikan yang lain.

Spoiler for sumur:


kita contoh yang sifat baik aja ya gan jangan yang buruknya



TERIMA KASIH TELAH MAMPIR DI THREAD SAYA AGAN AGAN SEKALIAN

ibelindua
ibelindua memberi reputasi
2
33.3K
57
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.7KThread82.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.